Cara Membuat Game di Roblox, Mudah Banget!

cara membuat game di roblox

Cara membuat game di roblox memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada beberapa hal yang harus kamu ketahui terlebih dulu sebelum membuat game sendiri.

Roblox adalah platform game online dan alat untuk pengembangan game yang dibuat oleh Roblox Corporation. Hal ini memungkinkan pengguna untuk membuat game dan memainkan game yang dibuat oleh orang lain. 

Artikel ini adalah panduan tentang cara membuat game di roblox dan topik terkait lainnya yang harus kamu ketahui di dalam platform ini. 

Platform tersebut memungkinkan pengguna untuk mengembangkan game mereka sendiri yang dapat dimainkan oleh pengguna lain dengan menggunakan mesinnya sendiri, Roblox Studio. 

Bahasa turunan Lua yang disebut Luau digunakan untuk membuat game (lebih sering disebut oleh perusahaan sebagai “pengalaman”). 

Kamu dapat membuat konten yang dapat dibeli melalui pembelian satu kali yang disebut “game pass” dan transaksi mikro yang dapat dilakukan berulang kali dan disebut sebagai “produk pengembang” atau “produk”. Lantas, seperti apakah cara membuat game di roblox? 

Baca juga: Siapa yang Menciptakan Roblox? Inilah Penjelasan Lengkapnya!

Cara Membuat Game di Roblox

cara membuat game di roblox
Mmebuat game Roblox. Sumber: Youtube.

Untuk membuat game sendiri, silahkan ikuti langkah-langkah berikut; 

  1. Klik Buat di bilah atas situs web. 
  2. Jika belum disorot, pilih Pengalaman di menu Kreasi Saya.
  3. Klik Buat Pengalaman Baru.
  4. Pilih pengaturan dan opsi templat untuk kreasi kamu sendiri. 
  5. Terakhir, klik Create Experience. Kamu dapat kembali ke halaman Buat sebelumnya dengan melakukan ini. 

Jika mau, kamu dapat langsung membagikan game kamu, atau kamu dapat menunggu hingga selesai mengerjakannya. Klik tombol Edit di sebelah kanan entri pengalaman baru di daftar Pengalaman untuk mulai membangun. 

Kamu dapat membuat pengalaman baru kapan saja, tetapi pengalaman tersebut tidak akan tersedia untuk pemain lain hingga dipublikasikan dengan menggunakan proses “Jadikan Pengalaman Publik”.

Kamu dapat memilih untuk menjadikan pengalaman publik atau pribadi. Lihat metode yang disebutkan lebih lanjut dalam artikel ini untuk melakukannya.

Nah, kamu bisa membuat game kamu menjadi publik atau hanya bersifat pribadi. Ada dua metode yang dapat diikuti pengguna untuk menjadikan game Roblox kamu menjadi publik atau pribadi. 

Baca juga: Cara Trade di Roblox, Kenali Sistem dan Mekanismenya!
cara membuat game di roblox
Membuat game di dalam platform Roblox. Sumber: Youtube.

Metode satu bisa kamu ikuti seperti di bawah ini;

  1. Klik Buat di bilah atas situs web. 
  2. Jika belum disorot, klik Pengalaman di tab Kreasi Saya. 
  3. Untuk beralih di antara dua status, temukan tempat yang ingin kamu jadikan publik atau pribadi dan klik simbol abu-abu atau hijau di bawah judul tempat.

Metode kedua adalah sebagai berikut;

  1. Buka halaman pengalaman kamu.
  2. Untuk mengakses menu pengaturan pengalaman, klik ikon tiga titik. 
  3. Pilih apakah kamu ingin menyesuaikan tempat ini atau pengalaman ini. 
  4. Terlepas dari apa yang kamu pilih pada langkah sebelumnya, klik tab Pengaturan Dasar di layar yang dihasilkan. Jika belum disorot. 
  5. Pilih antara Publik dan Pribadi di bawah Privasi.

Setiap pengguna akan dapat mengamati dan berpartisipasi dalam pengalaman jika bersifat publik (ikon hijau). Kecuali jika itu adalah pengalaman grup, dalam hal ini hanya kamu dan pengembang yang ditunjuk (dengan izin edit peringkat dan pengalaman yang diperlukan) yang dapat memainkan pengalaman tersebut. 

Pribadi (simbol hijau) akan mencegah siapapun selain kamu untuk melihat atau memainkan pengalaman tersebut. Silakan merujuk ke artikel bantuan di Roblox untuk detail tambahan pengalaman grup. 

Menurut Roblox Studio , semua pengguna bebas membuat pengalaman sebanyak yang mereka inginkan, tetapi setiap akun hanya diperbolehkan memiliki 200 pengalaman yang dapat dimainkan secara publik yang tersedia pada saat tertentu. 

Sebanyak 20 juta game dibuat setiap tahun menggunakan Roblox Studio, sebagian besar dibuat oleh anak-anak. Nah, seperti itulah tadi cara membuat game di roblox yang bisa kamu ikuti.

Baca juga: Cara Membuat Template Baju Roblox, Catat Ini!

Jangan lupa untuk top up Robux hanya di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!