Cara Cek Imei Oppo, Mudah Kok!

Cek IMEI Oppo

Cara cek IMEI Oppo sangat penting untuk pengguna smartphone tersebut. Pasalnya, hal ini berkaitan dengan keaslian HP dan mempengaruhi fungsinya saat kamu gunakan.

IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah nomor identifikasi yang digunakan untuk mengidentifikasi ponsel. Biasanya IMEI memiliki 15 digit angka dan bisa ditemukan di berbagai tipe ponsel, termasuk Oppo.

Jaringan GSM (Global System for Mobile Communications) juga menggunakan nomor tersebut untuk menentukan keaslian perangkat yang digunakan. Selain itu, nomor tersebut berisi informasi tentang pabrikan, merek, model, dan spesifikasi perangkat.

Selain itu, IMEI HP yang tidak terdaftar dapat menyebabkan kebocoran data dan peluang kejahatan dunia maya lainnya. Oleh karena itu, mengetahui cara cek IMEI Oppo yang benar penting agar ponsel tetap berjalan lancar.

Baca juga: HP Oppo RAM 8GB Dibawah 3 Juta Terbaik di 2023

Cara Cek IMEI Oppo

hp dengan wireless charging (6)
OPPO. Source: Pro Deccan Herald)

Bagi kamu yang pernah membeli ponsel Oppo, pengecekan IMEI bisa dilakukan dari kotak kemasan ponsel.

Biasanya sederet nomor akan ditempelkan pada salah satu bagian paket beserta barcodenya. Nomor yang asli akan menampilkan informasi tentang perangkat, termasuk garansi dan informasi produk.

Nah, untuk cara cek IMEI Oppo yang sudah kamu ketahui dengan cara di bawah ini;

  1. Kunjungi support.oppo.com/id/warranty-check;
  2. Masukkan nomor yang tertera dan klik atau ketuk ‘Periksa Sekarang’;
  3. Informasi ponsel Oppo, seperti garansi dan fakta produk, akan ditemukan;
  4. Selesai.

Untuk memastikannya, kamu bisa cara cek IMEI Oppo yang digunakan melalui situs resmi Kementerian Perindustrian. Inilah langkahnya;

  1. Kunjungi informasi IMEI perusahaan di imei.kemenperin.go.id
  2. Masukkan nomornya.
  3. Klik tombol pada ikon lingkaran untuk melihat apakah terdaftar atau tidak.
  4. Selesai.
Baca juga: Oppo A57: Spesifikasi dan Harga Tahun 2022081270566001

Fungsi International Mobile Equipment Identity

HP Oppo RAM 8GB Dibawah 3 Juta
HP Oppo. Source: YouTube.

International Mobile Equipment Identity adalah nomor yang hanya berfungsi untuk mengidentifikasi perangkat dan tidak memiliki hubungan permanen atau semi permanen dengan pelanggan.

Jaringan GSM menggunakan nomor itu untuk mengidentifikasi perangkat yang valid. Oleh karena itu, nomor ini dapat digunakan untuk memblokir akses ponsel curian ke jaringan di negara tersebut.

Pada dasarnya, nomor kode ini dapat mengaktifkan jaringan Global System for Mobile Communication (GSM) atau Universal Mobile Telecommunications Service (UMTS) agar kamu tahu saat HP dicuri.

Baca juga: Rekomendasi 5 Aplikasi Pelacak HP Tercanggih Desember 2022

IMEI adalah bagian dari manajemen perangkat seluler. Pembeli ponsel bekas bisa mencari nomor IMEI untuk mengecek apakah ponsel dalam kondisi baik.

Tes nomor juga dapat memberitahu pengguna tentang jaringan perangkat asalnya, lisensi, informasi operator, dan detail serupa lainnya.

Badan penegak hukum biasanya menggunakan nomor seri tersebut dalam jarak tertentu untuk mendapatkan lokasi pencuri.

Penyedia layanan juga dapat menggunakan nomor tersebut untuk mengidentifikasi perangkat yang dicuri.

Jika pengguna melaporkan bahwa ponselnya telah dicuri, penyedia layanan dapat memasukkan nomor tersebut ke dalam daftar hitam dan memblokir ponsel dari jaringan mereka.

Inilah cara cek IMEI Oppo asli atau palsu yang bisa kamu ikuti. Dengan menerapkan cara di atas, kamu tidak perlu khawatir HP Oppo bekas kamu memiliki fungsi yang terbatas atau hal-hal berbahaya lainnya. Semoga informasi di atas membantu!

Baca juga: Cara Cek Nomor Seri iPhone, Asli atau Palsu?

Dapatkan informasi tech and gadget lainnya hanya di VCGamers News.

Kamu juga bisa beli produk digital, item, skin, voucher hingga top up game murah dan cepat hanya di VCGamers Marketplace sekarang juga!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!