Profil Bastion Overwatch, Hero Damage dari Ironclad Guild

Bastion Overwatch

Overwatch memiliki 37 hero dengan role dan kemampuan unik yang berbeda-beda. Salah satunya adalah Bastion Overwatch, Hero dari Ironclad Guild.

Terdapat tiga role hero yang ada di Overwatch yaitu Tank, Damage, dan Support. Bastion sendiri termasuk kedalam kategori Damage.

Sebagai hero damage, Bastion memiliki tugas untuk mencari, menarik, dan mengalahkan musuh menggunakan beragam peralatan dan kekuatan yang mereka miliki. Dengan bermain sebagai role ini, kamu harus memiliki skill yang kuat.

Artikel kali ini akan membahas tentang profil Bastion Overwatch, kemampuan, serta trivia menarik dari robot yang satu ini. Untuk kamu yang belum mengenal Bastion, yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Semua Update Overwatch 2 Patch Notes Season 5

Profil Bastion Overwatch

Profil Bastion Overwatch
Profil Bastion Overwatch. Source: PlayOverwatch/Youtube

Bastion adalah sebutan untuk unit pasukan robot yang memiliki kekuatan unik untuk melakukan konfigurasi ulang diri mereka sendiri menjadi mode assaultcanon. Pasukan robot ini awalnya dibuat dengan tujuan untuk menjaga perdamaian.

Namun, selama krisis Omnic, mereka semua berubah melawan para pembuatnya. Bastion membentuk sekumpulan prajurit Omnic pemberontak sehingga hampir dari seluruh unit robot yang satu ini dihancurkan atau dibongkar.

Hingga saat ini, unit Bastion menjadi simbol tentang kengerian dari konflik krisis Omnic. Bastion sendiri di program untuk melakukan misi menyerang Stuttgart bersama dengan unitnya, namun robot ini mengalami kerusakan parah saat pertarungan.

Berada dalam Black Forest di dekat Eichenwalde, dirinya terlupakan selama lebih dari satu dekade. Pada saat itu, lumut dan rumput telah menyelimuti robot ini dan membuatnya sulit untuk dikenali.

Suatu hari, Ganymede membuat sebuah sarang pada bahu kanan Bastion dan tak sengaja mengaktifkan robot ini. Dengan program sama untuk menghancurkan Suttgart, dia memulai perjalanan menuju kota sambil mengagumi lingkungan di sekitarnya.

Bastion Overwatch - Ganymede (1)
Ganymede. Source: PlayOverwatch/Youtube

Bastion menjadi dekat dengan Ganymede dan bahkan menawarkan ranting untuk membuat sarang yang cukup besar. Namun, suara ketukan burung pelatuk mengejutkan robot ini dan mengingatkannya pada suara tembakan.

Bastion tiba-tiba berubah kedalam mode assault-canon dan menembakkan peluru secara membabi buta hingga menakuti Ganymede dan menghacurkan pepohonan disekitarnya.

Setelah berhasil mengendalikan dirinya, Bastion melihat sarang Ganymede yang telah hancur ditanah. Dia menyadari apa yang dilakukannya dan dengan sedih melanjutkan perjalanan menuju destinasi tujuannya.

Saat berada di padang rumput antara Stuttgart dan hutan, Bastion kembali melihat kedalam hutan. Saat ia mulai kembali berjalan, kakinya tersandung sebuah robot unit Bastion yang telah hancur.

Tak lama, dirinya menyadari ada banyak robot lainnya yang telah hancur dan tersebar di padang rumput tersebut. Bastion lalu mengakses memori terakhir dari unit tersebut.

Bastion menemukan dirinya berada dalam pertempuran tersebut dan melihat rekan satu unitnya melawan para tentara Jerman sebelum dihancurkan oleh Balderich von Adler.

Perang Omnic
Perang Omnic. Source: PlayOverwatch/Youtube

Dengan kejelasan baru dari tujuannya, Bastion kembali kedalam protokol perangnya. Dia siap berbaris kembali menuju Stuttgart untuk melancarkan serangan frontal.

Namun sebelum dirinya sempat melangkah lebih jauh, Ganymede kembali menemukannya dan mendarat pada Bastion. Dia membawa sebuah ranting sebagai tanda pertemanan dengan Bastion seperti yang dia lakukan sebelumnya.

Bastion Overwatch - Ganymede (2)
Ganymede membawa ranting untuk Bastion. Source: PlayOverwatch/Youtube

Bastion yang merasa kesulitan dengan dirinya kembali menjadi damai. Dengan menaruh ranting tersebut dipundaknya, dia kembali masuk kedalam hutan dengan membawa Ganymede dijarinya.

Kemampuan Bastion Overwatch

Bastion Overwatch - Configuration Tank
Skill Configuration Tank Bastion Overwatch. Source: PlayOverwatch/Youtube

Bastion Overwatch memiliki kemampuan untuk bertransformasi dari mode Assault, Recon dan konfigurasi Artillery penghancur yang membuat robot ini dilengkapi dengan damage yang tinggi. Berikut adalah daftar kemampuan dari Bastion:

  • Ironclad – Mengurangi damage yang didapatkan saat melakukan transformasi sebanyak 20%
  • Configuration: Recon – Bastion menjadi mobile sepenuhnya, dilengkapi dengan senapan mesin ringan yang dapat menembakkan peluru pada jarak menengah
  • Reconfigure – Bertransformasi antara dua mode pertempuran utamanya untuk beradaptasi di medan perang. Setelah 1.5 detik melakukan satu konfigurasi, amunisi dari konfigurasi lainnya akan terisi ulang secara otomatis
  • Configuration: Tank – Bastion menjadi sebuah tank yang bergerak lambat dengan meriam putar yang kuat
  • A-36 Tactical Grenade – Menembakkan sebuah bom yang akan memantul dan meledak saat mengenai lawan atau terjatuh ke tanah.
  • Configuration Artillery – Bastion tidak dapat bergerak dan dapat menembakkan hingga tiga peluru artileri yang kuat

Bastion adalah hero dengan dua bentuk utama. Bentuk asli dari robot ini adalah bipedal yang bisa bergerak dengan senapan mesin ringan sedangkan bentuk yang kedua adalah sebuah turet yang tidak mudah untuk bergerak.

Turet yang dibuat oleh Bastion menjadi salah satu pemberi damage yang tinggi dalam game ini dengan kemampuan untuk menghancurkan perisai dan hero yang kuat. Sayangnya Bastion tidak dapat memberikan tembakan critical pada lawannya.

Baca juga: Overwatch Crossplay, Main Beda Platform Jadi Mudah!

Trivia

LEGO Overwatch Bastion
LEGO Bastion Overwatch. Source: PlayOverwatch/Youtube

Berikut adalah trivia menarik yang wajib kamu ketahui dari Bastion Overwatch:

  • Potret Bastion tersedia di Star Craft II untuk mereka yang membeli ediri Origins dari game ini
  • Terdapat beberapa Bastion yang sudah mati di peta Eichenwalde seperti yang terlihat di animasi pendek The Last Bastion
  • Unit yang ada di peta Eichenwalde memiliki label B73
  • Bastion muncul dalam set awal dari game LEGO Overwatch
  • Line suara ZER ZER EE NUM dibuat berdasarkan referensi langsung dari seri Terminator

Nah, itulah artikel tentang profil Bastion Overwatch. Apakah hero damage dari Ironclad Guild yang satu ini adalah karakter favoritmu di Overwatch?

Baca juga: Rank Overwatch 2 dan Reward yang Kamu Dapatkan

Jangan lupa, untuk Top Up Game murah dan cepat langsung saja ke VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!