Cara Mengalahkan Calamity Ganon di Zelda: Breath of the Wild

Zelda

Zelda: Breath of the Wild memiliki total 20 bos termasuk DLC yang ada di game ini, salah satunya adalah Calamity Ganon.

Dia termasuk kedalam kategori bos final yang terdiri dari 8 karakter lainnya seperti Master Kohga dan Dark Beast Ganon.

Artikel berikut akan membahas tentang Calamity Ganon dan bagaimana cara mengalahkannya. Penasaran? Simak ulasannya dibawah ini.

[elementor-template id="111411"]
Baca juga: Gaya Gravitasi di Hyrule di Zelda Tears Of The Kingdom

Profil Calamity Ganon

Calamity Ganon oke
Calamity Ganon

Ganon memiliki penampilan yang cukup aneh sekaligus menyeramkan. Dia memiliki sosok seperti kalajengking dengan kepala besar dan rambut merah yang panjang tergerai khas Ganondorf.

Mahluk ini bertarung menggunakan serangan kombinasi yang diciptakan oleh Blight Ganons untuk peristiwa Great Calamity. Serangan miliknya ini dapat memberikan perlawanan yang setara terhadap kekuatan dari Master Sword.

Great Calamity sendiri adalah sebuah peristiwa dimana Calamity Ganon bangkit dan merasuki Divine Beast dan para Guardian, membunuh Champion, serta menghancurkan kerajaan Hyrule.

Setelah kejadian tersebut, dia kemudian disegel sementara oleh putri Zelda sekaligus menghentikan peristiwa bencana besar itu.

Calamity Ganon akan kamu temui dalam chapter Hyrule Castle yang merupakan chapter terakhir dalam game Zelda: Breath of the Wild.

Pertarungan dengan bos final yang satu ini kemungkinan akan sangat berbeda, tergantung seberapa jauh kamu sudah menyelesaikan progres dalam game.

Secara teknis, untuk menamatkan Zelda: Breath of the Wild, kamu hanya perlu menyelesaikan quest pertama dan terakhir karena quest ditengah bersifat opsional.

Jika kamu belum berhasil mengalahkan bos dari empat dungeon besar, maka bos manapun yang belum bertarung denganmu akan muncul di Hyrule Castle.

Untuk mempermudah permainan, kamu dapat mengalahkan Waterblight, Windblight, Thunderblight, atau Fireblight Ganon sebelum memasuki chapter ini.

Mode Gauntlet juga akan diterapkan pada Hyrule Castle, dimana mereka akan terus bermunculan satu persatu setelah berhasil kamu kalahkan.

Jika kamu terbunuh oleh salah satu final bos tersebut, maka kamu harus mengulang semuanya dari awal dengan bos pertama.

Baca: Rekomendasi Game Zelda Terbaik 2023

Cara Mengalahkan Calamity Ganon

Cara mengalahkan Calamity Ganon
Cara mengalahkan Calamity Ganon. Source: Lvl One Gamer/Youtube

Sebelum menghadapi Calamity Ganon, ada baiknya kamu harus menyelesaikan seluruh quest dalam game ini agar lebih siap dalam pertarungan.

Selama progres game, kamu akan mendapatkan 4 four Divine Beast yang akan menyerang secara bersamaan dan mengambil setengah dari HP Calamity Ganon.

Final bos yang satu ini memiliki serangan yang paling besar dibanding 4 Ganon lainnya yang sudah dikalahkan. Calamity Ganon bahkan bisa meniru serangan mereka.

Dia dapat menembakkan blok es kearahmu seperti Waterblight Ganon dan untuk melelehkannya, kamu bisa menggunakan Crynosis.

Crynosis
Crynosis. Source: Lvl One Gamer/Youtube

Calamity juga bisa menyerangmu dengan duri petir seperti yang dilakukan oleh Thunderblight Ganon, yang harus kamu lakukan untuk menghindari serangan ini hanyalah berlari.

Dia juga menguasai kekuatan untuk membuat angin tornado seperti Windblight Ganon yang bisa kamu hindari dengan berlari.

Terakhir, mahluk ini juga dapat meniru serangan dari Fireblight Ganon yaitu menembakkan sebuah bola api kedalam pertempuran. Untuk menghindar, panahlah bola api tersebut dengan panah es sebelum menyentuh tanah.

