Tom Bombadil, Karakter Penting Dari Dunia Lord of The Rings!

Tom Bombadil

Tom Bombadil merupakan seorang tokoh penting di dalam dunia LOTR atau Lord of The Rings. Dirinya dapat dianggap sebagai penjaga keseimbangan dunia tengah dari pengaruh Sauron.

Ada banyak fakta menarik di dalam kehidupan Tom Bombadil. Hal ini dikarenakan ia tak pernah muncul sekalipun di dalam tilogi film Lord of The Rings garapan Peter Jackson.

Selain itu, kekuataannya di Midle-Earth dapat menyaingi Gandalf. Banyak legenda LOTR yang menyebutkan bahwa ia adalah mahluk tertua di sana.

Dirinya lahir bersamaan dengan tunas purba pohon elk tumbuh pertama kali, dan juga hujan es yang membahasi Middle-Earth.

Artikel ini secara khusus akan membahas mengenai kisah hidup Tom Bombadil dan juga fakta-faktanya yang jarang diketahui. Tanpa banyak berbasa-basi lebih lanjut, baca artikel ini sampai habis untuk mengetahui faktanya. Cekidot!

Baca juga: 5 Rekomendasi Lord of the Rings Game yang Harus Kamu Coba

Berkenalan Dengan Tom Bombadil dan Perannya di Dunia Lord of The Rings

Tom Bombadil in Blue Suit
Tom Bombadil in Blue Suit. (Source: IGN/Google) 

Tom adalah makhluk Middle-Earth periang, yang digambarkan sebagai penjaga keseimbangan di sana.

Ia tak pernah tertarik dengan masalah perselisihan antara kaum Elf dengan Sauron, ataupun cincin emas yang diperebutkan.

Dirinya pertema kali muncul di buku John Ronald Reuel Tolkien, penulis terkenal dari Inggris yang menulis kisah trilogi The Hobbit dan juga Lord of The Rings.

Tom ada di buku pertama, yang berjudul “The Fellowship of The Ring”. Si tua Tom, hidup dan tumbuh di hutan “The Old Forest” yang bersebelahan dengan Withywindle. Barat kawasan Middle-Earth, yang termasuk di dalam daerah The Shire.

J.R.R. Tolkien menuliskan kisah Tom sebagai karakter yang unik dan aneh, pasalnya Tom tak terpengaruh dengan kekuatan cincin Sauron.

Ketika bertemu dengan Hobbit dan mencoba memasangkan cincin di jari manisnya, Tom tak ikut menghilang seperti karakter LOTR lainnya.

Kecintaannya pada alam, mengantarkan dirinya kepada julukan “Master of Wood, Water and Hill”. Tom adalah sosok yang sangat sulit untuk digambarkan. Ia hanya senang tinggal di Middle-Earth bersama keluarganya, dan bisa makan buah segar.

Tak ada niatan dari lubuk hatinya untuk ikut campur dengan masalah dunia lain, walaupun Tom sendiri mempunyai hubungan yang eksentrik dengan Frodo.

Tolkien sendiri tak pernah menggambarkan Tom secara berlebihan. Dirinya hanya  menyematkan “keceriaan” dalam tokohnya.

Kekuatan Yang Dimiliki Tom

Lord of The Rings
Lord of The Rings. (Source: Bloomberg/Google) 

Tom tak akan pernah bisa menyaingi kekuatan Gandalf yang merupakan seorang Maia. Seorang makhluk spiritual, layaknya Valar.

Dirinya juga tak mempunyai kekuatan khusus dari sihir tingkat tinggi. Namun, Tom bisa mengendalikan alam sesuai dengan hatinya. Selain itu ia juga mempunyai imunitas terhadap sihir kegelapan.

Buktinya, Tom tidak terpengaruh sedikitpun terhadap efek cinci dari Sauron. Tak hanya itu, Ia bisa berkomunikasi dengan alam di sekitarnya untuk mencari perlindungan.

Kenapa Tom Tak Ada di Trilogi?

LOTR Brother
LOTR Brother. (Source: Bloomberg/Google)

Walaupun mempunyai peran penting di dalam novel, karakter Tom tak pernah muncul sekalipun di dalam film.

Hal ini dikarenakan sang sutradara, Peter Jackson, tak mampu menggambarkan tokohnya sebaik Tolkien di dalam novel.

Ia juga mengaku, bahwa tokoh Tom Bombadil merupakan tantangan besar untuk diadaptasi ke film, karena penokohannya yang unik.

Kepadatan cerita juga menjadi salah satu faktor utama, karena durasi film Lord of The Rings yang sudah sangat panjang, dinilai tak mampu lagi untuk menampung kisah Tom di dalamnya.

Baca juga: 5 Rekomendasi Film Anime Sedih 2023, Bikin Kamu Nangis Brutal!

Top up game kesayanganmu hanya di VCGamers Marketplace! Dapatkan penawaran menarik di setiap transaksinya!

 


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!