Borderlands 3 Mendapatkan Crossplay Penuh di PS

Borderlands 3

Hal ini mungkin memakan waktu lebih dari setahun, tetapi pemain Borderlands 3 di PlayStation akhirnya merasakan crossplay. Pada tahun 2021, Gearbox memperkenalkan crossplay penuh untuk game di seluruh mode co-op-nya.

Sayangnya, pemain PlayStation dibatasi, yang telah terjadi dengan beberapa game lain di masa lalu. Mulai kemarin, pembatasan telah dicabut, dan itu bisa menjadi pertanda hal-hal tertentu akan segera datang.

Crossplay adalah salah satu fitur yang paling dicari dalam video game saat ini seiring dengan munculnya berbagai konsol. Sementara setiap pemain memiliki preferensi pribadi, tuntutan mereka adalah kemampuan untuk bermain dengan dan melawan satu sama lain terlepas dari sistem yang digunakan.

Banyak game semakin diluncurkan dengan crossplay, dan Borderlands 3 menerima perlakuan serupa di seluruh mode co-op-nya. Hanya ada satu pengecualian, dengan Sony membatasi crossplay di konsol mereka, yang kini telah berubah.

Borderlands 3 Dapat Crossplay di Konsol PlayStation

Borderlands 3
Game PS Borderlands 3

Sony menjaga fitur crossplay terkunci di konsol mereka bukanlah hal baru. Ada game lain dengan aspek gameplay online yang jauh lebih banyak daripada Borderlands 3, yang memiliki batasan crossplay di masa lalu.

Nama terbesar, misalnya, adalah Fortnite. Game battle royale ikonik Epic menawarkan permainan silang antara perangkat genggam dan konsol.

Sayangnya, pengguna PlayStation tetap berada di luar lingkaran dan harus bermain di antara mereka sendiri. Insiden serupa terjadi dengan Rocket League, tetapi mulai hari ini, kedua game telah mengaktifkan crossplay.

Kebetulan, Tiny Tina’s Wonderlands dirilis dengan crossplay penuh pada 25 Maret tahun ini, yang juga dikembangkan Gearbox. Selama perilisan game itu, CEO Randy Pitchford mengumumkan bahwa Borderlands 3 mendapatkan crossplay adalah sesuatu yang dia anggap “tak terelakkan.”

Dengan perkembangan terbaru yang terjadi dalam arah yang sama, ini dapat menyebabkan perubahan penting dalam waktu dekat. Pertanyaan terbesar yang muncul adalah apakah semua video game akan memiliki crossplay di PlayStation di masa depan.

Jawaban konkretnya adalah sesuatu yang hanya diketahui oleh Sony. Video game secara umum semakin bergeser ke arah full crossplay. Potensi dan ruang lingkupnya meningkat, terutama ketika game memiliki aspek multiplayer hardcore.

Baca juga: Rekomendasi Headset Xbox One Terbaik Akhir Tahun
Borderlands 3
Game PS Borderlands 3

EA Sports, yang seri FIFA-nya tidak menampilkan crossplay, dikabarkan sedang mempertimbangkan untuk mengadopsinya dalam judul mereka yang akan datang. eFootball, respon Konami terhadap penggemar sepak bola, sudah memiliki fitur crossplay di kedua konsolnya.

Dalam kasus terakhir, PlayStation tidak menunjukkan banyak batasan untuk adopsi crossplay di konsol mereka. 

Perang konsol pasti dibumbui dalam beberapa bulan terakhir, dengan kebijakan dual-SKU Xbox menghasilkan emas. Namun, Sony telah mengumumkan PS Plus yang diperbarui, yang akan bersaing dengan Xbox Game Pass. Jelas, kedua raksasa game telah menunjukkan kesediaan mereka untuk saling berhadapan.

Keputusan Sony untuk membatasi crossplay mungkin telah membuahkan hasil di tahun-tahun sebelumnya, tetapi lanskap game berubah dengan cepat. Saat kemampuan perangkat keras meningkat, pemain ingin batasan seperti itu dihapus karena mereka bertindak sebagai penghalang untuk bermain dengan teman.

Baca juga: 10 Permasalahan di Xbox Series X S dan Cara Mengatasinya

Borderlands 3 sekarang mendapatkan crossplay di PlayStation dapat menunjukkan potensi kedatangan lebih banyak perubahan. Terlepas dari apa yang diyakini Sony sebelumnya, zaman modern membutuhkan perubahan kebijakan. Tidak mengherankan jika mereka akan lebih terbuka untuk crossplay di seluruh konsol di masa depan.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!