4 Game Keren Untuk Dimainkan Dengan Game Boy Emulator Android

Game Boy Emulator Android

Game Boy Emulator Android memang menjadi fenomena yang sangat masif bahkan hingga sekarang. Sedikit melihat ke belakang, hype dari emulator ini sendiri awalnya muncul pada platform PC di era tahun 2003-an.

Namun dengan kemajuan teknologi dan keberadaannya yang sekarang bisa dimainkan pada platform Android membuatnya menjadi tetap relevan. Yap meski sudah 2 dekade lamanya, masih banyak pecinta game retro yang gemar menikmati lineup konsol lawas ini.

Nah bila Vicigers salah satunya dan penasaran game apa saja sih yang seru untuk dimainkan, di sini VCGamers News bakal menyajikan beberapa judul yang harus banget dicoba sama kalian! So, langsung cekidot aja ya!

Baca juga: Rekomendasi Game Zelda Terbaik 2023

Cara Download Game Boy Emulator Android

Sebelum kita masuk ke dalam bahasan utama, ada baiknya dipaparkan terlebih dahulu nih apa itu emulator Game Boy dan cara download-nya. Jadi Vicigers yang belum paham bisa mengikuti topiknya!

Apa itu Game Boy Emulator Android

Emulator adalah sebutan dari perangkat lunat (aplikasi/program) yang memungkinkan pemain untuk memainkan game-game suatu platform, pada perangkat yang berbeda.

Tren ini biasa dilakukan pada banyak konsol lawas yang sudah tidak memungkinkan untuk mencari unit aslinya. Dan dengan semakin majunya teknologi, itu semua dapat dimainkan dengan hanya bermodalkan perangkat Andoird.

Salah satu dari sekian banyak konsol yang saat ini memiliki Emulator Android-nya adalah konsol Game Boy Advance (GBA) besutan Nintendo. Emulator ini sering kali disebut dengan sebutan “GBA Rom”, ataupun “MyBoy!”.

Cara Download

Untuk cara men-download-nya sendiri terbilang cukup gampang. Terdapat pihak ketiga yang sudah menyediakan Emulator ini secara resmi di Google Play Store. Kalian bisa mencarinya dengan nama “MyBoy! – GBA Emulator”.

Dengan merogoh sejumlah kocek, Vicigers bisa menebus aplikasi ini dan memainkannya dengan lancar – langsung dari perangkat Android kalian masing-masing!

Memang ada banyak aplikasi gratis diluar sana yang bisa diunduh melalui internet. Namun kami sangat tidak merekomendasikannya, melihat langkah ini amat riskan dan memiliki potensi bahaya digital yang tinggi.

Baca juga: 25 Game GBA Terbaik di Tahun 2023

Game Keren Untuk Dimainkan Game Boy Emulator Android

Sekarang kita akan masuk kebahasan utama, yakni 4 judul game yang harus Vicigers mainkan menggunakan emulator ini!

Berbagai game ini merupakan lineup terbaik yang bahkan memiliki fanbase hingga sekarang. Berikut adalah ulasannya:

4. Advance Wars

Game Boy Emulator - Advance War
Game Boy Emulator – Advance War. Sumber: Official Site

Yang pertama adalah Advance Wars. Judul ini memang tidak memiliki fanbase yang terlalu luas, namun gameplay turn-based strategy yang ditawarkannya benar-benar segar dan unik!

Berbeda dengan game dengan genre serupa, Advance Wars mengusung tema pertempuran militer. Game ini mengharuskan pemain untuk menjadi alih komando salah satu pasukan, merah atau biru.

Keseruan yang ditawarkan game ini begitu membekas, sampai akhirnya Nintendo kembali mengeluarkan versi remastered-nya untuk platform Nintendo Switch di 2023 kemarin!

3. Final Fantasy Tactics Advance

Final Fantasy Tactics Advance
Final Fantasy Tactics Advance. Sumber: Official Site

Buat para pecinta waralaba Final Fantasy, tentu lineup yang satu ini sangat membekas erat dalam benak mereka. Yap, dengan tajuk Tactics Advance, player disajikan dengan permainan turn based strategy yang begitu ciamik.

Berbeda dengan Advance Wars di atas, storyline yang menarik serta tema universe yang dipenuhi dengan tema FF dapat membius banyak penikmat konsol GBA.

Game ini bisa dikatakan juga keluar dari ‘rumus’ kebanyakan game FF, yang biasanya mengusung genre RPG.

2. Pokemon Generation III

Pokemon Gen. III
Pokemon Gen. III. Sumber: Official Site

Yap, lineup Pokemon memang tidak pernah gagal menghipotis para penikmat setianya. Dan dapat dikatakan juga, bahwa instalasi Pokemon Generasi ketiga (Ruby, Sapphire, dan Emerald) yang rilis pada platform GBA bisa dikatakan mampu menisbahkan diri sebagai instalasi Pokemon terbaik.

Dengan berbagai pembaharuan yang belum pernah dimunculkan pada instalasi sebelumnya, seperti opening battle animation, Pokenav, serta gym leader yang bisa kembali di lawan, lineup Pokemon Generasi ketiga ini mampu menghadirkan suatu gameplay baru yang sangat ciamik!

1. The Legend of Zelda: Minish Cap

Game Boy Emulator - The Legends of Zelda: Minish Cap
Game Boy Emulator – The Legends of Zelda: Minish Cap. Sumber: Official Site

Dan rekomendasi terakhir yang harus banget kalian cicipi datang dari salah satu instalasi waralaba The Legend of Zelda yang bertajuk Minish Cap.

Bisa dikatakan, game Zelda yang satu ini sangatlah unik dan dapat tampil stoodout meski dibandingkan dengan instalasi Zelda lainnya sekalipun.

Gameplay-nya yang unik serta genre adventure yang sangat jauh dari kata turn-based membuat fitur realtime battle sangat bisa dinikmati pemainnya.

Tentu ini adalah sesuatu yang cukup revolusioner kala itu. So, wajib banget para penikmat Zelda untuk sedikit bernostalgia dengan memainkan Minish Cap ini!

Baca juga: Daftar Permainan Pokemon Terbaik Sepanjang Masa!

Itulah tadi pembahasan mengenai 4 rekomendasi judul game keren yang harus banget kalian mainkan menggunakan Game Boy Emulator Android!

Nantikan pembahasan lainnya mengenai berbagai instalasi dan lineup game-game retro, hanya di VCGamers News! Jangan lup, buat kamu yang mau top up murah dan cepat langsung aja ke VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!