Tak Perlu Hapus Chat! Ini Cara Edit Pesan WhatsApp

Hola Vicigers, kali ini kita akan mengulas tentang layanan pesan instan, yaitu WhatsApp atau WA. Khususnya tentang cara edit pesan WhatsApp.

Saat ini, WA sudah secara resmi merilis fitur “edit pesan” untuk pengguna.  Fitur edit pesan tersebut memungkinkan kamu untuk mengubah pesan yang sudah terkirim.

Hal ini tentunyta akan berguna untuk pengguna yang sering melakukan salah ketik pada pesan WhatsApp.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering kali membuat kesalahan saat mengetik atau mengirim pesan. Mungkin kamu pernah mengirim pesan dengan kesalahan pengetikan atau mungkin pesan yang tidak tepat? Jika iya, maka pada fitur edit pesan WhatsApp ini akan menjadi penyelamat bagi Vicigers.

Daripada harus menghapus pesan dan mengirimkan pesan baru yang memperbaiki kesalahan, tenang sekarang dapat dengan mudah mengedit pesan tersebut.

Kamu pasti udah penasaran dengan fitur baru WhatsApp ini kan? Nah, untuk lebih detailnya mari kita simak ya!

Baca juga: Cara Menggunakan WhatsApp Web di HP Android dan iOS

Fitur Edit Chat WhatsApp

Edit Pesan WhatsApp
WhatsApp.

WhatsApp sudah merilis fitur terbarunya yang akan memudahkan pengguna dalam mengedit pesan yang telah dikirim. Dengan fitur edit pesan, pengguna tidak perlu lagi menghapus pesan yang salah atau mengirimkan koreksi terpisah.

Fitur edit pesan WA akan memungkinkan pengguna untuk mengubah isi pesan yang telah terkirim atau tiba-tiba berubah pikiran setelah mengirim pesannya.

Pada fitur edit pesan ini sangat berguna dalam situasi di mana pengguna ingin mengoreksi pesan atau salah ketik yang telah dikirim tanpa harus kehilangan konteks percakapan.

Misalnya, jika Vicigers salah mengetik atau mengirim pesan yang tidak tepat, Vicigers tidak perlu lagi merasa cemas karena dapat langsung mengeditnya tanpa meninggalkan jejak yang membingungkan, nantinya pesan yang berhasil diubah atau di edit akan ditandai dengan tulisan “diedit”, sehingga dapat mengetahui bahwa pesan tersebut telah dikoreksi.

Untuk menggunakan fitur mengedit chat WhatsApp, pengguna hanya perlu membuka pesan yang ingin diedit dan memilih opsi “Edit” yang tersedia.

Setelah itu, teks pesan dapat diedit sesuai kebutuhan dengan waktu 15 menit dan belum di baca oleh si penerima pesan.

Pengguna juga dapat melihat riwayat perubahan pesan untuk memastikan bahwa pesan yang telah diubah terlihat jelas bagi semua penerima.

Namun, penting untuk diingat bahwa pada fitur edit pesan WhatsApp memiliki beberapa batasan yang perlu diketahui.

Misalnya, pesan yang telah dikirim tidak dapat diedit setelah melewati batas waktu 15 menit setelah pesan terkirim atau setelah penerima sudah membaca pesan tersebut. Selain itu, perubahan pesan juga  terlihat pada tampilan riwayat pesan

Meskipun ada beberapa keterbatasan, pada fitur edit pesan WhatsApp akan tetap menjadi inovasi yang sangat diharapkan oleh pengguna karena bisa edit pesan.

Pada hal ini akan menghemat waktu dan usaha dalam mengoreksi pesan yang salah ketik atau tidak akurat.

Pada fitur ini juga akan mengurangi potensi kebingungan dalam percakapan dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih lancar dalam berkomunikasi melalui pesan WhatsApp.

Selain itu, kita juga perlu mengetahui berapa yang perlu di ketahui bahwa WhatsApp akan terus menghadirkan berbagai pembaruan dan fitur terbaru untuk meningkatkan pengalaman penggunanya.

