Tales of Luminaria, Game RPG yang Ditutup Tak Sampai Setahun

Tales of Luminaria

Tales of Luminaria adalah salah satu dari seri game tales yang dikembangkan oleh Colopl dan dirilis oleh Bandai Namco pada tahun 2021. Game ini bisa kamu mainkan di Android maupun iOS.

Desain karakter dalam game ini dibuat oleh Shun Saeki dan Go Shiina sebagai komposer musiknya. Animasi opening dalam game ini diproduksi oleh Kamikaze Douga dan Sunrise.

Sayangnya, tim pengembang Tales of Luminaria mengumumkan bahwa server game ini akan di shutdown pada July 2022 atau hanya 6 bulan setelah game ini resmi diluncurkan.

Pada artikel kali ini akan dibahas sekilas tentang plot, karakter dan gameplay dari Tales of Luminaria.

Baca juga:5 Game RPG Offline Terbaik Android, Recommended Banget!

Sekilas Tentang Tales of Luminaria

Logo Tales of Luminaria
Logo Tales of Luminaria. Source: BANDAI NAMCO Europe/Youtube

Setting Luminaria berlatar disekitar mahluk purba yang dikenal sebagai Primordial Beasts. Setiap kali mereka mati, mana keluar dari tubuh mereka yang melahirkan dunia masa kini.

Manusia yang tinggal pada masa tersebut terbagi menjadi 2 faksi besar. Faksi tersebut adalah Jerle Federation dan the Gildllan Empire.

Jerle Federation adalah sekelompok negara bagian yang menyembah Primordial Beast dan hidup berdampingan dengan mereka.

Sebagian fighter mereka membawa “Embleo” ditubuhnya yang memungkinkan mereka memanfaatkan cadangan dari kekuatan sihir yang tersembunyi Ketika dibutuhkan.

Militer dari federasi ini mendapatkan tantara mereka dari Kelas Blaze yang elit untuk mempertahankan negara mereka dari serangan musuh.

Faksi kedua adalah Gildllan Empire yang melihat Primordial Beasts dan mananya sebagai alat untuk mencapai suatu tujuan.

Mereka mengeksploitasi para Primordia Beast untuk membangun kota berteknologi tinggi demi kemakmuran bangsa mereka sendiri.

Kekaisaran memberikan “reactor” untuk para fighter yang memungkinkan mereka untuk memanfaatkan cadangan mana buatan.

Konflik dari kedua faksi ini memanas saat konselir kekaisaran yang baru, August Wallenstein memiliki rencana menaklukan dunia dan membalas dendam pada pembunuh keluarganya.

Sementara itu para kelompok petualang yang netral mencoba menemukan hubungan sebenarnya antara Primordial Beasts, mana, dan takdir dunia.

Karakter Game

Ada 21 karakter yang dapat kamu mainkan setelah menyelesaikan misi tutorial sebagai Leo. Developer game ini berencana merilis episode baru untuk setiap karakter setiap minggunya.

Episode tersebut juga akan mendapat 8 episode “Crossroad” tambahan yang melibatkan banyak perspektif karakter.

Pada Februari 2022, seluruh karakter setidaknya memiliki 1 episode yang dirilis termasuk 1 episode Crossroad.

Saat server game ini di shutdown, tidak semua karakter mempunyai 2 episode cerita yang dirilis.

Anggota Jerle Federation adalah Leo Fourcade, Celia Arvier, Michele Bouquet, Maxime Hasselmans, Yelsy Tw’elteu Huanaz’jin, Vanesa Morax, Lucien Dufaure dan Lisette Regnier.

Karakter Jerle Federation
Karakter Jerle Federation. Source: BANDAI NAMCO Europe/Youtube

Sedangkan anggota Gildllan Empire adalah August Wallenstein, Gaspard Herbert, Laplace, Alexandra Von Sonne, Amelia Laurence, Falk, Bastian Forge, dan Hugo Simon.

Karakter Gildllan Empire
Karakter Gildllan Empire. Source: BANDAI NAMCO Europe/Youtube

Kelompok Adventurer memiliki 5 anggota yang bernama Eduoard Rouquier, Lydie Delacroix, Raoul, Charles, dan Ana-Maria Marschner.

Karakter Adventurer
Karakter Adventurer. Source: BANDAI NAMCO Europe
Baca juga: Review Lost Judgment di PC, Game RPG Seru 2023!

Gameplay Tales of Luminaria

Gameplay Tales of Luminaria
Gameplay Tales of Luminaria. Source: BANDAI NAMCO Europe

Tidak seperti game lain yang memakai sistem gacha, Luminaria membuat pemain dapat menggunakan satu dari 21 karakter dari awal.

Sistem gacha biasanya digunakan untuk mendapatkan beragam senjata dan kostum untuk meningkatkan level karakter dan battle power.

Terdapat juga kostum 5-star yang langka dan senjata untuk membuka “Mystic Artes” baru yang kuat. Karakter dapat menggunakan mereka dalam pertempuran.

Pemain dapat bermain dalam cerita individual karakter atau bergabung dan membentuk kelompok beranggotakan 4 pemain untuk melawan co-op bos yang disebut “Fave Fests”

“Fave Fests” dirotasi setiap minggu, dimana setiap pemain bisa memilih 3 karakter favorit mereka yang menggunakan senjata pilihan di minggu itu untuk dipakai dalam pertempuran.

Rewards dibagikan saat pemain mengumpulkan lebih banyak poin diakhir battle dan pemain dapat mencoba lagi sebanyak yang mereka inginkan.

Kebanyakan gameplay mengandalkan tombol besar yang berada didekat layar bagian tengah dari device pemain.

Dengan menariknya kesuatu arah, kamu bisa menggerakkan karakter game. Untuk melepas serangan, kamu hanya tinggal mengetuk atau menekannya selama beberapa detik.

Setiap karakter mengeluarkan serangan tergantung dengan senjata yang mereka pakai. Para karakter juga bisa mengeluarkan Mystic Artes yang diisi dengan menyerang musuh.

Mystic Artes juga dapat diisi secara instan dengan mengonsumsi bahan-bahan di equipment dan mendapatkan healing efek darinya.

Itulah ulasan singkat tentang game Tales of Luminaria. Meskipun kamu sudah tidak bisa memainkannya, kamu bisa menonton adaptasi dari anime ini di Crunchyroll.

 


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!