5 Game Pixel Art 2023 Terbaik, Paling Memukau!

game pixel (2)

Sudah banyak sekali developer game yang mengembangkan game-game terbaiknya dengan visual dikemas sangat memukau, salah satunya adalah Game Pixel Art.

Game yang bergaya satu ini lumayan diminati oleh para pemainnya karena game ini memiliki ciri khas terutama pada aspek visualnya. Jika dikemudian hari, game dengan gaya ini tidak akan musnah karena ditelan zaman, game yang bergenre ini akan masih tetap hidup sampai kapanpun.

Apabila membicarakan game yang bergaya satu ini, perlu diketahui juga oleh para pemain bahwa di Indonesia juga memiliki banyak sekali developer game yang mengembangkan game gaya ini lho!

Nah, bagi kamu yang penasaran ingin memainkan game Pixel Art lokal. Pas banget nih, kamu bisa mendapatkan rekomendasi game-nya pada artikel ini, simak terus ya!

Baca juga: 7 Rekomendasi HP untuk Game dari Termurah hingga Termahal

Game Pixel Art

game pixel (6)
Pixel Art (Source: UX Design CC/Pinterest)

Melansir dari binus.ac.id, Pixel Art merupakan karya seni digital yang diciptakan melalui software untuk membuat gambar pada tingkatan pixel (elemen terkecil pada sebuah gambar yang ditonjolkan di layar komputer).

Biasanya digunakan pada komputer atau video game lawas saat ini pada saat seluruh komputer masih sangat terbatas untuk menampilkan grafis yang memukau pada video game.

Seperti yang kita ketahui, teknologi semakin canggih dan menghasilkan game biasa menjadi lebih bagus yang mencakup Pixel Art pada visualnya dengan berbentuk 3D.

Lalu, para developer game mengupayakan untuk menghasilkan gambar yang maksimal untuk game tersebut sehingga game tersebut bisa dimainkan sangat mudah oleh para pemain.

Tujuannya adalah untuk menarik minat pemain untuk memainkan game tersebut dan akan memberikan pengalaman “Nostalgia” pada saat pemain memainkan game modern ini sehingga dengan begitu mereka akan kembali mengingat masa ketika bermain game klasik di zaman modern ini.

Selain itu juga, dengan menghadirkan game “Pixel Art” ini bisa menarik perhatian para pemain yang disertai dengan teknologi 3D, Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) yang bergaya sederhana dan klasik sama seperti game masa lalu sehingga menjadi salah satu game yang diminati pemain.

Saat ini sudah banyak sekali game-game lokal yang beredar ke pasaran Internasional dengan munculnya game bergaya Pixel Art.

Hal ini juga telah muncul di Indonesia, banyak sekali developer game lokal yang menciptakan game yang bergaya ini seperti misalnya Ultra Space Battle Brawl karya Mojiken Studio (Surabaya), Infectonator karya Toge Productions (Tangerang) serta Hellbreaker karya Tahoe Games (Kediri).

Baca juga: 7 Game Offline Android Ukuran Kecil dengan Rating Tinggi

Rekomendasi Game Pixel Art

game pixel (8)
Pixel Art (Source: Freepik/Pinterest)

Setelah mengetahui definisi dari game Pixel Art, kini saatnya untuk memberikan rekomendasi mengenai 5 game yang bergenre Pixel Art lokal terbaik. Kira-kira apa saja, ya? Langsung simak dan langsung coba mainkan, yuk!

Startup Panic

game pixel (5)
Startup Panic (Source: Steam)

Untuk game Pixel Art lokal yang pertama adalah Startup Panic. Game ini dikembangkan oleh Algorocks yang berasal dari Kota Malang dan diterbitkan oleh tinyBuild pada 20 Januari 2022 untuk Microsoft Windows, MacOS, Android dan iOS.

Bagi kamu yang sangat menyukai genre kasula, indie, simulasi dan strategi, tentunya sangat pas banget jika kamu memainkan game ini karena dikemas dalam satu game.

Pada gameplay-nya cukup menarik dan menyenangkan, karena disini kamu akan simulasi untuk membangun perusahaan startup sendiri untuk bersaing di dunia bisnis.

Kamu benar-benar dilatih untuk menjadi seorang CEO ataupun karyawan perusahaan karena disini juga kamu akan mendapatkan pengalaman layaknya bekerja kantor sungguhan seperti misalnya kamu bebas memilih project yang akan kamu kerjakan, menandatangani kontrak kerja, mendapatkan off di waktu weekend dan mendapatkan penghasilan dari startup kamu.

Selain itu juga kamu bisa menjadi Human Resources (HR), dimana kamu bisa mencari karyawan untuk bekerja di perusahaanmu dan memberikan training untuk projek yang akan dilakukan.

Rendezvous

game pixel (4)
Rendezvous (Source: Steam)

Game Pixel Art lokal terbaik di urutan kedua adalah Rendesvous yang dikembangkan oleh Pendopo Creations yang merupakan developer game asal Sleman, Yogyakarta dan dirilis pada 26 Mei 2022 oleh Hitents untuk Microsoft Windows.

Bagi kamu yang suka petualangan, game ini sangat cocok sekali untukmu karena gameplay-nya sendiri akan mengajakmu untuk berpetualang ke kota Surabaya di tahun 2064.

Rendezvous ini merupakan game cyber-noir pixel art action-adventure 2.5D yang mengisahkan keluarga, pengkhianatan dan rahasia dari Bay City dan Neo-Surabaya.

