Genre Game Baru yang Harus Kamu Mainkan di Tahun 2024

Cara Menghubungkan Oculus ke PC

Inovasi teknologi dan tren sosial telah mendorong para developer game untuk menciptakan berbagai judul game di area baru. Artikel ini memperkenalkan genre game baru untuk dijelajahi pada tahun 2024. Jadilah yang pertama menemukan judul-judul yang menawarkan pengalaman baru bagi para pemain.

Baca juga: 5 Daftar Games PC Genre Puzzle Terbaik

Genre Game Baru untuk Dimainkan pada Tahun 2024

Pada tahun 2024, industri game berada dalam pergolakan perubahan dan evolusi. Teknologi inovatif bermunculan setiap hari, seperti sistem operasi untuk ponsel pintar, layanan cloud seperti Steam, dan bahkan perangkat lunak seperti mesin game

Teknologi-teknologi tersebut membuka pintu bagi kemungkinan-kemungkinan baru dan pengalaman yang belum pernah ada sebelumnya bagi para perencana, perancang, dan pemain game.

Dan game-game baru yang memperkenalkan augmented reality (AR), virtual reality (VR), atau bahkan blockchain telah menarik perhatian sebagai genre untuk dieksplorasi yang akan sangat menarik di tahun-tahun mendatang.

Baca juga: Rekomendasi Game PPSSPP Android Genre Anime Paling Seru!

Game AR

Genre Game Baru
Pokemon Go. Source: Niantic

Kemajuan teknologi AR mengaburkan batas antara dunia nyata dan dunia virtual. Oleh karena itu, game berbasis AR yang memanfaatkan hal ini memberi pemain tingkat imersi dan interaktivitas yang baru. Dengan mengintegrasikan lingkungan sehari-hari ke dalam gameplay, pengalaman baru diciptakan.

Game AR yang umum adalah, pertama-tama, Pokémon GO. Game berbasis lokasi ini, di mana dunia virtual meluas berdasarkan lokasi pengguna saat ini, masih menarik penggemar delapan tahun setelah diluncurkan. 

Di Amerika Serikat, misalnya, Pokémon GO masih menjadi game berbasis lokasi terlaris dalam peringkat pendapatan untuk periode Januari hingga Desember 2023.

Sementara itu, di Jepang, Dragon Quest Walk menduduki peringkat teratas dalam hal pendapatan untuk periode yang sama. Game yang memungkinkan pemain untuk berjalan di dunia nyata dan menantang monster tradisional serta misi dari seri Dragon Quest ini kemungkinan akan terus memimpin game AR pada tahun 2024, dengan pendapatan tahunan sekitar JPY 44,3 miliar, menurut sebuah studi oleh Sensor Tower.

Baca juga: 5 Game Switch Terbaik Genre RPG, Seru Nih!

Game VR

Genre Game Baru
Sword Art Online. Source: Netflix

Tidak seperti game AR, game yang memanfaatkan teknologi VR menggabungkan interaksi dengan cerita yang lebih dalam dan dunia virtual yang lebih realistis.

VRChat, misalnya, adalah platform yang memungkinkan pemain untuk membuat avatar mereka sendiri dan berinteraksi dengan pengguna lain di berbagai lingkungan virtual. Platform ini menawarkan kemungkinan yang hampir tak terbatas dalam ruang VR untuk bersosialisasi, bermain game, dan bahkan mengorganisir acara.

Game VR populer lainnya dengan open world yang epik adalah ZENITH: THE LAST CITY, sebuah game VR yang terinspirasi dari anime populer Jepang, Sword Art Online. Pemain dapat terlibat dalam pertarungan sihir dan pedang, membuat kerajinan, dan bermain secara bersamaan dengan pemain lain.

Game Blockchain

Semantic Web Blockchain
Blockchain. Source: Medium

Game blockchain adalah jenis video game yang memanfaatkan teknologi blockchain. Dengan menggunakan teknologi distributed ledger, kepemilikan item dan mata uang dalam game dicatat. Hal ini memungkinkan pemain untuk memiliki aset digital unik yang tidak dapat dirusak dan dapat diubah menjadi aset dunia nyata.

Di antaranya, Sorare memungkinkan game berdasarkan kinerja pemain sepak bola sungguhan, dimana pemain mengumpulkan kartu digital yang mewakili pemain sepak bola. Kartu-kartu ini kemudian dicatat di blockchain sebagai token non-alternatif (NFT), dengan setiap kartu memiliki informasi kepemilikan yang unik dan dapat dibeli dan dijual secara bebas.

Dalam PROJECT XENO, yang dapat dimainkan di ponsel pintar, pemain juga dapat membeli dan menjual NFT mereka, dan meskipun baru dirilis pada tahun 2023, NFT ini sudah terdaftar di berbagai bursa internasional utama. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan uang dari hasil pertandingan.

