5 Daftar Games PC Genre Puzzle Terbaik

games pc (4)

Bagi kamu yang kesehariannya pegang laptop atau komputer (PC), pasti ada beberapa games yang terpasang di PC kamu, kan?

Biasanya banyak sekali games yang dijual di platform games untuk dipasang di PC, seperti misalnya di Steam.

Dan banyak sekali genre-genre menarik yang bisa kamu mainkan untuk menemani hari-harimu supaya tidak bosan, salah satunya adalah genre Puzzle.

Nah, genre puzzle ini sangat seru sekali untuk dimainkan. Mungkin bagi kamu yang suka teka-teki, game ini juga cocok untukmu.

Berikut ini adalah 6 rekomendasi games PC yang bergenre puzzle. Apa saja ya kira-kira? Simak disini, siapa tau ada games favoritmu juga!

Baca juga: 5 Game Tembak-tembakan PC yang Wajib Kamu Coba

The Witness

games pc (6)
The Witness (Source: Steam)

Melansir dari Steam, The Witness merupakan sebuah games PC bergenre puzzle eksplorasi dengan tembak menembak orang pertama (first-person).

The Witness dikembangkan dan diterbitkan oleh Thekla. Inc untuk PlayStation 4, Microsoft Windows, Xbox One, Nvidia Shield, MacOS, iOS dan Android.

Pada ceritanya sendiri sangat simpel dengan misterius. Nantinya, kamu sebagai pemain akan berada di pulau indah yang dipenuhi dengan teka-teki.

Tentunya, pemain bisa menemukan clue-clue yang tersembunyi pada lingkungan disana untuk memahami kondisi di pulau tersebut.

Pada gameplay-ya sendiri, kamu berfokus untuk menyelesaikan teka-teki yang berada di sepanjang pulau.

Pastinya, setiap teka-teki tersebut memiliki pertaurannya sendiri-sendiri dan semakin jauh kamu berjelajah, maka semakin sulit teka-teki tersebut harus dipecahkan.

Kamu juga bisa memanfaatkan pola-pola, lingkungan serta ilmu yang kamu dapatkan disana dari teka-teki yang telah kamu pecahkan sebelumnya.

Portal 2

games pc (3)
Portal 2 (Source: Steam)

Salah satu games PC bergenre puzzle yang dikembangkan dan dirilis oleh Valve Corporation adalah Portal 2!

Serupa seperti The Witness, Portal 2 adalah games kombinasi dari games puzzle serta first-person shooter  yang drilis pada 18 April 2011.

Kamu juga bisa bermain games Portal 2 ini di platform PC, PlayStation 3, Microsoft Windows, Mac OS X, Linux, Xbox dan Nintendo Switch.

Pada ceritanya sendiri, masih melanjutkan cerita sebelumnya dimana kamu akan berperan sebagai Chell yang terjebak di fasilitas riset fisik milik Aperture Science.

Akan dibantu dengan GLaDOS (Genetic Lifeform and Disk Operating System) dan Wheatley kamu harus selesaikan teka-teki menggunakan portal gun yang akan membentjk lubang ruangan yang bisa memindahkan objek ke tempat yang lain.

Gameplay-nya sendiri, disertai dengan teka-teki yang sangat rumit sambil menjelajahi ruangan yang telah disetting oleh GlaDOS dan Wheatley.

Bagi kamu yang tak suka bermain sendian, Portal 2 juga bisa memungkinkanmu untuk bermain bersama teman dan menyelesaikan teka-teki secara bersama-sama.

Baba is You

games pc (1)
Baba is You (Source: Steam)

Nah, games PC selanjutnya yang bergenre puzzle ada Baba Is You! Game yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Hempuli Oy.

Baba Is You dirilis pada 13 Maret 2019 untuk Linux, MacOS, Nintendo Switch dan tentunya Microsoft Windows. Selain itu juga dirilis pada 22 Juni 2021 untuk Android dan iOS.

Pada ceritanya sendiri, kamu akan mengontrol karakter yang bernama Baba yang memiliki tujuan untuk menyelesaikan seluruh teka-teki disetiap level yang dilewati.

Kamu juga bisa merubah peraturan serta logika di setiap levelnya dengan manipulasi kata atau kalimat yang tertera pada layar.

Lebih seru adalah ketika kamu bisa mengontrol objek atau elemen lainnya yang berada di level tersebut dengan mengubah aturan “Baba Is You” menjadi “Rock Is You’ atau “Wall Is You”.

Baca juga: 5 Game PC Ringan Anime Terbaik untuk Komputer Low-End

Tetris Effect: Connected

games pc (5)
Tetris Effect: Connected (Source: Steam)

Selanjutnya ada games PC bergenre puzzle yaitu Tetris Effect: Connected yang pertama kali dirilis untuk Microsoft Windows dan PlayStation 4 pada 9 November 2019.

Tetris Effect: Connected adalah kombinasi antara game puzzle klasik Tetris yang berelemen visual dan audio yang sangat menakjubkan.

Games PC yang diterbitkan oleh Enhance Inc untuk PlayStation 4, Microsoft Window, PlayStation 5, Xbox One, Xbox Series X/S, Nintendo Switch dan Meta Quest.

Pada ceritanya sendiri berfokus pada visual dan musik yang memikat. Tapi, sebagsi pemain kamu juga akan mendapatkan pengalaman bermain dalam beberapa level yang semakin sulit.

Untuk gameplay-nya mirip seperti di gimbot, dimana kamu harus menyusun blok-blok yang terjatuh hingga membentuk horizontal dan nantinya akan terhapus sendiri dari layar.

Jika kamu tak ingin bermain sendiri juga, bisa menggunakan mode multiplayer yang disebut sebagai “Connected”.

The Talos Principle

games pc (7)
The Talos Principle (Source: Steam)

Untuk games PC bergenre puzzle selanjutnya adalah The Talos Principle! Game ini dirilis pertama kali pada 11 Desember 2014 untuk platform Microsoft Windows, OS X dan Linux.

Selain itu juga, game ini adalah kombinasi antara puzzle serta pemecahan masalah yang dikembangkan oleh Croteam dan diterbitkan olsh Devolver Digital.

Tentu, kamu juga bisa memainkannya di platform Microsoft Windows, MacOS, Linux, PlayStation 4, Android, iOS, Xbox One dan Nintendo Switch!

Pada gameplay-nya, kamu akan berinteraksi dengan seorang yang menyamar menjadi Elohim. Ia akan memberikan tugas untukmu yang harus menyelesaikan teka-teki disana.

Teka-tekinya sangat bervariasi dan kompleks, dimana kamu juga bisa memanipulasi waktu, mengstur laser ataupun menyelesaikan tantangan.

Serunya, kamu hsrus menggunakan logika untuk bisa menyelesaikan teka-teki tersebut yang diiringi dengan alat yang ada untuk bisa melanjutkan ke level selanjutnya.

Sambil menyelesaikan teka-teki, kamu juga bisa sambil berpetualang di lingkungan open-world yang sangat luas untuk menemukan makna atau pesan dari keberadaan manusia.

Baca juga: Rekomendasi Game Koki Terbaik Untuk PC 2023

Nah, itulah 5 games PC bergenre puzzle terbaik di 2023. Jadi, mana nih yang akan kamu mainkan?

Jangan lupa top up saldo steam murah dan cepat di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

[wpforms id="61130"]