Calamity Ganon menembakkan bola api
Calamity menembakkan bola api. Source: Lvl One Gamer/Youtube

Tidak hanya bisa meniru kekuatan dari 4 Ganon lainnya, Calamity juga memiliki beberapa serangan jarak dekat dimana dia akan mengayunkan pedang apinya secara horizontal dan vertikal.

Dia juga akan mengayunkan pedang birunya yang berukuran lebih kecil dan seperti Ganon lainnya, Calamity akan menembakkan laser padamu.

Kamu bisa menargetkan serangan pada Calamity dan ketika dia menembakkan lasernya, meloncatlah kesamping untuk menghindari serangannya.

Calamity Ganon menembakkan laser
Calamity menembakkan laser kearah Link. Source: Lvl One Gaming/Youtubbe

Ada beberapa cara untuk mengalahkan final bos yang satu ini, sebelum itu kamu harus mengetahui jika mahluk yang satu ini memiliki 2 fase dalam pertarungan.

Fase Pertama

Fase 1 - Calamity Ganon
Fase pertama dari Calamity Ganon. Source: Lvl One Gamer/Youtube

Pada fase pertama dari pertarungan dengan Calamity, kamu bisa menembakkan Bomb Arrows atau Ancient Arrows padanya.

Walaupun tidak memberikan damage yang besar, menggunakan kedua jenis panah tersebut akan sedikit demi sedikit mengurangi HPnya.

Kamu juga bisa menggunakan Perfect Dodge atau Perfect Guard. Perfect Dodge memungkinkan kamu untuk melakukan satu set Flurry Rush dan beberapa serangan saat adegan slow motion.

Perfect Dodge bisa kamu gunakan saat Calamity mencoba untuk menyerangmu dengan pedang api besarnya. Jika dia memberi sabetan secara horizontal, meloncatlah kebelakang sebelum pedang mengenaimu.

Apabila dia memberi sabetan secara vertikal, kamu hanya perlu melompat kesamping. Dengan mengatur timing yang pas, kamu bisa mengalahkan Calamity dengan mudah.

Perfect Guard bisa kamu gunakan saat menghadapi serangan jarak dekat dari Calamity Ganon sekaligus saat dia menembakkan laser.

Namun, Perfect Guard memiliki resiko yang tinggi. Jika kamu melakukan satu kesalahan, maka kamu tidak akan memiliki pertahanan yang cukup dan akan terkena damage yang serius.

Fase Kedua

Fase 2 - Calamity Ganon
Fase kedua Calamity Ganon. Source: Lvl One Gamer/Youtube

Fase kedua dari Calamity Ganon akan terjadi saat setengah dari HP miliknya berkurang. Namun, jika pertarungan dimulai dengan HP yang sudah tersisa setengah, fase kedua akan dimulai saat HP tersisa seperempat.

Pada fase kedua, serangan menggunakan Bomb Arrows tidak akan memberikan damage apapun terhadap Calamity dan dia akan menjadi lebih agresif lagi dalam menembakkan lasernya.

Selain itu, Calamity Ganon juga akan melakukan serangan lainnya dimana dia akan melemparkan tombaknya kearah Link.

Saat terjatuh ketanah, Calamity akan membuat sebuah lingkaran berwarna biru disekitarnya. Jika berada didalam lingkaran tersebut, kamu akan terkena damage.

Ketika Calamity berhasil mendapatkan serangan, dia akan membutuhkan beberapa detik untuk memulihkan diri dan membuat ulang perisainya yang tak dapat ditembus.

Apabila Calamity menyerangmu dengan lasernya, cukup terus hindari saja. Hal ini karena serangannya dapat membuat perisaimu menghilang dan kamu akan cepat kehabisan perisai selama pertarungan ini.

Jaga jarakmu agar tetap dekat dengan Calamity, namun jangan terlalu dekat. Dengan berada didekatnya, Calamity akan mengeluarkan serangan jarak dekat.

Ketika dia mulai menyerang, aturlah waktu yang pas untuk melakukan Perfect Dodge. Terus lakukan ini hingga kamu berhasil mengalahkannya.

Nah, itulah artikel tentang profil dan cara untuk mengalahkan Calamity Ganon di Zelda: Breath of the Wild. Bagaimana menurutmu?


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

[wpforms id="61130"]