5 Aplikasi Foto Bergerak (GIF) Terbaik untuk Android

Contoh Fitur Foto Bergerak Tenor Keyboard

Aplikasi foto bergerak merupakan aplikasi yang menawarkan jasa untuk membuat, mengirim, dan mengubah foto bergerak yang memiliki format GIF.

Kali ini, VCGamers akan membahas tentang aplikasi foto bergerak terbaik yang bisa kamu unduh melalui Play Store. Sebelumnya, yuk simak apa itu foto bergerak atau GIF di bawah ini!

Baca Juga: 7 Game VR Android Terbaik di Google Play Store

Apa Itu Foto Bergerak / GIF?

Aplikasi Foto Bergerak Nyan Cat
GIF Terkenal Bernama Nyan Cat. Sumber: DeviantArt/MinecraftRulz2017

Seperti namanya, foto bergerak merupakan format gambar yang bisa bergerak ketika digunakan untuk berbagai konteks. Salah satu situasi yang tepat untuk menggunakan GIF adalah ketika kamu berbicara atau chatting dengan orang lain di media sosial.

Mayoritas media sosial ini mendukung adanya pengiriman foto bergerak. Sebagai contoh, kamu bisa mengirim foto bergerak di media sosial Twitter, Instagram, dan juga WhatsApp.

Untuk mengirim foto bergerak dalam media sosial, kamu harus memiliki foto bergerak yang dengan format GIF. Kamu bisa membuat foto bergerak dengan aplikasi foto bergerak yang tersedia di Play Store dengan smartphone Android.

Baca Juga: 6 Game Android Horror Asli Buatan Indonesia

Rekomendasi Aplikasi Foto Bergerak / GIF

Berikut ini adalah rekomendasi aplikasi foto yang bisa kamu Unduh di playstore semua aplikasi yang tertera di artikel ini bisa kamu unduh secara gratis. Setiap aplikasi memiliki fungsinya masing-masing, namun fokus utamanya adalah untuk membuat GIF.

GIPHY: GIF & Sticker Keyboard

Contoh Fitur GIPHY
Contoh Fitur GIPHY. Sumber: Play Store

GIPHY merupakan aplikasi GIF yang bisa kamu gunakan di smartphone Android. Melalui Play Store, kamu bisa mengunduh aplikasi ini dan mencari berbagai macam GIF yang tersedia.

Aplikasi ini menyediakan ribuan GIF yang bisa kamu gunakan untuk berbagai media sosial seperti Facebook Messenger, Instagram, WhatsApp, dan lain-lain.

Tidak hanya untuk memilih GIF dan mengirimkannya, kamu juga bisa membuat sendiri GIF dan stiker dengan kamera atau dengan mengunggahnya sendiri dari folder Android.

Baca Juga: 5 Game FPS Paling Seru untuk Android dengan Mode Multiplayer

GIF Maker, GIF Editor

Aplikasi Foto Bergerak GIF Maker GIF Editor
Contoh GIF Maker, GIF Editor. Sumber: Play Store

GIF Maker & Editor memberikan berbagai fitur sebagai aplikasi gambar bergerak. Sebagai contoh, kamu bisa mengubah video clip dan sejumlah gambar yang berbeda menjadi gambar bergerak dengan format GIF.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa membuat GIF dengan kamera smartphone Android. Setelah merekam video, kamu bisa mengubahnya menjadi GIF dengan aplikasi ini.

Terdapat banyak pilihan ketika melakukan edit terhadap GIF, seperti crop, speed, emoji, resize, trim, undo, redo, dan banyak pilihan lainnya.

Menurut halaman resmi GIF Maker & Editor di Play Store, kamu bisa mengunggah hingga 400 gambar dan 50 frames per detik untuk menjadi GIF dengan kualitas tinggi tanpa watermark.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Folder yang Terhapus di Android

GIF Maker, Video To GIF

Aplikasi Foto Bergerak GIF Maker Video to GIF
Aplikasi Foto Bergerak GIF Maker Video to GIF. Sumber: Play Store

Aplikasi bernama GIF Maker Video to GIF mirip dengan aplikasi sebelumnya. Namun, tampilan atau UI aplikasi ini lebih berbeda. Meskipun berbeda, GIF Maker Video to GIF tetap memiliki fitur yang sangat berguna ketika ingin membuat gambar bergerak.

Opsi pengubahan format sangat variatif. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengubah video, foto, kamera, hingga screen record menjadi GIF.

Uniknya, proses pembuatan dan edit GIF dalam aplikasi ini mirip dengan aplikasi edit video profesional. Terdapat opsi filter warna dan penyesuaian warna ketika kamu membuat GIF dan fitur tersebut menjadi nilai plus.

Semua bisa kamu lakukan melalui GIF Maker Video to GIF dengan mengunduhnya di Play Store. Ulasan aplikasi ini sangat tinggi yakni mendapatkan 4,8 bintang dari sekitar 7 ribu ulasan.

Aplikasi Foto Bergerak: Gif Me! Camera

Contoh GIF Me Camera
Contoh GIF Me Camera. Sumber: Play Store

Aplikasi bernama GIF Me! Camera adalah aplikasi yang fokus terhadap pembuatan GIF. Sama seperti aplikasi sebelumnya, kamu bisa membuat GIF dengan kamera.

Pembuatan GIF dari kamera akan menghasilkan sequence atau stop motion. Tidak hanya itu, kamu juga bisa import video, foto (lebih dari 150 foto), GIF dari folder, dan juga GIF dari jasa online seperti Tenor.

Selain pembuatan GIF, terdapat fitur edit yang bisa kamu gunakan untuk mengubah kecepatan, memberikan text, border, sticker, hingga mengaplikasikan filter terhadap foto yang bergerak tersebut.

GIF Keyboard by Tenor

Contoh Fitur Foto Bergerak Tenor Keyboard
Contoh Fitur Foto Bergerak Tenor Keyboard. Sumber: Play Store

Melalui GIF Keyboard dari Tenor ini, kamu bisa melihat berbagai GIF atau video yang bisa merepresentasikan ekspresi yang ingin kamu sampaikan terhadap teman chatting melalui media sosial di keyboard yang sudah kamu install.

Dengan keyboard ini, kamu bisa memilih GIF dan langsung mengirimnya kepada teman. Terdapat tiga fitur utama yang bisa kamu manfaatkan, yakni mengirimkan GIF atau video langsung dari keyboard.

Lalu, terdapat juga jutaan GIF dan video yang bisa kamu pilih melalui Tenor. Karena banyaknya pilihan tersebut, maka terdapat fitur kategori yang bisa mempermudah pencarian GIF.

GIF Keyboard dari Tenor bisa kamu unduh melalui Play Store. Setelah install, kamu bisa mengganti keyboard di menu setting smartphone Android masing-masing.

Demikian pembahasan mengenai aplikasi foto bergerak yang bisa kamu gunakan di smartphone Android, semoga bermanfaat!

Penuhi segala kebutuhan transaksi game dan kebutuhan lainnya hanya di VCGamers Marketplace dan nikmati promo yang masih tersedia.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!