Inilah Berbagai Game dengan Glitch Menjadi Fitur Resmi, Engga Nyangka!

game dengan glitch menjadi fitur

Glitch kadang memang cukup mengganggu untuk para pemain dalam game apapun.

Selain banyak dampak negatif yang cukup mengganggu gameplay pada saat bermain, banyak kekurangan dari glitch yang membuat game tidak menyenangkan lagi untuk dimainkan.

Namun nyatanya tidak semua glitch disambut buruk oleh para pemain maupun pengembang game

Berbagai game dengan glitch menjadi fitur dirilis secara resmi justru disukai oleh para pemain.

Daftar Game dengan Glitch Menjadi Fitur Resmi

Minecraft

game dengan glitch menjadi fitur creep minecraft
Creep

Apakah kamu tahu Creeper dalam Minecraft adalah glitch? Betul jika dikatakan bahwa Creeper merupakan glitch yang secara tidak sengaja ditemukan dan menjadi fitur resmi.

Minecraft adalah salah satu game dengan glitch menjadi fitur resmi yang sekarang bisa kamu temui di game resminya.

Markus Persson, salah satu programmer dan desainer untuk game Minecraft ingin sekali mewujudkan NPC berbentuk babi saat awal pengembangan game Minecraft.

Pada saat memasukkan kode, Persson tidak sengaja memasukkan kombinasi yang berbeda yang cukup fatal mengubah idenya.

NPC yang diharapkan muncul sebagai babi justru malah muncul sebagai Zombie. Tanpa disangka glitch ini justru menjadikan ide bagus.

Zombie ini akhirnya dipertahankan dan diberi nama Creeper. Game dengan glitch menjadi fitur ini menjadikan Creeper sebagai musuh yang akan mengejar pemain dan meledakkan diri setiap saat.

Baca juga : Simak! 3 Cara Download Minecraft Gratis

Team Fortress 2

game dengan glitch menjadi fitur spy team fortress
Spy Team Fortress

Jika Minecraft punya Creeper dari kecelakaan karena glitch, maka Team Fortress juga tidak mau kalah dengan menghadirkan Spy class.

Game dengan glitch menjadi fitur ini awalnya juga karena sebuah ketidaksengajaan. 

Pada awal game Team Fortress ini dirilis, karakter dengan Spy Class tidak pernah dimunculkan.

Glitch yang dihasilkan berupa adanya nama pemain yang diberikan warna berbeda. Warna tersebut berubah – ubah sehingga membuat pemain kebingungan mana yang merupakan tim kelompok dan mana yang merupakan musuh. 

Kadang musuh akan memiliki warna yang sama dengan tim pemain namun kadang tim pemain yang berubah warna menjadi musuh.

Hal tersebut bukan malah dihilangkan oleh pengembang game namun dijadikan inspirasi. Dengan cerdik, game dengan glitch menjadi fitur resmi ini malah menjadikan inspirasi tersebut terwujud dalam bentuk Spy Class.

Spy Class ini nantinya bisa dengan mudah mengecoh dan mengelabui musuh dengan berpura – pura menjadi anggota tim. Hal ini menjadikan Team Fortress menjadi game dengan glitch menjadi fitur karakter.

Baca juga : Ingin Bermain Game FPS di PC? Lakukan 5 Tips Ini!

Grand Theft Auto

game dengan glitch menjadi fitur gta
Race N Chase

Jauh sebelum Grand Theft Auto dirilis dan populer seperti sekarang ini, game yang disingkat menjadi GTA ini merupakan game gagal.

Dengan judul Race N Chase, game dengan glitch menjadi fitur resmi ini  merupakan game top-down action, alias pemain bisa untuk multiperan atau berperan sebagai 2 pihak dua peran. 

Game ini awalnya difokuskan hanya kejar-kejaran antara polisi dan penjahat. Tidak adanya tantangan atau gameplay lain yang menyebabkan pemain mudah bosan.

Berbagai kritik pedas dilontarkan untuk Race N Chase hingga membuat Gary Penn, developer GTA menjadi frustasi.

Pemain akhirnya menemukan glitch dimana polisi yang dijalankan bisa menjadi sangat liar. Kejar-kejaran antara polisi dan penjahat bisa menjadi balapan liar. 

Baik penjahat maupun polisi karena glitch ini bisa mengejar tanpa mempermasalahkan warga sekitar bahkan merusak lingkungan.

Alih – alih diperbaiki, glitch ini justru menjadikan inspirasi untuk membuat game baru hingga lahirnya GTA.

GTA mungkin merupakan game dengan glitch menjadi fitur yang bahkan menjadi game baru itu sendiri. GTA sendiri sekarang diketahui akan merilis GTA 6 dan masih sangat dicintai oleh para pemain game.

Baca juga : Rockstar Pastikan Sedang Garap GTA 6, Dirilis Tahun Ini?

Mario Bros

game dengan glitch menjadi fitur mario bros
Kotak Mario Bros

Pada awal game Mario Bros tidak memiliki box atau kotak yang terisi koin. Hal tersebut merupakan glitch yang tidak sengaja ditemukan.

Kotak ini berisi koin yang dapat menambahkan skor untuk para pemain. Namun jumlah koin yang diberikan tidak banyak dalam 1 kotak sedangkan glitch bisa memberikan beberapa koin sekaligus.

Hal tersebut ternyata diakibatkan oleh glitch. Namun glitch yang satu ini tentu saja membuat senang pemain senang karena dapat mendapatkan koin sebanyak – banyaknya.

Glitch tersebut sebenarnya telah dihilangkan oleh pengembang game Mario Bros namun akhirnya dikembalikan sehingga mario Bros menjadi game dengan glitch menjadi fitur resmi lainnya.

Baca juga : Mario Kart Tour, Balapan Seru Ala Nintendo di Ponsel

Tomb Raider

game dengan glitch menjadi fitur tomb raider
lara Croft, Karakter Utama Tomb Raider

Fenomena game dengan glitch menjadi fitur resmi ini juga dirasakan oleh game Tomb Raider. 

Glitch yang ada pada game ini mungkin bisa dibilang paling minor diantara yang lainnya. Pengembang game Tomb Raider awalnya sedang mendesain karakter Lara Croft sebagai karakter wanita yang sebelumnya laki-laki.

Karena permasalahan hak cipta dengan Indiana Jones, karakter Tomb Raider diubah menjadi perempuan dan diberi nama Lara Croft.

Untuk menambah sisi feminim dan sisi wanita, Toby Gard menambahkan ukuran bust size menjadi 50. Namun karena kelalaian, ukuran tersebut malah berubah menjadi 150.

Desain karakter terburu-buru dikirim dan diberi tanda persetujuan sebelum Gard sempat mengubah kesalahan tersebut. Namun siapa sangka hal tersebut justru menjadi game dengan glitch menjadi fitur sendiri dan membuat populer Tomb Raider.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!