DuckDuckGo Search Engine Paling Aman, Ini Penjelasannya!

Search engine adalah sistem yang dirancang untuk melakukan pencarian web, contohnya adalah Google dan DuckDuckGo. Kebanyakan orang tentunya menggunakan Google sebagai search engine utama. Namun, terdapat search engine yang unik bernama DuckDuckGo atau DDG.

Kali ini, VCGamers akan membahas search engine tersebut, lengkap dengan fitur dan perbedaannya dengan Google. Bagi kamu yang penasaran, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: 5 Aplikasi Menggambar 3D Android Terbaik Berdasarkan Play Store 

Apa Itu DuckDuckGo?

Website DuckDuckGo
Website DuckDuckGo. Sumber: duckduckgo.com

DuckDuckGo adalah search engine yang memprioritaskan keamanan pengguna ketika mencari segala hal dengan search engine tersebut. Sebenarnya, DuckDuckGo sudah tercipta oleh Gabriel Weinberg pada tahun 2008 lalu.

Kamu bisa menggunakan DuckDuckGo sebagai website dengan URL duckduckgo.com melalui browser seperti Chrome, Safari, Opera, hingga Firefox. Untuk pengguna smartphone, kalian bisa menggunakan aplikasi DuckDuckGo untuk smartphone Android dan iOS.

Sebagai kesimpulan, DuckDuckGo adalah search engine yang melindungi privasi dan keamanan para penggunanya. Namun, mungkin kamu masih kebingungan mengenai perbedaan antara search engine satu ini dengan Google yang biasa dipakai sehari-hari.

Maka dari itu, yuk simak perbedaan DuckDuckGo dengan Google di bawah ini!

Baca Juga: Cara Mematikan Getar Keyboard Android, Hemat Baterai!

Perbedaan DuckDuckGo dengan Google

DuckDuckGo vs Google
DDG vs Google. Sumber: Search Engine Journal

Jika kamu mencari search engine alternatif, maka DuckDuckGo atau DDG adalah pilihan yang tepat karena bisa memberikan hasil pencarian yang mirip tanpa adanya tracking online yang agresif terhadap perilaku pencarian seperti Google.

Salah satu alasan banyak orang menggunakan search engine ini adalah karena tidak ada penyimpanan data pengguna. Sesuai dengan penjelasan mengenai DDG di atas, search engine tersebut bisa menjaga privasi atau keamanan pengguna dengan tidak adanya penyimpanan data tersebut.

Karena tidak menyimpan data pengguna, maka DDG tidak memberikan fitur yang biasa tersedia di search engine Google seperti “Related Searches” dan “People Also Ask”. Tidak hanya itu, fitur Google seperti tracking real-time juga tidak dimiliki oleh DDG.

DDG juga tidak memberikan personalisasi terkait pencarian yang biasanya Google miliki karena adanya tracking online. Maka dari itu, perbedaan yang paling signifikan adalah kemampuan Google yang bisa memprediksi apa yang ingin kamu cari.

DuckDuckGo sangatlah berbeda dengan Google karena search engine ini tidak menyimpan data browsing dan memblokir semua tracker yang mencoba untuk mencatat pencarian atau ketika kamu melakukan browsing.

Baca Juga: 4 Aplikasi NFC Untuk Android Terbaik Tahun 2022

Fitur DuckDuckGo

Jika DDG tidak memiliki fitur yang tersedia ketika browsing menggunakan Google, maka fitur apa yang mereka tawarkan? Di bawah ini, kita akan membahas tiga fitur utama DDG sebagai search engine. Yuk simak pembahasannya!

Fitur Mengurangi Spam dan Menambah Keamanan

Ilustrasi Blokir Spam oleh DDG
Ilustrasi Blokir Spam oleh DDG. Sumber: Engadget

DuckDuckGo menawarkan fitur untuk mengurangi banyaknya hasil pencarian yang tidak relevan, terutama hasil spam dan iklan.

Hasil pencarian akan lebih relevan dengan sumber yang terpercaya lengkap dengan judul dan deskripsi meta yang dibuat oleh penulis web hasil pencarian yang muncul.

Maka dari itu, fitur ini menempatkan situs yang sudah resmi di hasil pencarian paling atas dan memiliki label sehingga pengguna bisa menemukan hasil pencarian resmi lebih mudah.

Untuk meminimalisir spam, DDG bekerjasama dengan Parked Domain Project. Kerjasama tersebut terbukti bisa mengeliminasi spam yang muncul ketika pengguna browsing melalui DDG.

Hasil yang muncul akan berbeda dan kebanyakan website spam akan muncul di hasil pencarian Google. Menurut VPN Overview, DDG menggunakan sumber daya manusia untuk mengeliminasi spam dibandingkan dengan Google yang menggunakan algoritme.

Tidak Menyimpan Sejarah Pencarian

Aplikasi DuckDuckGo
Aplikasi DDG. Sumber: Search Engine Journal

Tidak seperti search engine lainnya, DDG tidak me akan menyimpan hasil pencarian di search history. Maka dari itu, pengguna akan lebih aman ketika melakukan browsing.

Namun, browser yang kamu gunakan untuk memakai DDG mungkin akan menyimpan sejarah pencarian. Terdapat cara untuk merubah pengaturan tersebut agar browser yang kamu gunakan tidak menyimpan sejarah pencarian.

Cara tersebut adalah dengan mengganti pengaturan yang ada di menu Settings setiap browser yang kamu gunakan. Sebagai contoh, kamu bisa mengubah pengaturan tersebut melalui menu Settings di Google Chrome yang bisa kamu akses melalui titik tiga di pojok kanan atas.

Tidak Ada Tracker Pihak Ketiga

Ilustrasi Tracking Ads
Ilustrasi Tracking Ads. Sumber: AVG

DuckDuckGo melindungi keamanan dan privasi pengguna dengan memblokir tracker periklanan. Tracker periklanan adalah salah satu faktor yang menentukan iklan apa yang akan muncul ketika kamu melakukan pencarian.

Dengan adanya fitur untuk memblokir tracker pihak ketiga tersebut, maka privasi pengguna akan lebih terjaga. Secara umum, tracker periklanan akan mengumpulkan informasi untuk menunjukkan iklan yang sesuai dengan informasi tersebut.

Uniknya, tracker tersebut masih aktif mengumpulkan informasi meskipun pengguna menggunakan mode Incognito ketika browsing melalui Google. Maka dari itu, DDG adalah solusi untuk tidak terkena tracker pengiklanan.

Demikian pembahasan mengenai DuckDuckGo sebagai search engine yang mengedepankan privasi dan keamanan para pengguna dengan fitur yang tersedia.

Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan gaming hanya di VC Market by VCGamers dan nikmati promo yang masih tersedia.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!