Panduan Redstone Minecraft untuk Pemula, Baca Ini!

Redstone Minecraft

Redstone Minecraft adalah salah satu fitur yang keren dalam game ini. Karena, fitur ini berupa kelektrikan yang bisa kamu gunakan untuk berbagai macam hal.

Jika digunakan dengan benar, komponen redstone Minecraft adalah beberapa blok terkuat di dalam game. Fitur ini merupakan salah satu alat tercanggih yang dapat dibuat.

Sebagai pemula, kamu harus tahu beberapa panduan singkat mengenai redstone Minecraft agar nggak awam banget.

Untuk dapat membuat komponen redstone minecraft tingkat lanjut, kamu harus terlebih dahulu mempelajari mekanisme sederhana yang akan kami berikan dalam artikel ini.

Baca juga: Minecraft Movie: Jadwal Rilis dan Aktor Pemerannya

Apa Itu Redstone Minecraft?

redstone minecraft
Batu Merah Minecraft. Source: Youtube/Wilzy.

Redstone Minecraft merupakan elemen yang dapat ditemukan dalam berbagai bentuk di seluruh dunia Minecraft.

Fitur ini paling sering digunakan sebagai bahan dalam kreasi mekanik. Itu dapat ditemukan di dunia luar dan bawah. Elemen dapat ditemukan sebagai bijih redstone atau debu redstone.

Elemen ini bisa kamu hasilkan baik sebagai blok bijih di bawah tanah atau sebagai barang rampasan di peti di berbagai struktur yang dibuat secara alami.

Elemen ini memang perlu ditambang menggunakan beliung besi. Itu menjatuhkan 4 atau 5 debu redstone (atau lebih dengan pesona keberuntungan, rata-rata 6 debu redstone dengan Fortune III). Jika ditambang dengan pesona sentuhan sutra, balok itu akan jatuh dengan sendirinya, bukan debu redstone.

Selain itu, kamu dapat menemukannya di peti jarahan di struktur yang dibuat secara alami seperti desa, mineshafter, ruang bawah tanah , rumah hutan, dan benteng. Peluang satu unit debu redstone muncul di peti jarahan masing-masing adalah 44 persen.

Kamu juga bisa menemukan 5 debu redstone di salah satu ruang sel penjara di dalam rumah hutan. Di kota-kota kuno, banyak potongan debu redstone dapat ditemukan terintegrasi ke dalam sirkuit.

Panduan Singkat Redstone Minecraft untuk Pemula

Jika kamu masih bingung dengan fitur yang satu ini, kami akan berikan beberapa panduan singkat yang bisa kamu terapkan dalam permainan jelajah dunia ini.

Redstone Vertikal dengan Obor

Redstone Vertikal dengan Obor
Redstone Vertikal dengan Obor. Source: Youtube/JKap.

Salah satu panduan redstone Minecraft paling dasar adalah membuat sinyal bergerak ke atas. Sebagian besar pemula dalam game ini pasti akan kesulitan dengan ini karena membangun jalur landai yang besar hanya untuk menaikkan sinyalnya ke atas.

Untuk melakukan perjalanan ke atas, kamu hanya membutuhkan obor. Untuk melakukan perjalanan ke bawah, kamu hanya membutuhkan obor dan debu redstone.

Kamu juga harus menyadari fakta bahwa sinyalnya bertenaga hanya dapat menempuh 15 blok sebelum tidak bertenaga. Ini penting untuk diketahui jika kamu sudah berencana membuat alat redstone yang membutuhkan sinyal yang panjang.

Baca juga: Daftar Lengkap Monster Minecraft 2023

Perpanjang Sinyal Redstone

Perpanjang Sinyal Redstone
Perpanjang Sinyal Redstone. Source: Youtube/AWB.

Sekarang setelah kamu sudah mengetahui berapa lama sinyal redstone dapat berjalan sebelum tidak aktif, kamu juga harus tahu cara memperpanjang sinyal tersebut. 

Dengan menempatkan sinyal pada debu redstone yang masih diberi daya, sinyal tersebut akan menempuh 15 blok lagi sebelum mati lagi.

Satu-satunya masalah dengan teknik ini adalah sekarang akan ada penundaan sinyal karena perpanjangan. Penundaan ini dapat ditingkatkan dengan mengatur tombol pada repeater.

Sekarang setelah kamu sudah memiliki pengetahuan dasar tentang redstone minecraft, kamu dapat mulai membuat alat sederhana.

Fungsi Redstone

redstone minecraft
Batu Merah Minecraft. Source: Youtube/Xap.

Elemen ini memiliki banyak kegunaan. Elemen ini paling sering digunakan untuk membuat komponen redstone seperti obor redstone, repeater, dan sebagainya. 

Elemen ini juga dapat ditempatkan langsung di tanah untuk membuat kabel redstone yang kemudian dapat digunakan untuk membentuk sirkuit dan mengalirkan daya redstone. Redstone juga merupakan bahan penting untuk menyeduh ramuan.

Redstone menjadi bahan yang sangat berguna di Minecraft yang dapat ditemukan jauh di bawah tanah. Kamu dapat menemukannya di gua atau dengan menggali. Ini relatif jarang, dan kamu hanya bisa menggalinya dengan beliung yang terbuat dari besi atau bahan yang lebih besar. 

Dengan menggunakan elemen ini, kamu dapat membuat lampu, membuka pintu, dan membuat alat mekanis yang dapat mengangkat batu, mengangkat jembatan, atau memindahkan air.

Baca juga: Update Minecraft 1.20 Hadirkan Fitur Baru, Keren Nih!

Nah, untuk melakukan Top Up Minecraft paling murah dan banyak promo setiap hari hanya ada di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!