Gaya Gravitasi di Hyrule di Zelda Tears Of The Kingdom

Zelda Tears of the Kingdom

Siapa sih yang saat ini enggak gandrung sama lineup andalan Nintendo Switch yang satu ini? Sebagai sekuel dari titel Breath of the Wild (BOTW), Zelda Tears of the Kingdom (TOTK) terlampau sukses menarik perhatian komunitas gaming dunia.

Karena itu wajar bila berita-berita gaming yang berseliweran saat ini masih berkisar pada hal-hal yang berbau TOTK.

Salah satunya adalah kabar unik dari para gamersnya, yang bahkan sampai iseng menghitung mekanik fisika di dalam game-nya loh!

Nah buat yang penasaran mengenai kabar trivial ini, bisa banget simak liputannya berikut ini! Yuk langsung cekidot aja!

Baca juga: Rekomendasi Game Mabar Nintendo Switch, Seru Banget!

Franchise The Legend of Zelda

Perkembangan Zelda Hingga Sekarang
Perkembangan Zelda Hingga Sekarang. Sumber: Official Site

Tak perlu dipungkiri lagi, The Legend of Zelda adalah salah satu franchise permainan video game yang paling legendaris dan berdampak luas di industri ini.

Saking ikoniknya, Link sang karakter utama telah menjadi salah satu aspek budaya pop paling berpengaruh.

Dikembangkan dan dipublikasikan oleh Nintendo, franchise ini telah memikat jutaan pemain di seluruh dunia dengan cerita mendalam, karakter yang mengesankan, dan gameplay yang mengasyikkan.

Seperti yang sudah sedikit banyak dipaparkan di atas, inti dari waralaba ini berkisar pada petualangan Link yang bertujuan untuk menyelamatkan Putri Zelda. Yap, Zelda itu nama putrinya lho! Jangan sampai tertukar sebagai karakter utamanya ya!

Baca juga: Rekomendasi Game Zelda Terbaik 2023

Awal Mula dan Sejarah Zelda

Nintendo Switch Edisi Zelda Tears of the Kingdom
Nintendo Switch Edisi Zelda Tears of the Kingdom. Sumber: Official Site

Franchise The Legend of Zelda pertama kali diperkenalkan pada tahun 1986 dengan perilisan game pertamanya yang berjudul “The Legend of Zelda” untuk konsol Nintendo Entertainment System (NES).

Game ini dikembangkan oleh Shigeru Miyamoto dan Takashi Tezuka, yang kemudian menjadi salah satu ‘insignia’ dari industri game retro itu sendiri.

Dibalut dengan plot yang seru serta pemecahan teka-teki yang menantang, tidak sulit bagi waralaba ini untuk meraih kesuksesan besar.

Baca juga: Mengenal Zelda Tears of The Kingdom, Tuai Pujian!

Dunia Negeri Hyrule dan Karakternya

Salah satu daya tarik utama franchise The Legend of Zelda adalah dunia fiksinya yang magis dan mempesona, dikenal sebagai Negeri Hyrule.

Negeri Hyrule merupakan lingkungan fantasi dengan berbagai wilayah yang berbeda, termasuk padang rumput yang luas, hutan lebat, gurun tandus, dan gunung-gunung yang megah.

Setiap permainan dalam franchise ini menghadirkan versi unik dari Negeri Hyrule, dengan lokasi dan fitur khasnya sendiri.

Pemain dapat mengeksplorasi dunia ini dengan bebas, menemukan rahasia, dan menemui berbagai karakter yang beragam, termasuk makhluk magis dan ras unik.

Baca juga: Tears of the Kingdom: Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Zelda!

Mekanik Fisika dalam Game Zelda TOTK

Link sang tokoh utama
Link sang tokoh utama. Sumber: Official Site

Dengan semakin majunya teknologi digital saat ini, suatu game bisa benar-benar dirancang agar menyerupai dunia nyata.

Ini bertujuan agar para pemain bisa benar-benar tenggelam (immersed) di dalam realitas yang dihadirkan oleh game tersebut.

Maka wajar bila akhirnya banyak developer di luar sana, berlomba-lomba menghadirkan lineup game yang dirancang se-riil mungkin. Tidak terkecuali lineup terbaru Zelda Tears of the Kingdom.

Ini diwujudkan dengan keberadaan mekanika dan fisika (in-game mechanics and physics) yang mumpuni. Salah satunya adalah keberadaan faktor gaya gravitasi.

Nintendo selaku developer pihak pertama (first party) tentu juga menyertakan aspek ini. Terlihat ketika Link melompat dari pulau-pulau di atas awan, ia pun jatuh ke arah bawah.

Namun uniknya, bermodalkan aspek seadanya di dalam game, ada fans yang sampai menghitung gaya gravitasi di Hyrule loh!

Baca juga: Simak! Rumor Terbaru Sekuel The Legend of Zelda Breath of the Wild

Gaya Gravitasi Hyrule

Dilansir dari laman dualshockers.com, ada postingan di laman Reddit yang membahas secara rinci mengenai gaya gravitasi Hyrule.

Ini dilakukan oleh salah satu fans Zelda yang menghitungnya menggunakan rumus gravitasi bumi sungguhan!

Menurut postingan tersebut, gravitasi Hyrule tiga kali lebih besar dari gravitasi bumi, dengan besaran 28,2 m/s2!

Ini ia dapatkan setelah berkali-kali melakukan eksperimen di dalam game dengan melemparkan Link ke udara serta mengukur proyeksi dan jarak perpindahannya.

Laman itu juga turut memberikan link postingannya bagi mereka yang berminat mengkaji hitung-hitungan matematis-nya! Wah inisih terniat banget seperti nyusun skripsi!

Baca juga: 5 Game Nintendo Switch Lite Terbaik di 2023

Nah itu dia tadi artikel trivia mengenai Zelda Tears of the Kingdom.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!