Apakah Elden Ring Crossplatform? Ini Jawabannya!

Apakah Elden Ring Crossplatform

Elden Ring adalah salah satu game terpopuler saat ini. Salah satu fitur yang sering ditanyakan adalah apakah Elden Ring Crossplatform?

Adanya fitur Crossplatform dalam sebuah game dinilai sebagai fasilitas yang sangat berguna. Terlebih jika kamu tidak memiliki perangkat atau konsol game yang sama dengan teman bermainmu.

Artikel kali ini akan membahas tentang apa itu Crossplatform dan apakah fitur yang satu ini sudah ada di Elden Ring? Simak selengkapnya dalam artikel dibawah ini, ya!

Baca juga: Fitur Cross Progression Apex Legends, Apakah Ada?

Crossplatform

Apakah Elden Ring Crossplatform
Crossplatform menyatukan pemain dari berbagai konsol game. Source: TheGamer/Youtube

Fromsoftware sebagai pengembang game Elden Ring merilis game ini pada berbagai konsol game seperti PS4, PS5, Xbox One, Xbox seri X dan S, serta Windows.

Dengan daftar yang cukup banyak tersebut, banyak penggemar game ini yang mengharapkan adanya fitur Crossplatform.

Untuk para gamers, Crossplatform adalah salah fitur yang sangat berguna. Terutama untuk mereka yang suka bermain game bersama dengan orang lain.

Crossplatform adalah sebuah fitur yang memungkinkan kamu untuk memainkan sebuah game dengan orang lain dari perangkat atau konsol game yang berbeda.

Misalnya, kamu memiliki konsol game PlayStation 4 dan temanmu memiliki Xbox One. Meskipun perangkat gamenya berbeda, kamu masih bisa memainkan sebuah game bersama.

Baca juga: Kumpulan Kreasi Karakter Elden Ring Unik, Keren Banget!

Apakah Elden Ring Crossplatform?

Apakah Elden Ring Crossplatform - Gameplay Elden Ring
Gameplay mode multiplayer di Elden Ring. Source: TheGamer/Youtube

Meskipun Elden Ring adalah game yang memiliki fitur Co-Op multiplayer, sayangnya game yang satu ini tidak mendukung fitur Crossplatform.

Kamu masih bisa memainkan game ini bersama-sama dengan temanmu. Namun, kalian hanya bisa memainkannya dengan menggunakan perangkat atau konsol game yang sama.

Misalnya, jika kamu bermain menggunakan PC dan kamu ingin mengundang temanmu untuk bermain bersama, maka temanmu hanya bisa ikut bergabung jika dia bermain menggunakan PC juga.

Meskipun tidak mendukung fitur Crossplatform, kamu masih bisa bermain bersama temanmu dalam mode Co-Op atau kompetitif dengan Cross-Genplay.

Cross-Genplay memungkinkan kamu untuk bermain bersama orang lain apabila kalian memiliki konsol game dari generasi yang sama.

Misalnya, kamu dan temanmu bisa memainkan Elden Ring dari PS4 dan PS5 karena mereka sama-sama berasal dari PlayStation.

Baca juga: Mohgywn Palace Elden Ring, Lokasi yang Cocok untuk Grinding

Bagaimana Cara Menggunakan Fitur Multiplayer di Elden Ring

Mode multiplayer Elden Ring
Cara mengaktifkan mode multiplayer di Elden Ring. Source: TheGamer/Youtube

Untuk menggunakan fitur multiplayer di Elden Ring, kamu harus memiliki konsol game dengan versi atau merek yang sama.

Berikut adalah cara untuk mengaktifkan fitur multiplayer di Elden Ring:

  • Selesaikan tutorial dasar dari Elden Ring;
  • Pilih mode “Multiplayer” dari menu yang ada didalam game’
  • Selesai, kamu sudah bisa memainkan game ini bersama temanmu

Sebagai catatan, untuk bisa menggunakan fitur multiplayer kamu perlu memastikan konsol game milikmu dan temanmu harus terkoneksi dengan internet dan server game.

Baca juga: Elden Ring DLC: Tanggal Rilis, Spekulasi Plot, dan Bocoran

Apakah Ada Kemungkinan Elden Ring Merilis Fitur Crossplatform?

Crossplatform
Peluang penambahan fitur Crossplatform di Elden Ring. Source: TheGamer/Youtube

Adanya fitur Crossplatform pada game online saat ini bukanlah sebuah hal yang baru atau masih jarang ditemukan. Banyak game populer yang telah menggunakan fitur ini dalam gamenya.

Saat ini belum ada tanda-tanda atau petunjuk yang memberikan kejelasan tentang kemungkinan penambahan fitur Crossplatform di Elden Ring.

Hal ini dilihat dari game-game sebelumnya seperti Dark Soul dan Bloodborne yang juga tidak memiliki fitur Crossplatform didalamnya.

Namun, bukan berarti penambahan fitur yang saat ini tidak mungkin terjadi sama sekali. Saat ini, kita hanya bisa berharap agar FromSoftware mau menambahkan Crossplatform setelah melihat antusias penggemar pada fitur ini.

Baca juga: Tips dan Cara Mengalahkan Godfrey Elden Ring

Demikianlah informasi tentang apakah Elden Ring memiliki fitur Crossplatform. Menurutmu, apakah fitur ini cukup penting untuk dipertimbangkan oleh Software sebagai tambahan dalam game?

Kamu dapat mengunduh game ini di Steam. Buat kamu yang mau beli Saldo Steam Wallet murah dan aman, langsung saja ke VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!