5 Rekomendasi Game Catur Android Terbaik Sepanjang Masa!

Game Catur

Game catur android merupakan sebuah game yang mengusung permainan papan catur. Game ini biasanya dimainkan dua orang yang saling duduk berhadapan di dua bidak catur berbeda.

Awal mula kemunculannya sampai dengan sekarang, permainan catur di dunia nyata diidentikan dengan kecerdasan, serta daya fokus seseorang yang ada di atas rata-rata.

Untuk itu, banyak sekali fungsi permainan catur di android. Bentuk, serta sistemnya yang sama dengan yang di dunia nyata, akan mempermudahmu ketika ingin bermain, sekedar melepas penat setelah pulang bekerja, sampai kepada melatih fokus.

Namun, apakah Vicigers sudah mengetahui secara keseluruhan, mengenai rekomendasi game catur di android yang layak untuk dimainkan pada tahun 2024 ini?

Jika belum, artikel ini akan menjawab rasa penasaranmu. Karenanya, tanpa berbasa-basi lebih banyak, marilah kita masuk kedalam inti pembahasan. Simak baik-baik, agar tak ketinggalan informasinya. Cekidot!

Baca juga: 5 Rekomendasi Game Offline Gratis, Seru Abis!

Rekomendasi Game Catur Android Terbaik Sepanjang Masa

Game Catur Android
Game Catur Android. (Source: Jamberita.com/Google)

Inilah rekomendasi game catur versi VC Gamers. Di antaranya adalah:

Chess – Play and Learn

Chess - Play and Learn - Game Catur Android
Chess – Play and Learn. (Source: Chess.com/Google)

Pecinta game catur, merapat! Karena, game yang pertama ini, merupakan sebuah game android bertemakan catur yang sempat viral beberapa waktu lalu.

Tepatnya pada tahun 2021 silam, ada sebuah fenomena unik, dimana seorang bapak-bapak, dengan display name dewa kipas, dituduh curang oleh pro player chess di dalam streamingnya di Twitch. Sehingga, menimbulkan reaksi beragam dari netizen yang ada di Indonesia.

Untuk membuktikannya, Deddy Corbuzier melangsungkan pertandingan ulang, antara bapak dewa kipas dengan grand master catur Indonesia yang telah melanglang buana di dunia catur internasional, dalam rangka membuktikan keasliannya dalam bermain.

Walaupun pada akhirnya kalah, dewa kipas mengaku cukup lega karena dapat membersihkan namanya melalui tayangan langsung yang disaksikan oleh seluruh orang.

Tak tanggung-tanggung. Dirinya berhasil meraup 100 juta rupiah, walaupun gagal menang. Kamu masih bisa menyaksikan siaran ulangnya, dengan cara mengunjungi kanal Youttube Deddy Corbuzier.

Chess by AI Factory Limited

Chess by AI Factory Limited - Game Catur Android
Chess by AI Factory Limited. (Source: andro games/Youtube)

Game kedua, ada Chess by AI Factory Limited yang duduk pada peringkat tiga besar sebagai game catur terpopuler yang ada di Google Play Store.

Pada game ini, kamu bisa menikmati 12 mode, dengan beragam tingkat kesulitan. Di antaranya ada mode casual, pro, yang bisa disimpan di dalam cloud. Sehingga kamu tak khawatir, apabila harus memainkannya di device yang berbeda.

Lichess

Lichess - Game Catur Android
Lichess. (Source: Facebook Lichess/Google)

Tak hanya bermain dengan pengguna sekitar yang terkoneksi dengan satu jaringan yang sama, kamu juga bisa bermain secara online melawan 150.000 pemain aktif lainnya di game Lichess.

Menariknya, game ini tersedia untuk 80 bahasa yang berbeda. Menandakan, kamu bisa saja melawan player dari belahan dunia lainnya di waktu yang sama.

Tersedia juga versi berbayar atau premium dari Lichess yang akan menghilangkan iklan.

Play Magnus Chess

Play Magnus Chess
Play Magnus Chess. (Source: Magnus/Youtube)

Game ini didasarkan pada keahlian seorang pro player dari skena catur internasional bernama Magnus. Sehingga, memungkinkan kamu bermain melawan pikiran Magnus yang telah diimplementasi oleh sistem di dalam game.

CT-ART

CT-ART
CT-ART. (Source: Google Play Store)

CT-ART adalah salah satu game catur yang sangat mudah dijalankan oleh para pemula. Bukan tanpa sebab, game tersebut menyediakan tips dan trik, serta bantuan AI apabila kamu tak lagi menemukan cara untuk mengalahkan musuhnya.

Tercatat, ada 2.200 gerakan latihan dasar, 1.800 gerakan latihan tambahan, serta 50 modul topik catur, bagi kamu yang berminat mempelajarinya.

Baca juga: 5 Rekomendasi Game di Google Gratis, Cocok untuk Ngabuburit!

Top up game kesayanganmu hanya di VCGamers Marketplace. 


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!