Leopardon: Karakter Underrated Dari Marvel Universe!

Leopardon

Apakah kamu mengenal Leopardon? Siapa sih dia? Mungkin Vicigers belum banyak yang mengetahui tentang karakter yang satu ini.

Leopardon merupakan robot raksasa yang digunakan oleh Spider-man versi Jepang untuk melawan musuh-musuhnya. Yap, gak salah baca, Spider-man versi Jepang!

Buat kamu penasaran dengan karakter ini, yuk simak pembahasan beriku!

Baca juga: 5 Situs Baca Komik dan Manga Gratis 2023

Kenalan Dulu Dengan Spider-Man Versi Jepang

Supaidaman: Spider-man Versi Jepan
Supaidaman: Spider-man Versi Jepang. Sumber: YouTube (JustStillPending)

Sebelum membaca artikel ini, apakah Vicigers tahu bahwa Spider-man versi Jepang itu berbeda dengan versi Amerika? Ya, Spider-man versi Jepang itu memiliki kostum, kekuatan, dan cerita yang unik dan menarik, lho! So buat Vicigers yang belum paha, yuk simak ulasannya lebih lanjut!

Spider-man versi Jepang pertama kali muncul pada tahun 1978, ketika Marvel Comics bekerja sama dengan Toei Company untuk membuat serial televisi live-action yang diadaptasi dari komik Spider-man. Namun, karena perbedaan budaya dan pasar, Toei Company membuat beberapa perubahan besar pada karakter dan alur cerita Spider-man.

Dimulai dari perubahan terbesar pertama adalah bahwa Spider-man versi Jepang tidak bernama Peter Parker, melainkan Takuya Yamashiro. Ia adalah seorang pembalap motorcross dan anak dari seorang ilmuan astrofisika bernama Dr. Hiroshi Yamashiro.

Perubahan kedua berada pada cara sang protagonis utama mendapatkan kekuatan. Takuya memperoleh kekuatan laba-laba-nya setelah diselamatkan oleh seorang alien bernama Garia dari ras Planet Spider. Garia memberikan Takuya sebuah gelang yang bisa mengubahnya menjadi Spider-man dan memanggil sebuah robot raksasa bernama Leopardon!

Ya, kalian tidak salah baca Vicigers! Perubahan selanjutnya yang dibubuhkan pada Spider-man versi Jepang yakni memiliki robot raksasa yang bisa dia kendalikan untuk melawan musuh-musuhnya. Leopardon adalah salah satu ciri khas dari Spider-man versi Jepang, yang menggabungkan unsur tokusatsu dan mecha yang populer di Jepang pada saat itu.

Leopardon juga menjadi inspirasi bagi Marvel Comics untuk membuat robot raksasa lainnya, seperti Sentinel dan Iron Man 2020. Selain sang robot, Spider-man versi Jepang juga memiliki musuh-musuh yang berbeda dengan versi Amerika.

Musuh utama Spider-man versi Jepang adalah Iron Cross Army, sebuah organisasi jahat yang dipimpin oleh Professor Monster dan Amazoness. Iron Cross Army ingin menguasai dunia dengan menggunakan monster-monster buatan mereka yang disebut Machine BEM. Spider-man harus menghadapi berbagai macam Machine BEM, seperti Ninders, Bamba, Jigura, dan lain-lain.

Baca juga: Link Baca Manga Jujutsu Kaisen Bahasa Indonesia

Seseru Apa Spider-man Punya Leopardon yang Bisa Disummon?

Mainan Leopardon
Mainan Leopardon. Sumber: Official Site

Spider-man versi Jepang memiliki 41 episode yang ditayangkan dari Mei 1978 hingga Maret 1979. Meskipun tidak terlalu sukses secara komersial, Spider-man versi Jepang tetap memiliki penggemar setia yang menghargai keunikan dan kreativitasnya.

Seperti yang sudah diapaprkan di atas, salah satu nilai jual dari Spider-man versi Jepang ini adalah kemampuannya memanggil mecha bernama Leopardon.

Robot ini memiliki tinggi lebih dari 60 meter dan berat lebih dari 25 ribu ton. Selaiknya robot yang digunakan untuk melawan monster, dia dilengkapi dengan berbagai senjata. Uniknya, alih-alih digambarkan sebagai robot yang kental dengan nuansa laba-laba, Leopardon (sesuai namanya: Leopard), digambarkan sebagai robot macan tutul Vicigers!

Ini mempertimbangkan bahwa serangga laba-laba kerap kali dianggap sebagai suatu entitas yang kurang baik dikepercayaan Jepang. Tak hanya itu, personifikasi macan tutul memiliki nilai jual yang lebih baik bagi anak lak-laki di negeri matahari terbit kala itu.

Selain itu, Leopardon bisa terbang dengan kecepatan Mach 15 di atmosfer dan kecepatan cahaya di luar angkasa. Leopardon juga dilengkapi dengan meriam di bagian depannya, yang bisa menghancurkan sebagian besar monster-monster Iron Cross Army.

Leopardon juga bisa mengeluarkan tali laba-laba (Leopardon Strings), melemparkan mahkota di kepalanya (Arc Turn), dan membuat perisai energi (Spider Protector). Namun senjata paling kuat Leopardon adalah Sword Vigor, sebuah pedang bercahaya yang bisa ia keluarkan sewaktu-waktu!

Leopardon tidak pernah memegang pedang itu dalam pertarungan, tapi melemparkannya sebagai jurus pamungkasnya (Skill Ultimate) untuk mengalahkan monster-monster Iron Cross Army. Pedang ini sangat ampuh karena bisa menghancurkan sebagian besar monster-monster Iron Cross Army dengan satu pukulan saja.

Box Action Figure Leopardon
Box Action Figure Leopardon. Sumber: YouTube (J.Collects)
Baca juga: Anime Uzumaki: Adaptasi Manga Horor Junji Ito yang Wajib Ditonton

Nah itu tadi pembahasan mengenai Leopardon salah satu mecha dari Marvel Universe! Saksikan ulasan lainnya mengenai anime, manga lainnya di vcgamers.com!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

[wpforms id="61130"]