eSIM XL Dipastikan akan Hadir di Pasaran Tahun ini

eSIM XL

XL Axiata Memastikan Bahwa eSIM XL Rilis Tahun ini

PT XL Axiata Tbk. berencana akan segera menyusul dua kompetitornya yaitu Smartfren dan Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) dengan meluncurkan eSIM XL di Indonesia.

eSIM XL
eSIM XL. Sumber: YouTube

Rencananya, mereka akan meluncurkan eSIMnya pada kuartal kedua tahun 2023 ini. 

Hal ini disampaikan oleh I Gede Darmayusa, selaku Chief Technology Officer XL Axiata. Menurut Gede, saat ini infrastruktur dan platform yang dimiliki XL Axiata juga sudah siap untuk merilis eSIM ke pasaran.

Baca juga: Apa itu eSIM, Ini Kelebihan dan Kekuranganya

Namun, Gede belum mengkonfirmasi mengenai tanggal perilisan produk  eSIM mereka. Dia hanya menyampaikan jika produk eSIM tersebut akan diperkenalkan ke publik pada awal kuartal II 2023.

“Tunggu awal kuartal II 2023, seluruh hal yang dibutuhkan untuk meluncurkan eSIM XL Axiata sudah siap. Bersabar ya,” ucap Gede, Jumat (10/2).

Merujuk pada penjelasan tersebut, bisa diperkirakan bahwa produk ini akan diperkenalkan ke publik pada bulan April 2023.

eSIM XL
eSIM XL. Sumber: YouTube

Jadi, buat kamu para pelanggan XL Axiata harap bersabar dulu ya hingga bulan April 2023. 

Sebagai informasi, eSIM sendiri merupakan sebuah chip yang terintegrasi dengan smartphone, sehingga memungkinkan untuk berganti operator seluler tanpa perlu mengganti kartu terlebih dahulu.

Menurut laporan GSM Arena, per Juli 2022, sudah ada sebanyak 260 operator seluler di 88 negara yang sudah merilis produk eSIM nya mereka dan angka ini akan terus bertambah. 

Pasar eSIM dunia diprediksi akan mengalami peningkatan lebih dari 200 persen pada akhir tahun 2023 ini.

Hingga saat ini, di Indonesia baru ada dua operator yang sudah meluncurkan produk eSIM ini, yaitu Smartfren dan Indosat IM3. 

Di Indonesia sendiri, smartphone yang sudah bisa menggunakan eSIM baru sebatas smartphone kelas atas saja atau flagship.

eSIM XL
eSIM XL. Sumber: YouTube
Baca juga: Cara Mengaktifkan eSIM di iPhone Lengkap dan Mudah

Seperti, iPhone mulai dari iPhone 11 hingga seri yang terbaru. Lalu Samsung, Galaxy Note 20, Galaxy S21, Galaxy S22, Galaxy S23, Galaxy Z Flip dan Fold, Galaxy Watch4.

Jika kamu memiliki salah satu handphone di atas, kamu bisa mencoba untuk menggunakan eSIM dari Smartfren ataupun Indosat IM3.

Atau, kamu sudah menjadi pelanggan dari salah satu operator tersebut? 

Buat kamu yang ingin melakukan top up berbagai jenis voucher dengan aman, cepat dan mudah, kamu bisa melakukannya di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!