Ragnarok Origin Rilis 6 April 2023! Cek Berita Terbarunya Disini!

Cara Menaikkan Divine Power Pet

Para pecinta game online lawas tentu sudah tidak sabar menunggu rilisnya lineup remake legendaris satu ini: Ragnarok Origin! Yap, mereka sudah datang dalam perangkat smartphone lho!

Seiring dengan maraknya demam platform mobile dewasa ini, berbagai pengembang game berusaha untuk terjun ke industri tersebut.

Mereka berlomba-lomba menghadirkan berbagai instalasi yang dapat merajai pangsa pasar bersangkutan.

Dan tentu tak terkecuali Gravity selaku pengembang franchise Ragnarok! Dengan nama yang sudah begitu terkenal, wajar bila mereka seakan enggan melewatkan kesempatan emas ini.

Berbekal popularitas yang sudah terlampau gaung, sang developer pun akhirnya yakin untuk kembali membawakan game terbaru J-RPG mereka. Dan untuk genre yang satu ini, kiprah Gravity tidak perlu diragukan lagi.

Jadi bagaimana? Penasaran? Nah, supaya Vicigers bisa paham detail-detailnya sebelum download, yuk disimak!

Baca juga: Cara Top Up Ragnarok Origin Termurah, Mulai Rp3000-an!

Sekilan Tentang Ragnarok

Unduh Ragnarok Online
Unduh Ragnarok Online. Sumber: Gravity Official Site

Sedikit bernostalgia nih Vicigers, game Ragnarok sendiri sudah banyak dimainkan jauh sebelum mereka beranjak ke platform yang lebih kontemporer seperti sekarang.

Semenjak keberhasilannya dalam merajai platform PC pada era awal 2000-an, online game yang satu ini berkembang dengan sangat pesat.

Yang unik dari Ragnarok adalah perbedaannya dengan franchise game kebanyakan. Apabila lineup game lain murni berasal dari satu instalasi yang akhirnya berkembang dan di adaptasi ke banyak bentuk lainnya, hal yang sama tidak terjadi pada Ragnarok.

Ragnarok sendiri mulanya berasal dari komik (manga) seri pendek yang cukup laris di pasar Korea Selatan. Dengan debut tersebut, lantas Gravity-pun tertarik untuk membuat adaptasi game online-nya. Tanpa diduga, langkah inilah yang malah membuat nama Ragnarok menggema hingga ke seluruh dunia.

Baca juga: Yuk Top Up Game Pakai Kode Promo VCGamers, Diskon Hingga Rp150 Ribu!

Beberapa Instalasi Ragnarok

Semenjak rilisan pertama mereka pada tahun 2002, Gravity sendiri pada dasarnya juga sudah mengeluarkan beberapa game Ragnarok lainnya.

Ada yang merupakan sequel, ada juga yang bersifat remake; ada yang menyasar pasar desktop, dan ada pula yang mengincar pangsa mobile.

Namun yang manapun di jamin bakal memuaskan dahaga para penyuka setia franchise ini deh! Biar Vicigers paham lineup game Ragnarok lainnya, kami bakal kasih beberapa di antaranya berikut ini:

Ragnarok Online II

Dirilis pada tahun 2007, instalasi ini merupakan sekuel dari Ragnarok Online (2002).

Dengan grafik yang lebih modern dan fitur yang lebih kompleks, sistem pertempuran game ini pun berbeda dengan Ragnarok Online karena bersifat real-time.

Beberapa perubahan tersebut diharapkan dapat membantu Ragnarok bersaing dengan tren industri gaming desktop kala itu.

Ragnarok: Valkyrie Uprising

Merupakan game mobile yang dirilis pada tahun 2013. Lucunya, pada instalasi ini, Gravity seakan ingin kembali mempertahankan keunikan grafik 2D original dari sang franchise.

Maka dari itu, game ini memiliki tampilan, serta gameplay yang mirip dengan Ragnarok Online.

Namun perbedaan kontras terlihat pada sisi style visual game ini yang cenderung berkarakter “chibi”.

Ragnarok Mobile: Eternal Love

Instalasi bertajuk ‘M: Eternal Love’ (MEL) ini merupakan game Ragnarok pada platform mobile selanjutnya yang dirilis pada tahun 2017.

Meski masih mempertahankan elemen gameplay dan karakteristik yang sama, namun game ini hadir dengan grafik 3D yang memanjakan mata serta sistem pertempuran yang lebih dinamis. MEL juga memperkenalkan fitur-fitur baru seperti auto-battle yang memudahkan pemain dalam grinding item maupun exp.

Baca juga: Ketahui 5 Hal Ini Sebelum Bermain Game God of War Ragnarok

Ragnarok Origin

Grafis Ragnarok Origin
Grafis Ragnarok Origin. Sumber: YouTube/Android/iOS/Nintendo Switch Gameplay – PROAPK

Baik! Saatnya masuk ke bahasan utama mengenai Ragnarok Origin. Lantas seperti apa sih game terbaru Gravity kali ini?

Supaya bisa terbayang, cara termudah tentu melalui perbandingan dengan game-game Ragnarok sebelumnya yang sudah dirinci di atas!

Secara setting, genre, dan gameplay, lagi-lagi, Gravity masih menggunakan rumusan dan universe Ragnarok yang sama. Perbedaan yang cukup kontras hanyalah berada pada grafik.

Apabila berkaca pada instalasi yang sudah-sudah, Ragnarok Origin mengambil aspek grafis 3D yang di usung oleh Ragnarok Online II namun dengan style kartun dan nuansa “imut” yang lebih kental.

Dari sebelum-sebelumnya, yang paling mendekati dengan game ini adalah Ragnarok MEL. Meski begitu, bila sepintas, Ragnarok Origin akan mengingatkan gamer-gamer lawas pada salah satu game J-RPG legendaris lainnya yakni Seal Online!

Ragnarok Official Site
Ragnarok Official Site. Sumber: Gravity Official Site

Bagi Vicigers yang sudah enggak sabar ingin memainkannya, bisa langsung unduh di gawai Android/iOS maupun desktop kalian melalui Play Store (Android), Apps Store (iOS), AppGalery (Huawei), dan Razer Gold.

Baca juga: Pre-Register Ragnarok Origin Sudah Dibuka, Buruan Ikutan!

Buat kamu yang mau Top Up Nyan Berry Ragnarok Origin termurah dan tercepat, langsung ke VCGamers Marketplace sekarang ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!