5 Evolusi Sharingan Sasuke di Anime Naruto

Sharingan

Sasuke adalah salah satu main character yang ada di serial anime Naruto. Ia dikenal sebagai rival utama, dan juga sahabat karib Naruto di tim 7. Posisi mereka yang sama-sama dikucilkan oleh penduduk Desa Konohagakure, menjadikan mereke layaknya saudara kandung.

Uciha Sasuke juga terkenal akan kemampuan penguasaan Ninjutsu dan teknik bertarung nya yang luar biasa. Faktor utama nya  disebabkan oleh kemampuan visual dan indra yang diturunkan Otsutsuki, kepada Klan Uciha.

Pada artikel ini, kita akan mengulas lebih lanjut mengenai evolusi sharingan sasuke di anime Naruto, yang belum banyak diketahui oleh fans-nya. Yuk! disimak sampai habis, Cekidot!

Baca Juga: 5 Karakter Anime Terkuat, Ada Saitama dan Naruto!

Sharingan Satu Tomoe

Sasuke Sharingan Satu Tomoe
Sharingan Satu Tomoe. (Uciha Limbo/YouTube)

Pada serial anime Naruto, Sasuke kecil digambarkan sebagai karakter yang dingin dan pendiam. Ia lebih senang bertarung, serta meningkatkan kekuatannya.

Balas dendam untuk kematian keluarga, serta seluruh klan-nya adalah satu-satu nya tujuan hidup Sasuke pada kala itu.

Untuk menopang tujuan tersebut, ia mempunyai berbagai ninjutsu andalan, seperti Chidori, ataupun fire ball ninjutsu. Dari. banyak nya ninjutsu yang Sasuke kuasai, yang paling kuat adalah sharingan-nya.

Walaupun tak sekuat sharingan lain-nya, sharingan satu tomoe adalah tahap awal dari keseluruhan sharingan. Mata ini ia dapatkan pada saat pembantaian Klan Uciha.

Karena trauma yang begitu besar, sharingan satu tomoe, jarang sekali diaktifkan Sasuke. Ia baru mengaktifkannya kembali pada arc land of waves. 

Sharingan Dua Tomoe

Sharingan Dua Tomoe
Sharingan Dua Tomoe. (Source: Naruto Wiki Fandom/Google)

Sharingan dua tomoe merupakan tingkat lanjut mata sharingan satu tomoe yang dibuka Sasuke ketika dirinya kewalahan saat melawan Haku.

Kala itu ia tak mampu menandingi kecepatan Haku, sehingga terdesak, dan keselamatan nyawanya terancam.

Tanpa sadar, Sasuke pun membuka kekuatan sharingan dua tomoe, dan berhasil mengembalikan keadaan.

Kekuatan sharingan dua tomoe memungkinkan pengguna nya untuk meniru gerakan lawan, sampai dengan ninjutsu, serta taijutsu nya. Batas dari penggunaan sharingan ini adalah ketidakmampuan nya untuk meniru lawan yang menggunakan ninjutstu tipe kekkei genkai atau hiden.

Jika dibandingkan dengan Itachi, sang kakak, Sasuke hampir berhasil menyamai rekornya. Ia berhasil membuka sharingan dua tomoe pada saat gennin. Sedangkan Itachi, ketika berumur 8 tahun.

Sharingan Tiga Tomoe

Sasuke Sharingan Tiga Tomoe
Sharingan Tiga Tomoe. (Comic Vine/Google)

Kebangkitan sharingan tiga tomoe terjadi pada saat pertarungannya melawan Naruto di Lembah Akhir. Sasuke yang dalam keadaan terdesak, setelah Naruto lepas kendali dan berubah menjadi bijuu ekor satu, akhirnya dapat membuka sharingan tiga tomoe. Prosesnya hampir mirip dengan kejadian kebangkitan dua sharingan sebelumnya.

Kekuatannya memungkinkan Sasuke untuk mengimbangi Naruto yang sedang diselimuti chakra bijuu, dan mengeluarkan genjutsu yang kuat.

Mangekyou Sharingan

Mangekyou Sharingan Sasuke
Mangekyou Sharingan. (Greenscene/Google)

Sharingan tahap mangekyou adalah salah satu kekkei genkai yang terkuat pada serial anime Naruto. Untuk mengaktifkan sharingan ini, pengguna nya diwajibkan untuk membunuh keluarga terdekat nya sebagai persembahan.

Sasuke berhasil membangkitkan mangekyou sharingan, ketika ia berhasil membunuh Itachi, sang kakak. Kondisi itu juga ditambah dengan rasa frustrasinya mendengar penjelasan dari Obito, mengenai tujuan asli dari pembantaian yang dilakukan oleh Itachi dahulu kala.

Kekuatan nya tak hanya terbatas pada meniru skill ninja lain, namun, mangekyou sharingan juga dapat mengeluarkan amaterasu, api hitam abadi yang tak akan padam.

Terlebih lagi, kekuataan susanoo juga dapat diraih setelah mempunyai sharingan ini, membuat pengguna nya mempunya kekuatan yang tak dapat ditandingi.

Eternal Mangekyou Sharingan

Eternal Mangekyou Sharingan
Eternal Mangekyou Sharingan. (Daily Anime Art/Google)

Karena penggunaannya yang terlalu berlebihan, mangekyou sharingan akhirnya sampai pada batas pemakainnya.

Untuk mengatasi hal itu, Sasuke mentransplantasi sharingan milik Itachi, demi membangkitkan eternal mangekyou sharingan yang tak ada batas pemakaiannya.

Eternal mangekyou sharingan adalah tahap tertinggi dari rangkaian seri sharingan yang ada, dan hanya segelintir ninja yang membangkitkan nya. kekuatannya yang di luar batas wajar, mampu menabrak batas normal dari kekuatan ninja pada umumnya.

Rinnegan

Rinnegan
Rinnegan. (Source: Naruto Wiki Fandom/Google)

Sasuke mendapatkan rinnegan di mata kirinya setelah Hagoromo membagi setengah chakra yang ia miliki kepadanya, pada saat perang dunia ninja keempat. Dari rinnegan, Sasuke dapat mengendalikan ruang dan waktu, sesuai dengan keinginannya.

Tak sampai di situ, mulai dari genjutsu seperti tsukoyomi atau deva path pun dapat dilakukan Sasuke tanpa kendala yang berarti.

Dojutsu terkuat ini hanya dimiliki oleh beberapa orang saja, termasuk Sasuke dan Madara. Karena, tak sembarang ninja dapat menguasai mata ini.

Baca juga: 5 Pemilik Sharingan Terkuat di Naruto, Siapa Juaranya?

Nikmati berbagai promo menarik, dengan jaminan transaksi aman, cepat dan murah, untuk top up game kesayangan dan membeli produk digital hanya di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

[wpforms id="61130"]