Game Seperti CoC untuk PC, Simak 5 Rekomendasinya!

Game seperti CoC untuk PC

Game seperti CoC untuk PC pasti akan sangat menarik jika dibahas. Mengingat game Clash of Clans adalah game fenomenal sejak tahun 2012 dengan ratusan juta pemain di seluruh dunia.

Kali ini VCGamers News akan merangkum 5 game seperti CoC untuk PC.

Apa itu Game CoC

CoC Strategy Game
Strategi clash of clans untuk pemula dengan membeli builder. Sumber; Supercell.

CoC atau Clash of Clans adalah game dengan genre strategi. Awalnya, kamu akan menemukan sebuah desa dengan kondisi yang kacau, lalu kamu akan diperintahkan oleh seorang karakter untuk mengurus desa tersebut.

Kamu ditugaskan untuk melindungi satu bangunan yang sangat penting, yaitu Town Hall. Kamu harus dapat mencari Gold dan Elixir untuk melindungi Town Hall.

Semakin banyak Gold dan Elixir yang kamu miliki, semakin kuat pula kemampuanmu dalam melindungi desamu. Kamu bisa melindungi desa dengan memasang banyak jebakan, bangunan pertahanan dan juga hero-hero yang siap berperang.

Sebenarnya, tujuan dan misi utama dalam bermain CoC adalah merangkai strategi untuk bisa menjarah Gold dan Elixir sebanyak mungkin agar desamu semakin maju.

Namun, terkadang kamu akan merasakan bosan jika harus bermain game strategi seperti CoC melaui HP. Untuk itu, inilah rekomendasi game strategi seperti CoC yang bisa kamu mainkan lewat PC.

Baca juga: 5 Strategi Clash Of Clans Untuk Pemula, Catat Ini!

Rekomendasi Game Seperti CoC untuk PC

Age of Empire Series

Game Seperti CoC untuk PC AoE
Gameplay AoE.

Seri dari game Age of Empire ini pertama kali dirilis pada tahun 1999. Game ini pernah menjajaki daftar game RTS terlaris sepanjang sejarah.

Game besutan Microsoft ini akan membuatmu menjadi seperti raja untuk menghadapi berbagai macam tantangan dalam perperangan.

Kamu diharuskan untuk mengumpulkan sumber daya alam maupun manusia untuk menjadi prajurit. Tidak hanya itu, kamu mesti berperang dengan memikirkan strategi terbaik agar tidak mengalami kerugian.

Game ini memang terhitung sebagai game lawas, tetapi dijamin dapat memberikan banyak hiburan dan membuatmu lupa waktu karena keseruannya.

Game Seperti CoC untuk PC – Command and Conquer

Game seperti CoC untuk PC Command and Conquer
Gameplay Command and Conquer.

Game Command and Conquer dikembangkan dan diterbitkan oleh Electronic Arts sebagai salah satu pengembang game terbaik di US. Game ini adalah game RTS yang memiliki unsur perperangan antar tentara.

Dirilis pertama kali pada tahun 2003 dengan jalan cerita utamanya, yaitu ketika di masa depan ada kelompok bernama Global Liberation Army yang berusaha melengserkan negara adikuasa dengan perperangan.

Nah, Global Liberation Army sendiri di dalam game ini dikisahkan sebagi sekolompok teroris berbahaya yang harus kamu lawan dengan strategi ampuh dan efektif.

Untuk dapat mengalahkan Global Liberation Army, kamu bisa memilih dua negara di awal permainan, yaitu USA dan RRC. Masing-masing negara tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Tidak diperlukan PC dengan spesifikasi dewa untuk bisa mencoba keseruan game ini. Meskipun grafiknya terbilang sederhana, tetapi game ini dinilai sangat menantang untuk menguji sejauh mana skill pemain dalam meracik strategi. Tertarik mencoba?

Stronghold Crusader Series

Game seperti CoC untuk PC Stronghold
Stronghold Crusader Gameplay.

Game dengan latar waktu abad pertengahan ini cocok banget buat kamu yang ingin merasakan sensasi perang di zaman itu. Menggunakan pedang, panah dan transportasi utamanya adalah kuda. Namun, perlu diingat bahwa ini adalah game strategi yang mengharuskanmu untuk selalu teliti!

Dikembangkan dan diterbitkan sekaligus oleh perusahaan pengembang game bernama Firefly Studios pada tahun 2002. Game ini menawarkan banyak seri yang semuanya bisa kamu coba.

  • Stronghold (2001).
  • Stronghold Crusader (2002).
  • Stronghold 2 (2005).
  • Stronghold 3 (2011).
  • Stronghold Kingdoms (2012).
  • Stronghold Crusader II (2014).
  • Stronghold: Warlods (2021).

Kamu bisa memainkan semua seri game Stronghold di platform Steam. Ada yang berbayar dan ada juga yang sudah disediakan dengan Free to Play.

Baca juga: 10 Game Strategy Android Terbaik, Wajib Kamu Coba!

Game Seperti CoC untuk PC – Stellaris

Game Stelarris mirip CoC
Gameplay game Stelarris.

Stelarris adalah game yang mengunsung konsep pertempuran strategi waktu nyata di luar angkasa. Di game ini kamu akan merasakan serunya mengeksplorasi berbagai item di galaksi untuk bahan perperangan.

Namun, game ini terbilang rumit karena mengangkat model 4X, yaitu explore, expand, exploit and exterminate. Kendati demikian, keempat hal itulah yang justru membuat game ini sangat menantang dan seru.

Paradox Interactive adalah nama perusahaan yang merilis serta mengembangkan game ini pada tahun 2016. Kamu bisa memainkannya di platform seperti PlayStation 4 dan Xbox One.

Company of Heroes Series

Game seperti CoC untuk PC Company of Heroes
Company of Heroes gameplay.

Perang Dunia II sangat menarik apabila diangkat menjadi sebuah game. Itulah yang dicoba ditawarkan oleh Feral Interactive dengan merilis game Company of Heroes yang berlatar bekalang Perang Dunia II.

Mirip seperti CoC, game ini juga membutuhkan daya pikir yang kuat, taktikal dan kreatif agar terciptanya suatu strategi mutakhir untuk dapat mengalahkan aliansi lawan.

Terdapat beragam seri dari game ini yang bisa kamu coba satu per satu. Simak daftarnya berikut ini.

  • Company of Heroes (2006).
  • Company of Heroes: Opposing Fronts (2007).
  • Company of Heroes: Tales of Valor (2009).
  • Company of Heroes 2 (2013).
  • Company of Heroes 2: Ardennes Assault (2014).
  • Company of Heroes 3 (2023).

Game seperti CoC yang telah kami rekomendasikan di atas sangat cocok untuk mengisi waktu luang dikala liburan dan selesai beraktivitas. Khususnya untuk kamu yang sudah bosan dengan game CoC yang hanya efektif dimainkan melalui HP.

Baca juga: 5 Kartu Clash Royale Terbaik Untuk Tantangan Klasik

Jangan lupa untuk selalu update kabar dan promo menarik yang selalu ada di VCGamers Marketplace untuk memenuhi kebutuhan game favoritmu, ya! Semoga artikel ini bermanfaat.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!