5 Sekolah yang Mengajarkan Desain Game Di Indonesia

sekolah yang mengajarkan desain game

Industri game memiliki banyak potensi sebagai sumber pendapatan. Namun, untuk bisa sukses di industri ini diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas. Saat ini sudah ada sekolah yang mengajarkan desain game di Indonesia.

Salah satu syarat agar Indonesia bisa maju dalam dunia game adalah kita bisa menciptakan produk bagus yang berdaya saing global.

Developer Indonesia akhir-akhir ini mulai menunjukkan bahwa mereka dapat membuat proyek baru lebih sedikit daripada developer asing, dan banyak lagi yang optimis dengan pesatnya perkembangan industri game tanah air.

Jika kamu tertarik untuk memasuki industri game, tidak perlu belajar di bidang game secara khusus. Game adalah produk yang memiliki bagian yang berbeda, pemrograman, penulisan, musik, seni visual, dan lainnya. Selama kamu mempelajari bidang-bidang ini, kamu bisa menjadi pengembang game dengan pelatihan formal. 

Namun, mendapatkan sekolah yang mengajarkan desain game juga menawarkan manfaat yang berbeda, seperti belajar desain game yang tidak kita dapatkan di jurusan lain. Ada banyak sekolah yang mengajarkan desain game di Indonesia yang menawarkan pendidikan eSport. 

Daftar Sekolah yang Mengajarkan Desain Game Indonesia

Sekolah-sekolah dalam daftar ini memiliki program eSports sebagai pendidikan tambahan bagi siswanya, jadi bukan mata pelajaran wajib, kan? 

Siswa yang berpartisipasi dalam program ini akan belajar bagaimana berpartisipasi dalam game eSports secara profesional. Kemudian nantinya bisa bersaing dengan tim lain di dalam game. 

SMA 1 PSKD 

SMA 1 PSKD 
SMA 1 PSKD

Sekolah yang mengajarkan desain game pertama adalah SMA 1 PSKD. Nama SMA 1 PSKD pasti sudah tidak asing lagi bagi peminat import. Sekolah ini sebenarnya adalah salah satu dari sedikit lembaga pendidikan di Indonesia yang mendukung studi ekspor.

Saat ini, program pelatihan esports hanya tersedia di PSKD SMA 1 dan SMP 1, namun diharapkan kedepannya juga akan tersedia di PSKD SMA 4 dan SMP 4.

Sekolah ini pertama kali mengadakan program eSports pada tahun ajaran 2016/2017. Menurut situs resmi SMA 1 PSKD, program eSports bertujuan untuk membekali siswa dengan keterampilan dan pengetahuan.

Sekolah ini menawarkan kursus eSports dengan tiga kategori olahraga, yaitu DOTA 2, Overwatch dan Counter Strike: Global Offensive.

Baru-baru ini, SMA 1 PSKD telah memperluas cabang gamenya ke game mobile dan game kartu. Game-game tersebut antara lain Mobile Legends, Arena of Valor, PUBG Mobile dan masih banyak lagi. 

Bina Bangsa 

Bina Bangsa 
Bina Bangsa

Bina Bangsa adalah sebuah sekolah di Malang telah mengembangkan program khusus eSports, termasuk bekerja di warnet bernama Hardcore. Bina Bangsa School atau BBS, sekolah ini membuka program eSport dan Hardcore untuk melatih siswanya dalam bidang olahraga.

Pelatihan eSports yang dilakukan meliputi seminar, berbagi pengalaman, mensponsori kompetisi, dan mendirikan perusahaan startup untuk mahasiswa. Permintaan Presiden Jokowi menegaskan adanya program ini untuk pendidikan eSports di Indonesia. 

Garnes Vidaregaande Skule

Garnes Vidaregaande Skule
Garnes Vidaregaande Skule

Pemberhentian lainnya adalah Garnes Vidaregaande Skule, sebuah sekolah di Norwegia. Disebutkan oleh Red Bull, sekolah ini merupakan salah satu sekolah yang mengintegrasikan kegiatan eSports ke dalam kurikulum.

Garnes Vidaregaande Skule mulai menerapkan program eSports ini sejak Agustus 2016. Program ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam jangka panjang. Tanpa campur aduk, member, sekolah ini telah menyiapkan PC gaming terbaik pada masanya dengan dukungan perangkat PC tercanggih.

Arlanda Gymnasiet School 

Arlanda Gymnasiet School 
Arlanda Gymnasiet School

Terakhir, Arlanda Gymnasiet School, sekolah di Swedia yang memperkenalkan program eSports pada tahun 2015. Sekolah ini mengajarkan berbagai kursus eSports seputar taktik dan penguasaan eSports.

Program sekolah Arlanda Gymnasiet melatih siswa yang tertarik untuk menjadi atlet profesional di seluruh dunia. MCV mengatakan, salah satu lulusan sekolah ini bernama Felix Andersson dapat menjadi salah satu Elite Global di CS. 

Baca juga: 5 Sekolah Desain Game di Illinois

Sekolah Seni Lanxiang  

sekolah yang mengajarkan desain game
Sekolah Seni Lanxiang adalah sekolah yang mengajarkan desain game

Lanxiang Technical College adalah sekolah yang mengajarkan desain game berikutnya yang memiliki program eSports, sekolah ini berlokasi di Jinan, China. Program beasiswa eSports ini ditawarkan kepada siswa dengan pendidikan akademis dan praktis.

Program ini merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa yang memilih jurusan eSports dan Manajemen. Pada tahun 2018, Sekolah Teknik Lanxiang memiliki 50 siswa yang berpartisipasi dalam acara eSports.

Mahasiswa yang masuk jurusan ini akan membayar biaya kuliah yang tinggi. Selama satu tahun, siswa akan membayar 1470 euro atau sekitar Rp. 23 juta. Tentu saja kursus lain mencakup eSports dan manajemen. Siswa akan mempelajari berbagai permainan seperti League of Legends, Overwatch, Counter Strike dan banyak lagi.

Baca juga: 5 Sekolah Desain Video Game Di Pennsylvania

SMA di atas menjadi sekolah yang mengajarkan desain game dengan program eSports terbaik di dunia, dan kedepannya akan lebih banyak lagi sekolah yang mengimplementasikan program eSports.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!