Cara Ubah PSID Network 2023, Mudah Kok!

Ubah PSID

Setelah penantian yang cukup lama, akhirnya Sony memperkenalkan rencana untuk mengganti username atau fitur ubah PSID (PlayStation Network).

Meskipun Sony mengizinkan untuk mengubah nama pengguna di PSN, itu hanya dapat dilakukan sekali secara gratis. Jika kamu mengubah nama pengguna PlayStation Network dan ingin mengubahnya lagi, kamu akan dikenakan biaya.

Perlu diingat bahwa perubahan nama pengguna PSN ini dapat menyebabkan masalah umum pada beberapa daftar game. Sebelum mengubah nama pengguna PSN, Sony akan meminta untuk mencadangkan data game yang ada dan berpotensi penting.

Cara ubah username PS Network sendiri bisa kamu lakukan lewat konsol PS3 atau PS4, atau di PC dengan mengunjungi website PSN. Buat kamu yang belum tahu cara ubah PSID, simak ulasan berikut.

Baca juga: Cara Membuat Game Android di HP Anti Repot, Beserta Tipsnya!

Cara Ubah PSID Network 2023

Playstation Store Summer Sale 2023
Playstation Store. Source: playstation.com

Biaya perubahan nama PSN adalah sekitar $4,99 (Rp 71.000) untuk pelanggan PlayStation Plus, atau $9,99 (Rp 142.000) untuk pelanggan lain.

Dilansir dari lan resmi Sony Entertainment, berikut adalah cara ubah PSID Network dengan mudah menggunakan situs web Sony:

  1. Langkah awal adalah masuk ke akun Sony;
  2. Setelah itu, kamu akan melihat nama akun PSN atau “ID Online”;
  3. Klik “Edit” untuk mengubah nama pengguna;
  4. Sony akan menaikkan peringatan yang tercantum di atas. Klik “Saya setuju” untuk melanjutkan ke langkah berikutnya;
  5. Masukkan nama pengguna baru;
  6. Selesai.

Selain dapat ubah PSID dari web, kamu juga dapat melakukannya dari pengontrol PS4. Berikut cara mengganti ID PSN di PS4:

  1. Pada dasbor utama PS4, pilih “Pengaturan”;
  2. Gulir daftar hingga menemukan opsi “manajemen akun”. Klik dan pilih “Informasi Akun” & “Profil” & “ID Online”;
  3. Kamu akan menerima peringatan sebelum perubahan nama;
  4. Setelah mendapatkan peringatan ini, kamu dapat memasukkan nama pengguna baru;
  5. Selesai.
Baca juga: Daftar Game yang Diskon di Playstation Store Summer Sale 2023

Kerugian Mengganti Nama PSID

Sejarah PlayStation
PlayStation. Sumber: VCGamers

Ada beberapa resiko yang mungkin akan kami dapatkan jika mengganti nama ID PS selain dikenakan biaya. Karena perubahan ini tidak berlaku untuk semua game, beberapa game mungkin tidak berfungsi.

Nama panggilan online lama mungkin terus muncul untukmu dan pengguna lain, tetapi mungkin tidak lagi muncul di tempat tertentu dalam domain (misalnya, papan peringkat game).

ID diperbarui secara otomatis jika keluar dan kembali untuk game yang sama, atau melakukan aktivitas lain dalam game setelah masuk. Akun pengguna PlayStation terkadang tidak ditautkan dari akun game.

Beberapa game dapat memulihkan pengaturan dengan keluar lalu masuk kembali ke game. Dalam beberapa kasus, dimungkinkan untuk mendapatkan kembali pekerjaan normal dengan mengembalikan ID lama. Selain itu, lebih baik menyimpannya jika memungkinkan agar tidak berubah.

Mengetahui cara ubah PSID mungkin cukup mudah. Tapi, hal ini memang berbayar dan ada beberapa resiko seperti yang penulis jelaskan di atas.

Baca juga: Cara Daftar Trial Gratis 7 Hari PlayStation Plus Premium Plan

Kamu bisa top up Playstation Network (PSN) hanya di VCGamers Marketplace. Dapatkan juga harga menarik khusus hari ini!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!