Gamenya menceritakan salah satu karakter yang bernama Setyo yang bekerja sebagai security di Bay City. Teman lamanya muncul di suatu malam dan memberitahu kepada Setyo bahwa adik Setyo diculik oleh kelompok Cyberrunner merupakan paling bahaya di Neo-Surabaya. Maka dari itu, ia akan menyelamatkan adiknya dari komplotan jahat tersebut.

Pada gameplay-nya sangat menarik bahwa kamu akan berpetualang ke kota Surabaya di masa depan yaitu Neo-Surabaya tahun 2064, dimana kamu bisa menemui preman jalanan yang akan merampas uang masyarakat.

Selain itu juga, pada game ini tetap memamerkan kecanggihan teknologi di masa depan sehingga para pemain dapat merasakan kecanggihannya melalui dunia game.

Potion Permit

game pixel (3)
Potion Permit (Source: Steam)

Game Pixel Art lokal terbaik selanjutnya adalah Potion Permit yang dikembangkan oleh MassHive Media yang berasal dari Bandung dan diterbitkan oleh PQube pada 22 September 2022 lalu.

Potion Permit ini bergenre Action-RPG dan Simulasi sosial yang bisa kamu mainkan melalui platform Microsoft Windows, Nintendo Switch, PlayStation 4, PlayStation 5, Xbox One, Xbox Series X/S serta Amazon Luna.

Untuk gameplay-nya sendiri bergenre Action-RPG dengan minigame untuk membuat ramuan serta disini pun kamu bisa mendapatkan gameplay tambahan seperti misalnya untuk mencari makan dan berdialog dengan NPC yang terdapat didalam NPC.

Sebenarnya, inti gamelay dari Potion Permit ini adalah para pemain harus membuat ramuan di Kota Moobury. Tentunya juga, para pemain harus bisa menyembuhkan Putri Walikota dan masyarakat Moonbury dengan mengandalkan metode pengobatan tradisional ketika mereka jatuh sakit.

A Space for the Unbound

A Space for the Unbound
A Space for the Unbound (Source: Nintendo)

Selanjutnya game Pixel Art lokal adalah A Space for the Unbound. Sebenarnya, ini merupakan salah satu game terbaru yang dirilis di tahun 2023 ini tepatnya pada 19 Januari 2023 yang dirilis oleh Toge Productions dan Chorus Worldwide.

Lalu, siapa yang mengembangkan game ini? Ya, A Space for the Unbond ini dikembangkan oleh developer game lokal yang bernama Mojiken Studio yang berasal dari Malang.

Jika kamu penasaran dengan gamenya, maka A Space for the Unbond ini bisa kamu mainkan di platform Nintendo Switch, PlayStation 5, Xbox One, PlayStation 4, Microsoft Windows, Xbox Seri X/S. Namun, game ini belum tersedia untuk smartphone Android maupun iOS.

A Space for the Unbound menceritakan game petualangan kehidupan dengan Pixel Art yang berlatar pedesaan Indonesia di era 90-an yang mengisahkan dalam mengatasi kecemasan dan depresi dari hubungan percintaan dengan dilengkapi kekuasaan supernatural.

Nantinya, kamu akan berperan menjadi Atma yang merupakan seorang pelajar SMA yang jalan-jalan ke kota Loka bersama kekasihnya yaitu Raya.

Dengan mengandalkan sebuah buku yang mereka terima dari seorang anak perempuan, Atma memiliki kemampuan untuk bisa masuk ke dalam hati orang lain untuk dapat mengetahui kekhawatiran dan keinginan terbesar yang dialami orang tersebut serta bagaimana problem solving yang akan mereka lakukan.

Berbeda dengan kekasihnya, Raya memiliki kemampuan untuk bisa mengangkat benda dan mampu mengontrol orang dengan mengandalkan pikirannya dan ia pun mampu mengubah realitas dunia.

Game ini diciptakan lebih seru karena dikemas dalam bentuk adventure dan teka-teki naratif sehingga para pemain harus menyelesaikan teka-teki dan harus berbicara dengan karakter lainnya menggunakan benda untuk bisa melanjutkan game tersebut.

Coffee Talk

Coffee Talk
Coffee Talk (Source: Nintendo)

Untuk game Pixel Art lokal yang selanjutnya adalah Coffee Talk! Game ini dikembangkan oleh Toge Productions yang berasal dari Tangerang, Banten lho!

Game ini dirilis pada 29 Januari 2020 oleh Toge Productions dan Chorus Worldwide untuk platform Microsoft Windows, macOS, Nintendo Switch, PlayStation 4, Xbox One.

Gameplay-nya sendiri menceritakan seorang barista yang bekerja di kedai kopi yang berlokasi di Seattle ketika mereka mendengarkan kekhawatiran dan keluhan dari pelanggan kedai kopi tersebut.

Sebagian besar gameplay-nya harus berdialog dengan pelanggan, dimana para pemain harus berinteraksi dan melayani pelanggan untuk membuatkan berbagai minuman kopi untuk pelanggannya.

Bagi kamu yang ingin menjadi barista, game ini sangat cocok sekali untuk dimainkan karena memberikan pengalaman yang serupa seperti barista kopi.

Tentunya, kamu juga harus mencoba memainkan sekuelnya yaitu Coffee Talk Episode 2: Hibiscus & Butterfly yang telah dirilis pada 20 April 2023 lalu.

Baca juga: Kumpulan Game Web Indo yang Bisa Dimainkan Tanpa Download!

Itulah 5 rekomendasi game Pixel Art lokal terbaik yang worth banget untuk dimainkan. Menurutmu, mana nih game Pixel Art lokal yang paling seru?

Jangan lupa untuk beli produk digital dan kebutuhan game murah dan cepat hanya di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

[wpforms id="61130"]