Pada fitur edit pesan ini merupakan salah satu contoh nyata bagaimana WhatsApp terus berupaya untuk memberikan layanan yang lebih baik dan memenuhi kebutuhan penggunanya.

Sehingga dengan fitur ini, pengguna dapat berkomunikasi dengan lebih percaya diri dan efisien, tanpa perlu khawatir jika terjadi kesalahan ketik atau berubah pikiran dalam pesan yang telah dikirim.

Cara Edit Pesan WhatsApp

cara edit pesan wa
Contoh tampilan edit pesan WhatsApp yang sudah terkirim. Source: WABETAINFO. 

Cara edit pesan di WhatsApp ternayata sangat mudah. Kamu bisa melakukannya saat ini juga untuk menyunting chat yang kamu kirim.

Berikut merupakan cara edit pesan WA:

  1. Buka aplikasi WhatsApp pastikan telah menginstal aplikasi WhatsApp di ponsel
  2. Pilih chat yang di mana ingin mengedit pesan tersebut. Lalu tekan dan tahan pesan yang ingin edit hingga muncul menu pop-up.
  3. Setelah itu pilih “Edit” setelah menu pop-up muncul, pilih opsi “Edit” yang akan mengarahkan ke mode pengeditan.
  4. Edit Pesan setelah memasuki dalam mode pengeditan, dapat mengubah teks pesan yang ingin edit. Ketuk pesan tersebut dan mulailah mengeditnya.
  5. Selanjutnya simpan perubahan setelah selesai mengedit pesan, ketuk ikon centang atau tombol “kirim” untuk menyimpan perubahan. Pesan yang telah diedit akan menggantikan pesan asli di chat.
  6. Perhatikan tanda edit setelah menyimpan perubahan, akan muncul tanda “Diedit” di bawah pesan yang telah edit. Ini memberi tahu penerima bahwa pesan tersebut telah mengalami perubahan.
  7. Batas Waktu 15 menit dan belum dibaca, perlu diingat hanya dapat mengedit pesan dalam batas waktu tertentu setelah mengirimkannya. Setelah batas waktu tersebut berakhir, pesan tidak dapat diedit lagi.
  8. Hati-hati dalam mengedit maka ingatlah bahwa mengedit pesan dapat mempengaruhi konteks dan pemahaman penerima. Pastikan sudah mengedit pesan dengan hati-hati untuk menghindari kesalahpahaman.
  9. Gunakan dengan bijak maka fitur mengedit pesan adalah alat yang berguna untuk memperbaiki kesalahan pengetikan atau menyempurnakan pesan sebelumnya. Gunakanlah dengan bijaksana dan menghormati penerima pesan.
  10. Perhatikan versi aplikasi pastikan sudah menggunakan versi WhatsApp terbaru untuk dapat menikmati fitur pengeditan pesan yang tersedia. Perbarui aplikasi secara berkala untuk memastikan Anda memiliki versi terbaru dengan semua fitur yang diperbarui.

Itulah beberapa langkah tentang cara mengedit pesan di WhatsApp. Selamat mengedit pesan dan berkomunikasi dengan lebih baik!

Baca juga: Cara Menggunakan WhatsApp GB Tahun 2023

Jadi, tidak perlu lagi khawatir jika membuat kesalahan dalam pesan yang dikirim di WhatsApp. Dengan adanya Fitur Edit Pesan ini, dapat dengan mudah mengubah pesan yang telah dikirim tanpa perlu menghapusnya. Lebih mudah, lebih efisien, dan tentunya lebih nyaman.

Namun, sangat penting untuk diingat bahwa fitur Edit Pesan harus digunakan dengan tanggung jawab.

Karena beberapa orang mungkin mencoba memanfaatkannya fitur ini untuk mengubah pesan-pesan yang telah dikirim dengan niat yang tidak baik.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga integritas dan kejujuran dalam menggunakan fitur edit pesan ini.

Baca juga: Cara Menyadap WhatsApp Pasangan, Kurang dari 5 Menit!

Terus ikuti berita Tech and Gadget terbaru di VCGamers News. Nah, buat kamu yang mau Top Up game Murah, Cepat dan Aman langsung ke VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

[wpforms id="61130"]