Selain itu, masih banyak game online lain yang memanfaatkan teknologi blockchain yang tidak dapat diabaikan.

Memasukkan teknologi blockchain ke dalam platform permainan dapat meningkatkan transparansi, keadilan, keamanan, dan anonimitas pengguna.

Beberapa judul game blockchain populer seperti Axis Infinity, Aurory, Alien Worlds, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca juga: Rekomendasi 5 Game Mobile Terbaik 2024

Interactive Storytelling

Detroit: Become Human
Detroit: Become Human. Source: PlayStation

Interactive Storytelling adalah bentuk baru penceritaan dalam domain game. Setiap keputusan yang kamu buat, setiap pilihan dialog yang kamu buat, setiap tindakan yang kamu lakukan dalam game memiliki dampak langsung pada bagaimana cerita terungkap dan bagaimana cerita berakhir. Dan bahkan pilihan kecil pun dapat mengubah arah cerita dan nasib karakter.

Interactive Storytelling mempertimbangkan penggunaan AI di masa depan, di mana AI secara otomatis menghasilkan perkembangan cerita berdasarkan pilihan dan tindakan pemain. Hal ini akan memungkinkan untuk memberikan pengalaman naratif yang unik bagi setiap pemain.

Judul-judul yang saat ini populer dalam genre Interactive Storytelling adalah Detroit: Become Human dan Life is Strange. Detroit: Become Human adalah sebuah game petualangan yang berlatar di Detroit di masa depan, di mana android canggih dengan emosi seperti manusia terintegrasi secara mendalam ke dalam kehidupan sehari-hari. 

Pemain maju melalui cerita melalui perspektif tiga android yang berbeda, Connor, Kara dan Marcus, dengan banyak titik percabangan dan beberapa akhiran tergantung pada pilihan pemain. Mereka dipaksa untuk membuat pilihan etis dan keputusan sulit yang mengeksplorasi tema-tema mendalam seperti hak-hak android, kemanusiaan, dan kebebasan.

Di sisi lain, Life is Strange adalah sebuah seri film yang terdiri dari Life is Strange, Life is Strange: Before the Storm dan Life is Strange 2. Masing-masing memiliki karakter dan cerita yang berbeda, namun tema umumnya adalah perjuangan masa remaja, persahabatan, dan beratnya pilihan. Dan, seperti di Detroit: Become Human, pilihan pemain akan memengaruhi nasib karakter dan hubungan mereka. Selain itu, gaya visual dan soundtrack yang indah juga menambah daya tarik seri ini.

Baca juga: 5 Daftar Games Edukasi Mobile Terbaik 2024, Auto Makin Pinter!

Permainan Serius

Foldit
Foldit. Source: MGHPCC

‘Permainan serius’ adalah permainan yang dirancang terutama untuk mendidik, melatih, mengobati, atau meningkatkan kesadaran akan isu-isu sosial dan politik. Melalui permainan, game ini bertujuan untuk mempelajari pengetahuan atau meningkatkan keterampilan di bidang tertentu, meningkatkan kemampuan memecahkan masalah, atau menciptakan kesadaran akan topik-topik sosial yang penting, namun tetap memiliki unsur hiburan.

Judul-judul spesifik yang menarik termasuk, misalnya, Foldit, sebuah permainan puzzle online yang bertujuan untuk memecahkan teka-teki melipat protein. Game ini mendorong pemain untuk bekerja sama untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan struktur protein yang tidak dapat dipecahkan oleh para ilmuwan. Pemain kemudian diminta untuk melipat berbagai rantai asam amino protein untuk menemukan struktur yang paling stabil.

Singkatnya, melalui Foldit, pemain dapat mempelajari konsep biokimia sambil berkontribusi pada penemuan ilmiah yang nyata. Memang, para pemain game ini telah berkontribusi pada beberapa penemuan ilmiah penting di masa lalu.

Hal menarik lainnya termasuk ‘Zooniverse’, yang dikembangkan sebagai proyek sains warga. Zooniverse memperkenalkan berbagai proyek penelitian, seperti klasifikasi galaksi, pengamatan perilaku hewan, dan menguraikan dokumen sejarah. Publik, sebagai pemain, dapat berpartisipasi dalam proyek-proyek penelitian ini, membantu memproses data dalam jumlah besar dan memungkinkan para ilmuwan untuk mendapatkan hasil penelitian dengan lebih cepat. Dengan cara ini, Foldit dan Zooniverse tidak hanya menyebarkan pengetahuan kepada para pemain, tetapi juga berperan dalam mempromosikan penelitian di seluruh dunia.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!