Jadwal, Tim dan Format MSC 2023

MSC 2023

Dengan berakhirnya liga-liga premier MLBB (MPL) di masing-masing region, lantas ini menjadi titik awal di jelangnya kompetisi MSC.

Merupakan perhelatan yang mempertemukan tim-tim Mobile Legends terbaik di Asia Tenggara dan region lainnya, kompetisi ini menjadi salah satu yang paling prestisius di dunia.

Sebagian besar tim yang berlaga di sana merupakan para jawara dunia MLBB yang telah mengantongi berbagai gelar bergengsi di tingkat regional maupun mancanegara. Wajar bila MSC akhirnya menyita begitu banyak perhatian publik.

Jika dianalogikan pada olahraga lain (sepakbola misalnya), MSC merupakan kompetisi dengan tingkat prestise layaknya Liga Champion yang mempertemukan club-club terhebat dari seluruh penjuru dunia. Tidak semua club bisa bergabung disana, hanya yang terhebat berkesempatan berlaga.

Nah, buat yang penasaran bagaimana pelaksanaannya di tahun 2023 , yuk simak dulu artikel VCGamers tentang artikel MSC berikut ini! Dengan begitu, Vicigers bisa lebih paham ketika nanti kompetisi sudah memasuki tanggal kick-off-nya. Cekidot ya!

Baca juga: Hero Terkuat di Mobile Legends di Tahun 2023

Memahami Skema MSC

Skema MSC
Skema MSC. Sumber: VCGamers

MSC adalah turnamen eSports internasional yang diselenggarakan untuk tim profesional Mobile Legends: Bang Bang se-Asia Tenggara serta beberapa wilayah tambahan lainnya. Turnamen ini diadakan secara official oleh Moonton selaku pihak pengembang game ini.

Dari kiprahnya yang sudah dilangsungkan selama beberapa tahun terakhir, kompetisi ini merupakan salah satu turnamen eSports terbesar di kawasan tersebut. Ini melihat tingginya popularitas Mobile Legends pada kawasan Nusantara dan negara sekitarnya.

Hanya tim terbaik dari berbagai negara sajalah yang bisa mendapatkan tiket ke sini. Berbagai negara tersebut seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Semenanjung Mekong, serta para punggawa kontestasi regional lainnya: Turki, Amerika Utara, Timur Tengah, dan Afrika Utara.

Mereka merupakan jawara dan runner-up dari kompetisi MPL di masing-masing wilayah. Indonesia misalnya, diwakili oleh ONIC Esports selaku jawara MPL ID Season 11, serta EVOS Legends sebagai runner-up-nya. Bersama tim-tim dari negara lain, mereka akan memperebutkan gelar yang terhebat di region SEA dan dunia.

Dengan dianulirnya kompetisi tahun 2020 yang bertepatan dengan pandemi COVID-19, MSC 2023 akan hadir sebagai perhelatan yang ke-6. Prize pool-nya pun memiliki angka yang fantastis serta terus meningkat setiap tahunnya.

Dari awal laga ini dihelat, USD 100K (atau sekitar IDR 1,5 miliar) menjadi total hadiah yang bisa dibawa pulang para pemenang.

Sedangkan pada perhelatan terakhir di tahun lalu, total hadiah menyentuh angka USD 300K atau setara dengan IDR 4,5 miliar!

Baca juga: Daftar 4 Skin Baru Event 515 All Star Mobile Legends 2023

MSC 2023

MSC 2022.
MSC 2022. Sumber: MLBB Official Site

Sistem MSC tahun ini masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Tidak ada perubahan yang signifikan, selain komposisi para tim perwakilan negara yang nantinya berlaga. Agar memahami detail-detail tersebut, berikut VCGamers berikan bahasannya berikut ini:

Tim yang bertanding

Terdapat 12 tim yang nantinya akan beradu kekuatan. Khusus untuk Indonesia dan Filipina, masing-masing negara mendapat jatah dua tim.

Sedangkan untuk negara lainnya seperti Malaysia, Singapore, Kamboja, Myanmar, Turki, Region Mekong (Laos, Thailand, Vietnam, dan Brunei), MENA (Timur Tengah dan Afrika Utara), dan NACT (Amerika Utara), masing-masing hanya diizinkan mengirim 1 perwakilan.

Format Pertandingan MSC

Selayaknya kompetisi olahraga kebanyakan, format turnamen akan diberlakukan pada MSC. Nantinya akan terdapat dua babak: ‘Grup’ sebagai fase awal laga para tim, dan ‘Playoff’ yang mempertandingkan tim-tim terbaik dari babak sebelumnya.

Hingga artikel ini dibuat, belum ada informasi lanjutan mengenai skema klasemen untuk perhelatan ini. Tentu itu semua tidak terlepas dari masih banyaknya kompetisi liga premier serta laga regional yang belum selesai dan masih mencari jawaranya.

Jadwal MSC 2023

MSC 2023 Di Helat Di Kamboja Pada Pertengahan Tahun
MSC 2023 dihelat di Kamboja pada pertengahan tahun. Sumber: MLBB Official Website

Meski begitu pihak Moonton sudah menyiapkan deadline kick-off serta lokasi pertandingan dari laga tersebut. Untuk Babak Grup akan dilakukan terhitung tanggal 10-13 Juni 2023, sedangkan untuk Playoff-nya dicanangkan pada tanggal 15-18 di bulan yang sama.

Untuk tempat, MSC 2023 akan berlokasi di Phnom Penh sebagai ibukota Kamboja. Ini bersinggungan dengan dihelatkannya pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara yakni SEA Games 2023.

Dapat dikatakan, Moonton ingin “meringkas” kompetisi mereka dengan secara berbarengan membarengi event tersebut.

Baca juga: Daftar Urutan Rank Mobile Legends Terupdate 2023

Apakah kalian sudah tidak sabar menanti laganya dimulai Vicigers? Ikuti terus informasinya hanya di VCGamers News!

Top Up Game Murah, Cepat dan Aman ya di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!