5 Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Laptop dengan Mudah

Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Laptop

Apakah kamu pernah merasa bete ketika konekasi WiFi tiba-tiba lelet saat lagi asik-asiknya streaming video favorit di laptop? 

Tenang, tak perlu khawatir! Kamu bisa mencoba beberapa cara memperkuat sinyal WiFi di laptop melalui artikel ini.

Jadi, kamu bisa tetap produktif atau santai dengan hiburan online tanpa diganggu sinyal yang lemot. Yuk, simak terus artikelnya!

Baca juga: Tips Jitu untuk Push Rank di Mobile Legends

Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Laptop

Agar paham, berikut cara mempercepat sinyal WiFi di laptop yang perlu kamu coba. Di antaranya:

Letakkan Router dengan Laptop 

Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Laptop
Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Laptop. Sumber: Evanto Elements

Pertama, cara mempercepat sinyal WiFi di laptop adalah mendekatkan router dengan laptop. Biasanya, sinyal WiFi menjadi lemot disebabkan oleh posisi router yang terlalu jauh dengan laptop. 

Perlu diketahui, bahwa memposisikan router tak semudah membalikkan telapak tangan. Hal ini dikarenakan kabel sambungan internet ke router tidak panjang, sehingga router tak bisa diletakkan dengan bebas.

Namun, jangan khawatir jika router tak bisa diposisikan dengan bebas. Solusinya, kamu bisa menggunakan perangkat WiFi Repeater atau WiFi Extender.

Lalu, apa sih fungsinya? Sesuai dengan namanya, benda ini berguna untuk menghubungkan sinyal WiFi dari router secara wireless.

Perbarui Router dan Driver WiFi Laptop 

Selanjutnya adalah dengan memperbarui perangkat router dan driver di WiFi laptop. FYI, kekuatan sinyal WiFi juga dipengaruhi jenis router dan driver WiFi di laptop. 

Setiap jenis router punya standarnya sendiri, seperti jenis router 802.11ac lebih cepat dari standar sebelumnya, yaitu 802.11n dan 802.11g. Maka dari itu, mengganti router ke yang lebih baru bisa membuat sinyal makin kencang dan cepat. 

Selain itu, update driver WiFi di laptop juga penting untuk mempercepat koneksi. Sebab, driver yang lama bisa bikin sinyal jadi lemah.

Caranya mudah sekali untuk Windows 10, kamu bisa klik ikon Windows, lalu cari “Device Manager” di pencarian, pilih “Network Adapter”, klik kanan dan “Update Driver”. Selesai! 

Coba Network Reset dan Flushing DNS

Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Laptop
Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Laptop. Sumber: Evanto Elements

Melansir dari Tokopedia, Flushing DNS merupakan salah satu cara memperkuat sinyal WiFi di laptop. Dengan melakukan penyegaran DNS (domain name server), cache pada DNS laptop menjadi bersih sehingga bisa mengakses informasi yang diperbarui ketika ada perubahan data pada DNS baru. 

Cara ini dimaksudkan untuk mengatasi masalah koneksi internet yang tidak stabil dan lambat. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan flushing DNS, yaitu:

  • Buka Command Prompt dan klik kanan, lalu pilih Run As Administrator.
  • Ketik “ipconfig/flushdns” kemudian tekan Enter.
  • Setelah itu, ketik “ipconfig /renew” dan tekan Enter.
  • Tutup Command Prompt dan coba kembali akses internet kamu.

Ubah Pengaturan QoS

Secara otomatis, Windows membagi alokasi bandwith sebesar 20% untuk memenuhi kebutuhan Windows Update, sementara 80% bandwith untuk koneksi internet bagi sistem operasi Windows 8 ke atas.

Oleh sebab itu, salah satu caranya adalah dengan mengubah pengaturan ini, sehingga seluruh bandwith dapat digunakan sepenuhnya untuk keperluan internet kamu.

Berikut cara mudahnya, yaitu:

  • Klik Start dan Run, lalu ketikkan “gpedit.msc” (tanpa tanda kutip).
  • Pilih Local Computer Policy dan Computer Configuration, lalu pilih Administrative Templates.
  • Pilih Network, lalu QoS Packet Scheduler.
  • Pilih dua kali (double click) pada Limit Reservable Bandwidth.
  • Pilih menu Enable dan isikan nilai 0 pada bandwidth limit.
  • Klik Apply dan Restart komputer. Selesai! 

Hindari Gangguan Frekuensi 

Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Laptop
Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Laptop. Sumber: Evanto Elements

Terakhir, cara memperkuat sinyal WiFi di laptop adalah dengan menghindari gangguan frekuensi. Perlu diketahui, bahwa router dan beberapa alat elektronik di rumah mempunyai frekuensi yang sama, yaitu 2,4 GHz. 

Nah, hal tersebut bisa membuat gangguan terhadap sinyal WiFi. Jika kamu memiliki router yang lebih canggih, coba untuk mengganti frekuensinya ke 5 GHz.

Caranya mudah, cukup masuk ke alamat IP (Internet Protocol) router, kemudian ganti channel dari 2,4 GHz ke 5 GHz di tempat router beroperasi. 

Baca juga: Rumor Apple Watch X: Ini Bocoran Desain dan Fitur!

Nah, itulah beberapa cara mempercepat sinyal WiFi di laptop. Koneksi yang stabil dan cepat bisa bikin kerja atau hiburan kamu jadi lebih lancar, kan? Jadi, tak perlu lagi kesal gara-gara sinyal lemot atau ngadat. 

Oh iya, bagi kamu yang suka streaming atau main game online, pastinya ingin koneksimu lancar, kan? Jadi, sambil meenunggu sinyal WiFi makin kuat, yuk berlangganan Live Streaming App dan juga top up game murah & cepat di VCGamers Marketplace

Dengan koneksi yang oke dan harga yang terjangkau, serunya streaming atau main game jadi tak terganggu lagi. Ayo, jangan lewatkan kesempatan ini!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!