Daftar Permainan Pokemon Terbaik Sepanjang Masa!

Permainan Pokemon Terbaik

Kali ini kita bakal menyajikan pembahasan mengenai permainan Pokemon terbaik yang pastinya begitu membekas di hati para penggemarnya.

Tidak dapat dipungkiri, waralaba Pokemon sudah menemani gamers dunia secara lintas generasi. Di tahun 2023 ini, judul game tersebut telah memasuki generasinya yang ke-9. Setelah 27 tahun lamanya, Pokemon-pun masih terus giat berkembang.

Dengan hampir menyentuh umur 3 dekade, sudah begitu banyak lineup game yang mereka rilis. Ini juga seiring teknologi home dan handheld console yang terus berkembang dari masa ke masa. Maka wajar dari sekian banyak game yang sudah hadir, apabila ada yang terbaik di antaranya.

Bagi para Pokemon Trainer (sebutan bagi para penggemar setia permainan ini) setiap game yang pernah dirilis waralaba ini tentu bagus semua. Namun akan lebih objektif apabila ada satu-dua instalasi yang tampil lebih gemilang dari yang lainnya bukan?

Nah, di rekomendasi kali ini, bukan hanya satu atau dua yang terbaik saja yang akan kami tampilkan, melainkan 4 sekaligus! So, buat yang penasaran kontennya, simak sampai habis ya! Yuk langsung aja di cekidot!

Baca juga: Serba-Serbi Pokemon Nature yang Wajib Kamu Tahu!

4 Permainan Pokemon Terbaik

Terdapat sejumlah permainan Pokemon terbaik. Game ini pun hadir dari masa ke masa. Berikut daftarnya:

Pokemon Red dan Green (1996)

pokemon terbaik sepanjang masa red and blue 1996
Pokemon Red & Blue. Source: YouTube/Gumbino

Meski rilis di salah satu konsol handheld Nintendo yang paling lawas, tapi versi OG (original) generasi pertamanya ini wajib banget dimasukin ke dalam daftar ini! Player diajak mengendalikan karakter protagonis bernama Red (nama karakter bisa diubah) yang berpetualang mengejar mimpinya.

Yap, apalagi kalau bukan menjadi jawara Pokemon di region (wilayah) tempat ia tinggal. Di generasi awal ini, region Kanto menjadi setting lokasi pengembaraannya. Referensi ini diambil dari salah satu wilayah di daerah Tokyo, Jepang.

Di sini jugalah untuk pertama kalinya diperkenalkan berbagai karakter ikonik yang telah bertahan hingga sekarang, seperti Pikachu sang tikus listrik, tiga trio starter original (Squirtle, Charmender, dan Bulbasaur), serta sistem mekanik univers Pokemon lainnya.

• Pokemon Gold, Silver, dan Crystal (1999)

Pokemon Gold Silver and Crystal
Pokemon Gold Silver and Crystal. Sumber: Nintendo Official Site

Dan masih dari lineup yang dirilis pada platform Game Boy Color, datang dari generasi ke-2: yakni Heart, Gold, dan Crystal. Memperkenalkan region lain yang disebut Johto, pemain akan dipertemukan kumpulan Pokemon yang cukup berbeda dengan region sebelumnya.

Berbagai mekanik dan gameplay juga banyak yang masih mempertahankan konsep dari generasi sebelumnya. Meski begitu untuk jalan cerita serta beberapa setting lainnya menghadirkan lataryang benar-benar baru agar pemain tidak mudah bosan.

Yang membuatnya begitu berkesan adalah, sebagai final boss-nya, kita akan kembali dipertemukan oleh karakter Red (yang diceritakan sudah berhasil menjadi jawara region) dari lineup Pokemon gen-1 di atas Vicigers! Ini yang akhirnya membuat game ini amat berkesan bagi para Pokemon Trainers.

Pokemon Ruby, Saphire, dan Emerald (2002-2004)

Pokemon Ruby Sapphire and Emerald
Pokemon Ruby Sapphire and Emerald. Sumber: Nintendo Official Site

Selanjutnya datang dari Pokemon generasi ketiga yakni lineup Ruby, Saphire, dan Emerald. Pertama kali rilis di platform Game Boy Advance, lineup ini menandai masuknya franchise Pokemon ke era “advance generation” atau generasi maju.

Ini dikarenakan berbagai mekanik serta fitur yang dihadirkan pada generasi ketiga ini belum pernah ditemukan pada lineup Pokemon sebelumnya. Beberapa di antaranya seperti keberadaan gadget baru yang bernama PokeNav, melawan kembali gym leader setelah menang, dll.

Berlatar belakang di region baru yang bernama Hoenn, pemain nantinya tetap diharuskan untuk berpetualang untuk menjadi yang terkuat. Namun dengan gameplay yang lebih mantap, pemain bisa lebih mudah menikmati game ini dari berbagai sisi. Patut dicoba!

• Pokemon Black and White 2 (2012)

Pokemon Black and White 2
Pokemon Black and White 2. Sumber: Nintendo Official Site

Dan rekomendasi Pokemon terbaik yang terakhir dari kami adalah Pokemon Black and White 2 yang hadir pada platform Nintendo DS. Sebagai generasi kelima, bisa dikatakan lineup Pokemon ini merupakan titik bertemunya unsur lawas dan baru: menjadikannya begitu sempurna.

Ada begitu banyak keunggulan dari Black and White 2: merupakan instalasi cerita utama Pokemon terakhir yang menggunakan tampilan ‘chibi’ untuk karakter-karakternya, diyakini memiliki starter yang paling keren di bandingkan instalasi lainnya, serta berbagai fitur-fitur terdepan dari waralaba ini.

Mengambil latar di region bernama Unova, berbagai Pokemon yang dimunculkan pada generasi ini benar-benar ciamik. Tengok saja bentuk-bentuk legendary-nya yang mengusung tema “Sword of Justice”, serta “Tao Trio”. Benar-benar layak dinobatkan sebagai legendary terkeren!

Baca juga: Semua yang Harus Kamu Tahu Tentang Pokémon Wiglett

Itulah pembahasan mengenai permainan Pokemon. Tentu semua rekomendasi ini sifatnya subjektif dan amat debatable.

So, buat Vicigers yang mungkin punya judul favorit atau generasi Pokemon favoritnya sendiri, boleh banget ya share di kolom komentar! Happy Gaming!

Jangan lupa, kalau mau top up game termurah dan cepat langsung ke VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!