Cara Mengembalikan Folder yang Terhapus di Android

cara mengembalikan folder yang terhapus di android

Apakah Vicigers pernah menghapus folder atau file penting di HP tanpa sengaja? Tidak perlu khawatir, karena ada cara mengembalikan folder yang terhapus di android dengan mudah.

Selain disebabkan oleh faktor ketidaksengajaan atau tidak ketika menghapus folder, ternyata ada faktor lain yang juga menjadi pemicu dalam kasus ini. 

Misalnya, jika Vicigers memperbarui, melakukan root, atau mengatur ulang Android ke pengaturan pabrik, kamu juga dapat menghapus semua data dan folder di Android tanpa disengaja. 

Biasanya sangat sulit untuk mengembalikan data yang terhapus di Android. Meskipun bisa di reset, smartphone Android biasanya perlu di-root terlebih dahulu. Selain itu, sering terjadi data yang terhapus tidak kembali dengan sempurna, yakni corrupt atau rusak.

Nah, pada artikel kali ini kami akan memberikan cara mengembalikan folder yang terhapus di android dengan menggunakan bantuan aplikasi. 

Cara Mengembalikan Folder yang Terhapus di Android 

Panduan berikut ini sangat mudah dan tidak memakan banyak waktu untuk mengembalikan file yang terhapus.

Namun sebagai catatan, beberapa tips yang akan kami bagikan di bawah ini tetap memerlukan dukungan aplikasi. Aplikasi tersebut hanya dapat mengembalikan data yang terhapus setelah aplikasi tersebut didownload di ponsel Android. 

Menggunakan DiskDigger 

cara mengembalikan folder yang terhapus di android
cara mengembalikan folder yang terhapus di android dengan DIskDigger. Sumber: Youtube.

Jika kamu kehilangan folder karena ponsel telah di-root, maka aplikasi ini tepat untuk kamu coba. 

  1. Instal aplikasi DiskDigger di Playstore.
  2. Buka aplikasinya dan akan muncul peringatan yaitu tingkatkan ke Pro.
  3. Intinya di sini adalah kamu akan ditawari untuk menggunakan sistem berbayar atau tidak. Jika tidak, pilih opsi No Thanks. 
  4. Selanjutnya, cari folder tujuan yang telah dihapus dan ingin kamu kembalikan. Folder ini mungkin tersedia di memori internal atau eksternal ponsel. 
  5. Tentukan formatnya, lalu pilih Ok. 
  6. DiskDigger kemudian akan melakukan scan otomatis terhadap folder tersebut, lalu pilih Recover Selected Files.
  7. Langkah terakhir, pilih Simpan. 
  8. Lihatlah, folder yang sebelumnya dihapus akan muncul kembali. 

Menggunakan Undeleter Recover 

Undeleter Recover 
cara mengembalikan folder yang terhapus di android menggunakan Undeleter Recover. Sumber: Techno.id.

Cara mengembalikan folder yang terhapus di android selanjutnya yang bisa kamu pilih adalah dengan menggunakan aplikasi Undeleter Recover. Aplikasi ini juga sangat mudah digunakan.

Namun, kamu harus me-root sistem terlebih dahulu untuk menggunakannya. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu ikuti untuk membatalkan penghapusan folder yang ada di Android menggunakan aplikasi Undeleter Recover.

  1. Instal aplikasi Undeleter yang tersedia di Playstore. 
  2. Buka aplikasi.
  3. Akan ada prompt untuk akses root. 
  4. Tekan Izinkan.
  5. Pilih menu Restore Files/Restore Data. 
  6. Setelah itu, cari folder tujuan terhapus yang ingin kamu pulihkan. Folder tersebut mungkin tersedia di memori internal atau eksternal ponsel. Akan muncul pilihan yaitu Journal Scan dan Deep Scan. 
  7. Kamu dapat menggunakan pemindaian harian jika ingin memulihkan semua data di folder itu, sementara pemindaian mendalam dapat digunakan untuk memulihkan beberapa data yang dipilih. 
  8. Setelah pilihan kamu selesai, klik tombol Pindai di bawah.
  9. Tunggu beberapa saat hingga data yang diinginkan mulai muncul. Apabila semua proses sudah selesai, silahkan kilk tombol yang ada di pojok kanan atas aplikasi.
  10. Folder yang sebelumnya hilang akan kembali.
Baca juga: 5 Aplikasi Booster Game PC Terbaik 2022

Tanpa Aplikasi

cara mengembalikan folder yang terhapus di android
Kembalikan folder yang terhapus di android tanpa aplikasi. Sumber: Pexels.

Kamu juga dapat mengembalikan file foto dan video yang terhapus ke ponsel Android tanpa bantuan aplikasi. Untuk melakukan ini, gunakan File Manager yang tersedia di ponsel. 

Ponsel Android terbaru biasanya memiliki File Manager yang menawarkan fitur Recycle Bin. Fitur ini fungsinya mirip dengan Recycle Bin di PC atau laptop berbasis Windows. 

Cara kerjanya sama, file yang tidak sengaja terhapus biasanya tidak hilang permanen, melainkan berakhir di Recycle Bin. kamu dapat mengatur ulang dengan menekan tombol reset. 

Hal ini adalah cara mengembalikan folder yang terhapus di android dengan mudah tanpa harus menggunakan aplikasi. 

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Booster Game Android, Oke Banget!

Semoga informasi yang kami berikan di atas bermanfaat bagi kamu yang tidak tahu cara mengembalikan folder yang terhapus di android.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!