Cara Menggunakan Fitur Share Screen di WhatsApp

Cara Tag Semua Orang di Grup WA

WhatsApp baru saja meluncurkan fitur teranyar mereka yang membuat para penggunanya bisa melakukan share screen saat video call secara realtime. Nah, buat kamu yang ingin tahu cara share screen di WhatsApp, yuk simak artikel ini sampai tuntas!

Fitur share screen yang ada di WhatsApp sebenarnya secara garis besar tidak jauh berbeda dengan fitur share screen yang ada di Zoom, Google Meets, dan Microsoft Teams.

Dengan adanya fitur share screen membuat para pengguna jadi lebih fleksibel lagi dalam memanfaatkan aplikasi ini.

Sebagai informasi tambahan, fitur share screen di WhatsApp ini masih dalam tahap uji coba, sehingga belum semua pengguna bisa mencobanya.

Baca juga: Tak Perlu Hapus Chat! Ini Cara Edit Pesan WhatsApp

Cara Share Screen di WhatsApp

Cara Share Screen di WhatsApp
Cara Share Screen di WhatsApp. Source: Tribun

Berdasarkan info dari WABetaInfo, fitur share screen pada WhatsApp baru bisa dicoba oleh sedikit pengguna saat ini. Dan untuk bisa mencobanya, kamu harus melakukan pembaruan aplikasi beta versi 2.23.11.19 untuk Android atau versi 2.2322.1.0 untuk Windows.

Jika kamu menjadi pengguna yang beruntung untuk mencoba fiturnya, maka cara share screen di WhatsApp bisa kamu lakukan dengan mengklik ikon screen sharing yang ada di bagian bawah layar saat sedang melakukan video call. 

Untuk cara lebih jelasnya, berikut kami jelaskan langkahnya sebagai berikut: 

Lakukan Video Call

Kamu bisa membuka aplikasi WhatsApp di handphone atau laptop. Kemudian pilih  kontak yang ingin kamu VC dan klik ikon video call untuk melakukan VC seperti biasa.

Klik Ikon Share Screen

Setelah orang kamu tuju menerima panggilanmu, maka pada bagian bawah layar akan muncul beberapa opsi. Kamu bisa klik ikon share screen yang berbentuk seperti HP. Kemudian, klik “Mulai Sekarang”.

Fitur Share Screen Aktif

Setelah fitur share screen aktif, tampilan yang diterima oleh lawan bicaramu akan menampilkan layar yang sama dengan tampilan layar di HP atau laptop kamu. Dengan begitu, kamu sudah sukses melakukan share screen di WhatsApp. 

Memberhentikan Fitur Share Screen

Jika kamu ingin menonaktifkan share screen, klik “Berhenti Berbagi”. Setelah itu tampilan layar sebelumnya akan hilang dan akan kembali pada mode video call biasanya.

Fitur share screen ini kemungkinan tidak akan berfungsi jika kamu melakukan video call grup dengan anggota yang banyak. Selain itu, fitur ini juga tidak bisa digunakan jika orang yang kamu tuju masih menggunakan WhatsApp versi lama.

Belum ada info lebih lanjut kapan fitur share screen ini akan dirilis secara resmi ke publik. Namun, fitur ini akan jadi fitur yang sangat dinantikan oleh para pengguna WhatsApp.

Baca juga: Cara Mudah Menggunakan WhatsApp Web di HP

Cara Instal WhatsApp Beta di Android

Cara Share Screen di WhatsApp
Cara Menginstall WhatsApp Beta. Source: Freepik/rawimage

Bagi kamu yang tertarik untuk mencoba fitur share screen ini, kamu harus menggunakan WhatsApp beta. Berikut adalah cara installnya:

Menggunakan Browser

  • Buka browser favoritmu, seperti Google Chrome, Firefox, atau Opera
  • Lalu, buka halaman uji beta WhatsApp di situs web Google Play
  • Kemudian login ke akun Google yang kamu gunakan di perangkat HP Android 
  • Klik tombol yang bertuliskan “Menjadi Penguji”

Melalui Google Play

  • Buka Google Play di HP
  • Kemudian, cari WhatsApp
  • Lalu scroll ke bawah melewati bagian deskripsi aplikasi, gambar, dan aplikasi serupa untuk menemukan panel “menjadi penguji beta”
  • Ketuk tombol “Saya ikut” dan konfirmasi
  • Pilih “gabung”
  • Kamu akan melihat update untuk WhatsApp ke versi beta
Baca juga: Cara Membuat Status WhatsApp Pakai Suara

Nah, demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai cara share screen di WhatsApp. Jangan lupa untuk update berita terkini seputar games, teknologi, dan gadget hanya di VCGamers News!

Dan jangan lupa untuk top up game favoritmu atau isi pulsa dengan mudah, cepat, aman, dan harga termurah hanya di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!