Apa itu Snapgram dan Cara Membuatnya Lebih Aesthetic

apa itu snapgram

Apa itu snapgram? Apakah ada perbedaan antara Instastory dan Snapgram? Untuk mengetahui semuanya, di artikel ini kami akan membahas semuanya untukmu. Yuk simak sampai tuntas!

Fitur snapgram merupakan fitur yang paling banyak digunakan oleh pengguna Instagram saat ini. Alasannya pun beragam, mulai dari kemudahan yang miliki, bisa hilang dalam 24 jam, dan masih banyak lagi.

Meskipun banyak yang menggunakannya, masih belum semua pengguna Instagram paham arti dari Snapgram dan perbedaannya dengan Instastory.

Jadi, untuk itu mari kita ketahui bersama mengenai kedua hal tersebut dengan menyimak penjelasan berikut ini!

Baca juga: Serba-serbi Instagram Web yang Wajib Kamu Tahu!

Mengenal Apa Itu Snapgram

Contoh IG Story
Contoh Snapgram. Source: VCGamers

Snapgram adalah nama sejenis untuk fitur Instagram Stories. Dalam hal ini Snapgram adalah fitur dalam aplikasi Instagram yang memungkinkan pengguna untuk membagikan foto dan video harian mereka dalam bentuk cerita yang berlangsung selama 24 jam.

Cerita ini dapat berisi teks, stiker, efek, dan filter untuk membuat konten lebih menarik. Setelah 24 jam, cerita akan terhapus secara otomatis.

Fitur ini sangat populer dan memungkinkan pengguna untuk berbagi momen harian mereka dengan teman dan pengikut mereka tanpa harus membagikannya dalam feed utama.

Ini juga memungkinkan bisnis dan influencer untuk mempromosikan produk dan jasa mereka dengan cara yang lebih interaktif dan menyenangkan.

Sebagian besar fitur dalam Instagram Stories sama dengan fitur dalam aplikasi lain seperti Snapchat, yang menjadi inspirasi untuk fitur ini. Oleh karena itu, beberapa orang menyebutnya sebagai “Snapgram”.

Baca juga: Cara Menyadap WhatsApp Pasangan, Kurang dari 5 Menit!

Apa Perbedaan Snapgram dan Instastory?

apa itu snapgram
Template Snapgram Aesthetic. Source: Canva

Apakah snapgram dan instastory sama? Jawabannya adalah sama. Kata “snapgram” tampaknya dipinjam dari salah satu pesaingnya, Snapchat. Menggunakan istilah “Snapgram” terasa lebih langsung dan sederhana daripada menggunakan frasa ” Instagram Story”.

Bahkan Instagram story ini juga bisa disebut sebagai Instastory bukan hanya sekedar snapgram.

Asal Usul Apa Itu Snapgram

apa itu snapgram
Fitur Musik di IG Story. Source: VCGamers

Jika kamu ingat, Instagram memperkenalkan fitur Instagram Story saat pertama kali meluncurkan aplikasinya pada tahun 2016 lalu.

Pengguna dapat mempublikasikan film dan foto dengan runtime maksimal 15 detik menggunakan fitur Instagram Story. Selain itu, cerita tersebut dapat dilihat oleh para pengikutnya dan akan ditayangkan selama 24 jam.

Jika akun tidak diprivate atau dikunci, akun non-follower juga bisa melihatnya.  Setelah 24 jam, Instagram story ini akan otomatis terhapus.

Banyak yang mengklaim bahwa fungsi ini menyerupai atau menyalin aplikasi lain, terutama Snapchat, dalam beberapa hal.  Hal itulah mengapa pengguna Instagram melihat label snapgram ini.

Dengan kata lain, Snapgram adalah gabungan dari istilah Instagram dan Snap (dimiliki oleh Snapchat).

Baca juga: Instagram Mulai Uji Coba Penerapan NFT Minggu Ini

Fitur Snapgram

apa itu snapgram
Tampilan Feed Instagram. Source: VCGamers

Berikut adalah beberapa fitur yang tersedia dalam Instagram Stories atau snapgram:

  • Kamera: Pengguna dapat memotret atau merekam video langsung dari aplikasi Instagram Stories.
  • Filter dan Efek: Kamu dapat menambahkan filter dan efek pada foto dan video mereka sebelum membagikannya dalam cerita.
  • Teks dan Stiker: Pengguna dapat menambahkan teks dan stiker pada foto dan video mereka untuk membuat konten lebih menarik.
  • Music: Pengguna Instagram dapat menambahkan musik dalam video mereka melalui fitur “Music” pada Instagram Stories.
  • Q&A dan Poling: Para pengguna pun dapat membuat sistem tanya jawab atau poling untuk berinteraksi dengan pengikut mereka.
  • Geotag: Pengguna dapat menambahkan geotag pada cerita mereka untuk memberikan konteks dan membuat konten mereka lebih discoverable.
  • Reels: Fitur Reels memungkinkan pengguna untuk membuat dan berbagi video pendek yang menampilkan musik, efek, dan gerakan.
  • Highlight: Fitur Highlight memungkinkan pengguna untuk menyimpan cerita mereka sebagai highlight pada profil mereka, sehingga pengikut mereka dapat melihatnya setelah cerita tersebut telah berakhir.
  • Close Friend: Fitur ini memungkinkanmu untuk membuat list teman dekat yang bisa melihat Instagram Story-mu.

Dengan berbagai fitur ini, Instagram Stories atau snapgram, memungkinkan pengguna untuk berbagi momen harian mereka dan mempromosikan produk dan jasa mereka dengan cara yang lebih interaktif dan menyenangkan.

Dengan berbagai fitur-fiturnya memungkinkan pengguna untuk berbagi momen harian mereka dan mempromosikan produk dan jasa dengan cara yang lebih menyenangkan.

Cara Membuat Snapgram Close Friends

Pada fitur Close Friends memungkinkan kamu untuk mengatur siapa teman yang bisa melihat Snapgram yang kamu bagikan. Fitur ini ditandai dengan adanya logo bintang berwarna hijau di pojok kanan Snapgram.

Untuk menggunakan fitur ini, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Pertama buka aplikasi Instagram.
  • Kemudian klik ikon profil di pojok kiri atas.
  • Masukkan foto atau video yang ingin kamu bagikan
  • Setelah itu, saat ingin posting kamu klik bagian Close Friends.
  • Maka kamu sudah memposting Story Close Friends

Setelah kamu membaca penjelasan di atas, tentunya sekarang kamu jadi paham apa itu Snapgram.

Baca juga: Cara Download Sound Tiktok ke WA dalam Bentuk Mp3 

Ayo top up game favoritmu dengan mudah, cepat, aman, dan harga termurah di VCGamers Marketplace!

Dan buat kamu yang menyukai konten seperti ini, kamu bisa menemukan konten menarik lainnya di VCGamers News!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!