4 Strategi Pemasaran Aplikasi Paling Ampuh, Lakukan Ini!

strategi pemasaran aplikasi

Strategi pemasaran aplikasi adalah salah satu pemasaran yang terasa seperti medan pertempuran yang panas dan kompetitif di pasar modern saat ini. 

Dengan banyaknya aplikasi saat ini, semua developer harus bisa bertahan dalam persaingan yang ketat. Banyaknya mode aplikasi membuat para pengguna pastinya hanya akan memilih yang terbaik.

Jika kamu adalah salah satu orang yang memiliki aplikasi, kamu harus tahu cara memasarkannya agar digunakan masyarakat. Jangan bingung harus mulai dari mana, ada beberapa strategi pemasaran aplikasi yang bisa kamu ikuti.

Daftar Strategi Pemasaran Aplikasi

Membuat sebuah aplikasi saat ini memang sudah biasa dilakukan, akan tetapi banyak yang tidak tahu cara pemasarannya. Untuk itu, kamu bisa mengikuti beberapa strategi pemasaran aplikasi di bawah ini.

Lakukan Kerjasama dengan Influencer

strategi pemasaran aplikasi
Kerjasama dengan Influencer. Sumber: Pexels.

Jika kamu adalah seorang pengguna Instagram atau Youtube, kamu pastinya akan melihat beberapa orang terkenal sering mempromosikan aplikasi. Kamu bisa melakukan kerjasama dengan mereka untuk mempromosikan aplikasimu.

Kuncinya adalah meneliti dan menemukan influencer yang terkait dengan ceruk aplikasi yang memiliki audiens yang mungkin tertarik menggunakan aplikasi yang kamu buat. 

Pada titik ini, kamu dapat dengan mudah mempromosikan aplikasi melalui media sosial atau memposting tautan ke artikel yang menjelaskan aplikasi. 

Strategi pemasaran aplikasi ini sudah sering sekali digunakan para Startup dalam mempromosikan aplikasi yang mereka buat. 

Dapatkan Lebih Banyak Ulasan

strategi pemasaran aplikasi
Review aplikasi sebagai strategi pemasaran aplikasi. Sumber: Pexels.

Gunakan survei untuk meningkatkan standar dan mendorong orang mengunduh aplikasi. Ambil perspektif pengguna aplikasi yang ingin mengunduh aplikasi baru, kamu harus mengunduh aplikasi dengan ulasan bagus dan mendapatkan 3 atau 4 bintang. 

Semakin baik ulasannya, semakin enggan pengguna mengklik “Instal” di perangkat mereka. Jika aplikasi tidak menerima tanggapan. Jika aplikasi kamu hanya mendapat peringkat 1 bintang, pengguna akan membutuhkan banyak waktu untuk berpikir atau bahkan ragu untuk mengunduh aplikasi. 

Bahkan, terdapat perbedaan pada aplikasi yang mendapatkan rating bintang 5, yang selanjutnya akan mempengaruhi keputusan pengguna untuk mengunduhnya. 

Fakta yang paling kuat adalah jika kamu memiliki peringkat rendah dengan sedikit atau bahkan ulasan negatif, tidak ada yang mau mengunduh aplikasi. 

Pastikan untuk memberikan notifikasi kepada pengguna aplikasi, minta ulasan dan penilaian saat mereka menggunakan aplikasi.

Beriklan di VCGamers News

strategi pemasaran aplikasi
Menggunakan web untuk promosi aplikasi. Sumber: Pexels.

Salah satu strategi pemasaran aplikasi adalah dengan beriklan di website seperti VCGamers News.

Dengan segmentasi pembaca yang lebih spesifik, maka produk yang ditawarkan akan lebih mudah dikenal.

Beriklan di VCGamers News sangat mudah. Kamu hanya perlu mengirimkan materi promosi dan akan ditampilkan di halaman VCGamers News.

Atau kamu juga bisa memasang iklan dalam bentuk advertorial. Sehingga dapat menyampaikan produk yang dijual dan manfaat yang diberikan kepada publik.

Baca juga: Rekomendasi 5 Aplikasi Pelacak HP Tercanggih Desember 2022

Buat Program Afiliasi

ilustrasi pemasaran
Afiliasi sebagai strategi memasarkan aplikasi. Sumber: Pexels.

Membuat program afiliasi adalah strategi pemasaran aplikasi lain yang efektif. Seperti bekerja dengan influencer, program afiliasi bekerja sama dengan mitra atau mitra eksternal untuk mempromosikan pertumbuhan aplikasi. Sebagai imbalannya, kamu akan diberikan insentif atau komisi untuk setiap pemasangan yang diberi insentif.

Karena strategi ini terbukti efektif, banyak perusahaan menggunakannya sebagai strategi pemasaran aplikasi yang unggul dan paling ampuh saat ini. 

Kamu bisa membuat kode referal kepada pengguna pertama untuk pengguna kedua. Berikan beberapa komisi untuk ini, maka pengguna aplikasi akan meningkat setiap hari.

Dengan ini, kamu bisa membuat pengguna senang dengan memberikan layanan yang unggul, membuat konten hebat yang dapat dibagikan dengan mudah oleh pengguna, dan memberikan tingkat dukungan tertinggi untuk membantu kamu sukses.

Nah, itulah tadi empat strategi pemasaran aplikasi yang bisa kamu terapkan agar pengguna pada aplikasi bisa meningkat dengan cepat.

Baca juga: Biodata Lengkap Luan Luan, Content Creator Mobile Legends!

Untuk masalah top up game murah, serahkan saja pada VCGamers!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!