Game Punya Peran Penting dalam Perkembangan Web3

Utopia Blokverse game web3

Game merupakan hal penting dalam perkembangan Web3. Hal ini menjadi salah satu poin yang disepakati bersama dalam diskusi dengan tema Web2 vs Web3 gaming pada event Utopia Blok:Verse, Ideafest 2022, di Jakarta Convention Center yang digelar Sabtu, 26 November 2022.

Sejumlah pembicara hadir dalam event yang disebut sebagai The First & The Biggest Web3 Festival in Indonesia ini.

Di antaranya adalah Head of Business Strategy VCGamers sekaligus Project Manager of RansVerse, Jordy Adith dan Web3 Builder, Co-Founder & CEO of RRQ Guild, Danny Limanto, Web3 Professional & Chief Operating Officer of Syltare, Leo Shim (Syltare) dan Web3 Builder – Co-Founder Ethlas, Elston Sam.

Para pembicara bersepakat bahwa game merupakan hal yang penting dalam perkembangan Web3. Hal ini tentunya karena sejumlah alasan mendasar yang mereka kemukakan dalam diskusi tersebut.

Namun, sebelum jauh mengulas tentang hal itu, kita akan mengulas tentang perkembangan Web1, Web2 hingga menjadi Web3 terlebih dahulu.

Sejarah Web3

Kelebihan Blockchain Efisiensi - Web3 game
Ilustrasi Blockchain. Source: Entrepreneur

Saat ini era Web3 telah hadir untuk seluruh pengguna internet. Namun, jauh sebelum itu telah lahir era Web1 dan Web2, pendahulu Web3.

Secara sederhana, Web1 merupakan era di mana informasi di dalam internet hanya dapat disampaikan satu arah. Penyedia informasi di internet tidak dapat menerima umpan balik tentang sebuah konten yang mereka unggah ke dunia maya.

Pada era ini penyedia dan pengguna internet tidak dapat saling berinteraksi satu sama lain. Karena para pengguna hanya dapat menerima informasi yang ada di dalam internet.

Setelah itu, Web1 pun berkembang menjadi Web2. Yaitu, era di mana penyedia dan pengguna internet dapat saling berinteraksi.

Dalam artian, setiap orang yang berada di dalam ekosistem internet bisa saling memberikan umpan balik.

Namun, terdapat pihak yang menjadi otoritas pusat dari penyebaran informasi yang ada di dalam internet.Kini, kita telah masuk pada era Web3. Di mana, semua orang dapat menjadi penyedia maupun pengguna internet.

Informasi yang ada di dalam internet bersifat universal dan tidak terpusat (decentralized) Namun, semua informasi tersebut terekam atau tercatat setelah disetujui para pengguna.

Web3 memiliki keterkaitan erat dengan penggunaan teknologi blockchain, cryptocurrency dan juga NFT.

Game Bagian Penting dalam Perkembangan Web3

Utopia Blokverse web3 game
Utopia Blok:Verse

VCGamers menjadi bagian dalam event ini dengan mengirimkan perwakilan untuk menjadi pembicara serta membuka stan.Para pengunjung yang hadir dan berkunjung ke stan VCGamers berkesempatan untuk masuk ke dalam metaverse pertama di Indonesia, RansVerse.

Mereka juga dapat memilih untuk masuk ke dalam RansVerse dengan menggunakan tiga perangkat yang tersedia. Yaitu, VR Device, Laptop/PC dan Smartphone.

Selain itu, para pengunjung yang datang ke stan VCGamers juga berkesempatan melakukan gacha untuk mendapat NFT Home.

MetaBinar SBM ITB di RansVerse

Di sisi lain, perawakilan VCGamers juga menjadi pembicara dalam Ideatalks: Wafa dengan tema “How Will Centaurs Thrive in Tech Winter” dan pembicara pada sesi diskusi Utopia Blok:Verse bertajuk Web2 & Web3 Gaming.

Dalam diskusi web2 dan web3 gaming, semua pembicara bersepakat bahwa game merupakan bagian penting dalam perkembangan dunia Web3. Hal ini disebabkan karena game menawarkan sejumlah hal menarik yang dapat menyedot perhatian publik.

Dengan market yang luas, game tentu akan memberikan manfaat yang besar pada perkembangan Web3. Game akan memudahkan para gamers untuk mengenal Web3 dengan cepat dan lebih mudah.

Tidak sampai di situ, jika game Web3 yang disajikan tersebut memiliki gameplay yang seru, menyenangkan dan mudah untuk dimainkan maka akan banyak orang yang tertarik untuk mengenal Web3 dan bergabung ke komunitas di dalamnya. Ketertarikan gamers akan menciptakan komunitas Web3 menjadi lebih luas dan besar.

Artikel Crypto oleh PINTU


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

VCGamers

Saya merupakan salah satu dari pencari berita mengenai permainan games online yang ada di Indonesia.