Arti META dalam Game, Biar Nggak Bingung!

Arti Meta (1)

Mungkin bagi kamu sering mendengar istilah META dari teman-temanmu yang bermain game MOBA. Mungkin juga, kamu bertanya-tanya mengenai arti META itu sendiri.

Sebenarnya, bukan hanya META saja yang familiar bagi para gamers. Akan tetapi, banyak sekali istilah-istilah yang mungkin masih asing bagi beberapa gamers lain.

Dari sekian banyaknya istilah asing di dunia games, salah satu yang akan dibahas adalah META.

Bagi kamu yang penasaran banget, ada baiknya untuk mengetahui dulu arti META. Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai META.

Baca juga: Gini Loh Cara Counter META Granat di Free Fire!

Apa itu Arti Meta?

arti meta (2)
Melissa (Source: mlbbdesign.com)

Perlu diketahui loh, kalo META ini hanya ada di game yang berjenis MOBA saja. Tetapi, kamu bisa menemukannya di game FPS, Battle Royale, RPG dan masih banyak jenis game lainnya.

Seperti misalnya pada game Mobile Legends, DOTA 2, Free Fire, League of Legends, Street Fighter, Hearthstone dan masih banyak lagi.

Kata META sudah tak asing terdengar jika game tersebut mengalami sistem update, seperti misalnya karakter, item hingga strategi yang digunakan dalam game tersebut.

META adalah akronim dari Most Effective Tactics Available atau taktik efektif yang dilakukan player untuk meraih kemenangan dalam sebuah match.

Pasti banyak yang bertanya-tanya juga, mengapa META ini hadir dalam sebuah game?

Jawabannya yaitu karena developer tak sengaja melakukan sistem update pada game tersebut.

Seperti adanya peningkatan karakter, adanya buff, upgrade skill, dan lain-lain sehingga karakter tersebut menjadi lebih kuat.

Baca juga: Apakah Item Baru Mobile Legends Mempengaruhi Meta? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Pencetus META dalam Game

Mungkin masih ada yang belum tanya tentang siapa pencetus META. Istilah ini disebut pertama kali muncul tahun 1960-an oleh seorang ilmuwan bernama Nigel Howard.

Pada masa itu, Nigel Howard membuat sebuah konsep dalam game yang bergenre strategi serta game perang yang bernama META dan saat itu disebut dengan metagame.

Metagame ini merupakan sebuah teori, lho. Disini, pemain harus memenangkan pertandingan atau harus menyelesaikan sebuah misi yang ada dalam game tersebut dengan menggunakan teknik yang harus dilakukan.

Dalam dunia kemiliteran pun, Nigel menjabarkan bahwa Metagame ini bisa sebagai upaya setiap negara dalam menggunakan senjata sehingga mereka bisa memenangkan pertempuran.

Hingga saat ini, arti META selalu berkembang mengikuti zaman. Seperti misalnya, dalam papan game (board game) ialah suatu teknik untuk merubah set atau fungsi pada game demi memberikan kepuasan untuk pemain.

Namun, beberapa game besar mengartikannya untuk menggunakan karakter, weapon, item, elemen yang memiliki kekuatan.

Dengan menggunakan META, maka akan memudahkan bagi setiap pemain untuk memenangkan pertandingan.

Meta pada sebuah game juga memiliki makna yang berbeda-beda juga, semuanya tergantung elemen pada gameplay-nya.

Baca juga: Semua yang Perlu Kamu Tahu Tentang Meta Ciki di MLBB

META dalam Game

arti meta (1)
Arlott (Source: Kontan/Lifestyle)

Nah, META ini bisa kamu temui di beberapa genre game. Seperti MOBA, Battle Royale hinga Fighting Game.

Berikut ulasannya:

MOBA

Yang pertama adalah game dengan genre MOBA. Salah satunya adalah pada game Mobile Legends, META ini menjadi sebuah faktor atau jurus kemenangan untuk mencapai sebuah WIN.

META juga bisa menggunakan hero yang sangat powerfull/operpower (3) dan berdamage parah.

Dengan keunggulan META, para pemain memanfaatkannya dengan menggunakan hero yang dianggap masuk META.

Mooton ialah strategi yang dilakukan pemain untuk memperoleh WIN. META yang digunakan dengan dua mage atau dua tan

Battle Royale

Di dalam PUBG Mobile atau Call of Duty Mobile ini yang berarti menggunakan senjata terkuat untuk melawan musuh secepat kilat terutama di awal game.

Bisa juga melakukan strategi dalam melakukan pencarian musuh di tempat yang sangat ramai sehingga pemain bisa meraih “Chicken Dinner” di PUBG Mobile.

Card Game

Seperti Yu-Gi-Oh dan Heartstone dimana pemain melakukan strategi yaitu melakukan set deck kartu terkuat di waktu tertentu.

Fighting Game

Dalam Super Smash ataupun Street Fighter, META bisa ditentukan dengan karakter terkuat atas update yang dilakukan saat itu juga.

Baca juga: Hero Meta Season 28, Pilih Favoritmu!

Ikuti terus informasi games terbaru hanya di VCGamers News!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!