Rekap SEA Games 2023: Perjalanan Indonesia Jadi Juara Umum

Rekap Sea Games Esport

SEA Games 2023 yang diselenggarakan di Kamboja telah dimulai sejak hari jumat tanggal 5 Mei hingga tanggal 17 Mei 2023 lalu. Terdapat sejumlah cabang yang membawa pulang medali untuk Indonesia dan kita akan mengulas tentang rekap SEA Games 2023 untuk cabang olahraga Esports.

SEA Games cabang olahraga Esport kita ketahui sudah digelar pada tanggal 6 sampai 15 Mei di Olympia Mall dan Nagaworl 2, Kamboja.

Timnas Indonesia berpartisipasi pada 6 jenis Esport yaitu CrossFire, Valorant, Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) wanita dan MLBB pria, PUBG Mobile Solo dan PUBG Mobile Team.

Terdapat dua nomor esports yang tidak Indonesia ikuti yaitu League of Legends Wild Rift dan Attack Online.

Pada SEA Games 2023 ini, sebanyak 40 atlet yang berpartisipasi dalam 6 nomor Esport tersebut telah dikirim Indonesia untuk berkompetisi dengan negara-negara SEA yang lain.

Baca juga: Game yang Dipertandingkan di Esport SEA Games Kamboja 2023

Rekap Hasil SEA Games Esport 2023

Dalam SEA Games 2023 pada cabor esports ini Indonesia keluar menjadi juara umum. Hal ini tentunya merupakan prestasi membanggakan.

Berikut rekapnya yang perlu kamu ketahui:

Mobile Legends Bang Bang Women

Hasil Rekap SEA Games 2023 MLBB Women
Hasil Rekap SEA Games 2023 MLBB Women. Source: Mobile Legends: Bang Bang/Youtube

Setelah sempat disudutkan oleh Filipina di Grand Final, Timnas Mobile Legends Bang Bang Women Indonesia berhasil mencatat sejarah dengan membawa pulang medali emas pertama mereka.

Laga final yang digelar pada pukul 16.30 GMT+7 memberi angin segar pada Timnas Indonesia, mereka berhasil comeback dari sistem BO5. Berhasil mengubah skor menjadi 3-2, Timnas Indonesia akhirnya bisa membawa pulang Medali Emas.

Mobile Legends Bang Bang Men

Hasil Rekap SEA Games MLBB Men
Hasil Rekap SEA Games MLBB Men. Source: Mobile Legends: Bang Bang/Youtube

Berbanding terbalik dengan timnas putri, timnas putra Indonesia justru harus menelan pil pahit akibat kalah berturut-turut dalam dua laga melawan Myanmar dan Kamboja.

Pertandingan perdana antara Indonesia melawan Kamboja berakhir dengan skor 0-1. Hal ini juga kembali terulang saat laga kedua melawan Myanmar dengan hasil akhir skor 0-1.

PUBG Mobile Team

PUBGM Team
Hasil Rekap SEA Games PUBG Mobile Team. Source: PUBG MOBILE Indonesia/Youtube

Pada cabor E-Sport PUBG Mobile Team, timnas INA 2 berhasil mempersembahkan medali emas untuk Indonesia dan menempati klasemen teratas dari babak final dengan perolehan total 157 poin.

Disisi lain, timnas INA 1 harus berpuas diri berada di peringkat kelima dengan perolehan 100 poin saja.

PUBG Mobile Solo

Hasil Rekap SEA Games PUBG Mobile Solo
Rekap PUBG Mobile Legends Solo. Source: PUBG MOBILE Indonesia/Youtube

Pada pertandingan PUBG Mobile Solo, Indonesia berhasil meraih medali perak. Pertandingan PUBG Mobile Solo ini berakhir dengan urutan SkyNin (Kamboja), Satar (Indonesia), Parajin (Vietnam), dan Barode (Filipina) di empat besar.

Uniknya, pemain timnas bernama asli Alan Raynold Kumaseh ini ternyata pernah meraih medali yang sama di kompetisi SEA Games ke-31 di Vietnam pada tahun 2021 lalu.

Valorant

Hasil Rekap SEA Games Valorant
Hasil Rekap SEA Games Valorant. Source: Valorant Esport Indonesia/Youtube

Pertandingan Valorant antara Indonesia dengan Singapura sempat mengalami drama yang pelik. Timnas Indonesia mengajukan technical pause dengan alasan bahwa Singapura diduga melakukan kecurangan dengan memanfaatkan bug Cyper.

Hal ini membuat pertandingan di map ke-2 harus diberhentikan sementara. Setelah melalui perdebatan panjang dengan tim Singapura dan panitia SEA Games 2023, timnas Valorant Indonesia memutuskan untuk tidak melanjutkan pertandingan.

PBESI (Pengurus Besar Esport Indonesia) menyatakan bahwa mereka menemukan timnas Singapura melakukan kecurangan bug camera Agent Cypher saat di Map Split.

Timnas Singapura diduga memanfaatkan bug camera Agent Cypher sebanyak 3 kali hingga babak 8 dimana timnas Indonesia mengajukan keberatan atas hal ini.

Setelah proses yang cukup panjang, timnas Singapura diputuskan berbagi medali emas untuk kompetisi e-sport Valorant dengan timnas Indonesia.

CrossFire

CrossFire
Hasil Rekap SEA Games CrossFire. Source: CrossFire – Việt Nam/Youtube

Untuk nomer pertandingan CrossFire sendiri, timnas Indonesia harus berpuas diri dengan meraih medali perak setelah dikalahkan oleh Vietnam.

Skor akhir dari pertandingan yang diadakan selama 3 babak ini berakhir dengan skor 3-0.

Baca juga: Singapura Diduga Curang, Timnas Valorant Indonesia Juara Bersama SEA Games 2023

Itulah ulasan rekap hasil perjuangan timnas Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja. Dari 6 nomor pertandingan E-Sport diatas, mana nih yang merupakan favoritmu?

Ikuti terus informasi esports terbaru hanya di VCGames News ya. Jangan lupa, Top Up Game Murah, Cepat dan Aman hanya di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!