Nvidia Akan Rilis RTX VSR di Chrome, Siap-siap Nikmati Video 4K

RTX VSR

RTX Video Super Resolution (VSR) adalah sebuah fitur pada browser Chrome yang membuat GPU Nvidia seri RTX 30 atau RTX 40 bisa meningkatkan kualitas video yang mereka putar.

Efek yang dihasilkan oleh RTX ini sangat mengesankan, karena bisa menghasilkan kualitas video 4K.

Jika kamu ingin segera mencoba fitur ini, nampaknya kamu harus sedikit bersabar, pasalnya hingga saat ini Nvidia belum merilis perangkat ini. 

Namun, jika kamu ingin bersiap-siap untuk menggunakannya ketika sudah dirilis nanti, berikut adalah cara menggunakannya:

Baca juga: Rekomendasi Laptop 144hz Game Terbaik 2023, Oke Banget!

Hal yang Dibutuhkan untuk Menjalankan Nvidia RTX VSR

RTX VSR
GeForce RTX 4090. Sumber: Youtube

Cara untuk mengaktifkan dan menjalankan RTX VSR tidak begitu sulit. Namun, hal yang menjadi kendala adalah memastikan jika kamu memiliki hardware dan software yang kompatibel.

Hal yang kamu perlukan adalah kartu grafis Nvidia yang terbaru, seperti kartu grafis seri RTX 30 dan 40 terbarunya yaitu RTX 3050 atau yang lebih tinggi. 

Namun, dikatakan jika Nvidia juga berencana untuk menghadirkan fitur tersebut ke kartu seri RTX 20. 

Karena penggunaan inti Tensor, kecil kemungkinan hal ini bisa dijalankan pada GPU non-RTX, bahkan generasi terbaru seperti seri GTX 16 juga kemungkinan tidak bisa menjalankannya.

Baca juga: Inilah Minimal Spesifikasi Game Super People di PC Tahun 2023

Langkah Penggunaan RTX VSR

RTX VSR

Nah, setelah mengetahui apa saja yang kamu butuhkan untuk menjalankan RTX VSR, berikut adalah langkah-langkah penggunaannya:

  1.  Kamu terlebih dahulu mengunduh driver versi terbaru dari situs web Nvidia. Kamu harus mendownload versi 530 atau yang lebih baru.
  2. Selanjutnya, kamu harus mengunduh browser Chrome versi terbaru. Kamu harus mendownload versi 110 atau yang lebih baru.  Selain itu, Nvidia mengatakan jika fitur tersebut akan tersedia di browser Chromium seperti Edge, di masa mendatang.
  3. Ketika akan menjalankannya, usahakan laptop dalam keadaan baterai yang full atau kamu bisa melakukannya sambil mengisi dayanya. Hal itu karena, Nvidia RTX Video Super Resolution membutuhkan lebih banyak daya saat menjalankannya dan ini berbeda dari streaming video biasa.
  4. Selanjutnya, kamu bisa membuka panel kontrol Nvidia dan aktifkan RTX VSR.
  5. Dan langkah terakhir, buka browser Chrome dan tonton video berkualitas 4K apa pun. RTX VSR bisa berfungsi pada jenis video apa pun mulai 360p hingga 1440p.

Jika kamu telah mengikuti langkah-langkah di atas dengan benar, maka kartu grafis RTX yang kamu miliki secara otomatis akan meningkatkan video ke resolusi yang lebih tinggi.

Baca juga: Cara Copy dan Paste di Chromebook Beserta Fitur Lainnya

Penyebab RTX VSR tidak Berfungsi

RTX VSR
RTX Video Super Resolution 4K Video. Sumber: Youtube

Apabila setelah kamu mengikuti langkah-langkah diatas, namun tetap tidak berfungsi, berikut adalah penyebab RTX VSR tidak berfungsi dengan baik:

  • Jika kamu menggunakan driver Nvidia R350 atau yang lebih baru, maka kamu harus menunggu lebih lama lagi. Sebab, untuk saat ini driver tersebut belum bisa menjalankannya.
  • Apakah kamu sudah menggunakan versi Chrome yang kompatibel? Sebab, RTX NVR Nvidia hanya berjalan pada Chrome versi 110 atau lebih baru.
  • Apakah kamu sudah memiliki kartu grafis Nvidia RTX series 30 atau 40 pada PC atau laptop? Karena saat ini, mereka adalah satu-satunya GPU yang bisa menjalankan RTX VSR untuk saat ini. 

Tampilan yang Dihasilkan RTX VSR

Perbandingan Video 1080 dan 4K
Perbandingan 1080 dan 4K. Sumber: Youtube

Nvidia sempat memamerkan rekaman teknologi ini, di acara CES pada awal tahun ini. Video tersebut menampilkan gameplay dari Apex Legends yang direkam pada resolusi 1080p dan ditingkatkan ke resolusi 4K. 

Dan hasilnya terlihat sangat menjanjikan, dengan mengganti tampilan beresolusi rendah menjadi tampilan yang jauh lebih bersih.

Bagi kamu yang memiliki GPU Nvidia RTX, ini akan menjadi peluang bagus untuk bisa merasakan pengalaman menonton video dengan kualitas terbaik di browser Google Chrome dan Edge. 

Nah, demikianlah pembahasan kita kali ini. Ikuti terus berita Tech and Gadget terbaru di VCGamers News!

Buruan Top Up Produk Digital Termurah, Aman dan Cepat di VCGamers Marketplace sekarang juga.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!