3 Teknik Mempromosikan Turnamen Game di Media Sosial

Jadwal Turnamen Mobile Legends 2023 bulan ini Juli 2023, promosi media sosial

Kali ini kita akan mengulas tentang teknik promosi media sosial untuk mempromosikan turnamen game. Hal ini akan memudahkan kamu yang ingin mempromosikan turnamen yang kamu buat.

Bermain video game adalah salah satu kegiatan paling populer di seluruh dunia. Jutaan orang di seluruh dunia bermain video game dan merasakan pengetahuan yang mendalam, gameplay yang menarik, dan banyak lagi yang mereka tawarkan.

Namun, terkadang itu tidak cukup dan gamer merasa ingin bersaing satu sama lain dalam turnamen. 

Sebagai penyelenggara turnamen, kamu tentu ingin memastikan bahwa turnamen yang diselenggarakan dapat menarik perhatian pemain terbaik untuk berpartisipasi dalam event tersebut dan menginspirasi banyak penggemar untuk hadir.

Hal ini sangat mungkin terjadi dengan mempromosikan turnamen game kamu secara efektif. Karena kamu berurusan dengan media digital, sebaiknya kamu berpromosi secara digital juga menggunakan media sosial. 

Audiens target kamu tentu menggunakan perangkat digital dan karenanya, akan menghabiskan waktu di media sosial. 

Berikut adalah beberapa teknik dan cara yang dapat kamu gunakan untuk mempromosikan turnamen game kamu di media sosial.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Scan Barcode Terbaru 2023

3 Teknik Promosi Turnamen Game di Media Sosial

Kamu dapat mempromosikan turnamen game di media sosial dengan mudah. Ada beberapa teknik promosi turnamen games yang perlu kamu ketahui.

Berikut ini 3 teknik promosi turnamen game di Media Sosial:

Gunakan Logo di Postingan Kamu

Turnamen MLBB Terbaru dari VCGamers Battle Arena, Ilustrasi Poster Turnamen
VCGamers Battle Arena MLBB

Saat kamu membuat posting media sosial, kamu memerlukan sesuatu yang membuat kamu langsung dikenali oleh para penggemar games.

Hal ini akan menjadi sesuatu yang dapat kamu gunakan sebagai gambar profil atau halaman kamu juga.

Apa itu? Jawabannya adalah logo game. 

Logo adalah bentuk kartu nama digital yang akan membedakan kamu dari akun lainnya. Setiap kali seorang gamer melihat logo tersebut, mereka akan langsung mengenalinya sebagai turnamen dan akan terlibat dengan postingan tersebut.

Untuk membuat logo seperti itu, kamu bisa menggunakan pembuat logo game PosterMyWall. Aplikasi ini memiliki antarmuka desain yang mudah untuk kamu gunakan, terlepas dari kemampuan desain grafis kamu.

Kamu juga dapat menggunakan logo ini pada grafik postingan serta membuatnya lebih resmi.

Penggunaan logo semacam itu tidak terbatas dan kamu hanya dibatasi oleh imajinasi kamu. Gunakan secara kreatif dan gamer pasti akan berbondong-bondong datang ke postingan kamu.

Baca juga: Apakah Pengembangan Game Web3 Akan Lebih Mudah untuk Dijangkau?

Teasers

Teknik Promosi Media Sosial
Teknik promosi media sosial membuat video teaser. Source: Pexels.com

Salah satu cara terbaik untuk membangun hype untuk turnamen adalah dengan mengupload teaser menjelang hari event. 

Hal ini bisa berupa apa saja mulai dari profil pesaing hingga klip singkat dari turnamen sebelumnya yang mungkin pernah kamu selenggarakan. 

Tujuannya adalah untuk menunjukkan momen gembira ketika orang-orang sedang bersenang-senang, yang akan menginspirasi lebih banyak orang untuk mendaftar dan menghadiri acara tersebut.

Instagram, Facebook, dan bahkan YouTube adalah platform yang sangat baik untuk tujuan ini karena mendukung konten video bentuk pendek. 

Kamu dapat mengunggah teasers dalam ‘Reels’ dan ‘Story’ di Instagram dan Facebook. YouTube memiliki ‘Shorts’ yang juga memungkinkan Kamu memasang penggoda di sana.

Baca juga: Apa itu Chat GPT: Manfaat dan Bahayanya

Gunakan Tokoh Terkenal untuk Konten

influencer untuk promosi media sosial
Ilustrasi Influencer. Source: Pexels

Idealnya, kamu ingin tokoh game terbesar berpartisipasi dalam turnamen kamu sebagai pesaing. 

Jangkau gamer dan streamer terkenal dan minta mereka untuk muncul di postingan media sosial kamu. Klip pendek, pesan tertulis yang dapat kamu bagikan, atau bahkan sapaan dari akun mereka sendiri dapat berfungsi.

Hal ini akan membantu dalam membawa audiens ke turnamen. Mereka tidak hanya akan menghadiri dan menonton kompetisi, tetapi juga dapat bersaing.

Baca juga: Apa itu Snapgram dan Cara Membuatnya Lebih Aesthetic

Memasang Poster

Promosi Media Sosial
Ilustrasi Poster Turnamen Game

Orang-orang saat ini, terutama para gamer, tidak punya waktu untuk membaca poster yang di tempel di dinding. Mereka lebih suka konten pendek yang menyampaikan pesan dalam waktu sesingkat mungkin. Dengan demikian, kamu akan menggunakan poster untuk menyampaikan pesan. 

Poster ini akan memiliki konten yang menggambarkan sebuah turnamen bersama dengan informasi penting. Proses pendaftaran, tanggal kompetisi, tempat, hadiah uang, dan lainnya harus ditulis di poster dengan kata-kata sesedikit mungkin.

Kamu dapat dengan mudah membuat poster video game ini dengan pembuat poster PosterMyWall. Kamu juga dapat menemukan ratusan templat yang dibuat secara profesional di sana yang akan memberi kamu awalan untuk membuat poster. Karena ada struktur dasar, itu akan menghemat waktu dan tenaga.

Contoh ini menunjukkan turnamen Call of Duty sedang diselenggarakan dimana gamer dapat berpartisipasi di dalamnya. 

Dalam hal ini, pendaftaran gratis yang dapat dilakukan gamer dengan mengunjungi situs web yang disebutkan dalam postingan Poster menampilkan desain minimalis dengan teks yang sangat sedikit, gambar latar belakang tematik dari game yang dimaksud, beserta logonya. 

Logo dan gambarnya cukup bagi para gamer untuk mengenali game tersebut agar menjadi hype bagi mereka. Mereka kemudian akan terlibat dengan pos tersebut dan mengikuti tautan yang diberikan untuk mendaftar ke acara tersebut.

Gamer suka menguji keberanian mereka, membuktikan bahwa mereka yang terbaik dalam game, dan memenangkan hadiah dalam prosesnya. Jadi kemungkinan besar mereka akan senang untuk mendaftar ke turnamen kamu. 

Namun, untuk membawanya ke sana, kamu perlu mempromosikan dan menarik para gamer ini dan audiens mereka. 

Lagi pula, tidak ada turnamen yang lengkap dengan penonton yang meriah. Teknik-teknik yang tercantum di atas sederhana namun efektif dalam menarik banyak orang ke suatu acara. Ikuti dan lakukan untuk turnamen game kamu.

Baca juga: Fitur Mengembangkan Aplikasi Android dengan Android Studio

Yuk baca artikel Tech and Gadget lainnya di VCGamers News!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!