Lapar Menunggu Buka Puasa? Yuk Main Game Online Memasak ini!

game online memasak

Game online memasak adalah salah satu pilihan untuk kamu mainkan apabila kamu bosan dengan game lainnya.

Cooking game atau permainan memasak ini merupakan tipe game yang kasual yang bisa kamu mainkan setiap saat. Game ini tidak membutuhkan keahlian khusus dan tidak perlu investasi yang besar saat kamu main ketimbang dengan genre lain.

Genre game strategi dan RPG masih merupakan genre paling terkenal untuk dimainkan saat ini. Pertumbuhan game dengan genre ini terus meningkat setiap tahunnya.

RPG selalu menarik karena akan menantang kamu sebagai pemain untuk terus berpikir dan memikirkan strategi apa yang bisa kamu gunakan setiap saat agar karakter atau tim yang kamu gunakan semakin kuat.

Ada kalanya kamu membutuhkan game yang mudah dan tidak membutuhkan konsentrasi berpikir yang cukup mengikuti instruksi dan menggunakan jari atau tangan saat memainkannya.

Apalagi saat puasa ketika tenaga sudah digunakan untuk kegiatan lain dan kamu butuh istirahat sejenak. Game memasak bisa kamu main

Alternatif game yang bisa kamu mainkan adalah game online memasak. Game online memasak beragam jenisnya. Selain kelebihannya yang simpel dan cukup kasual, game online memasak ini bisa kamu mainkan kapan pun dan tidak terbatas gender.

Kamu bisa memainkannya di berbagai platform seperti PC dan juga smartphone. Berikut ini adalah rekomendasi game online memasak yang bisa kamu coba sebagai alternatif game yang bisa kamu mainkan sebagai selingan saat kamu bosan:

Cooking Mama: Lets Cook

game online memasak cooking mama
Cooking Mama: Lets Cook

Video game online memasak ini memang sudah menjadi legenda di industri cooking game. Cooking Mama: Lets Cook adalah spin-off dari seri video game Jepang dan waralaba media yang dimiliki oleh Cooking Mama Limited.

Serial merupakan kumpulan simulasi game memasak. Gameplay yang ditawarkan kamu lakukan juga cukup kasual. Tugas yang diminta adalah seputar memasak berbagai macam resep yang disediakan.

Cooking mama sendiri sudah memiliki 5 game utama di Nintendo DS dan Nintendo 3DS, dua spin-off di Wii, dua spin-off di DS, dan spin-off di 3DS. Itu juga berputar ke dalam seri Gardening Mama.

Cooking Mama: Lets Cook merupakan game online memasak yang disediakan oleh developer Cooking Mama, Office Create, dimana kamu bisa memainkannya di smartphone dengan OS Android maupun iOS.

Instruksi yang kamu lakukan akan cukup mudah karena kamu akan diminta misalnya membersihkan udang, memotong sayuran, menggoreng, atau menimbang bahan seperti pada saat memasak di rumah.

Game online memasak ini juga cukup mudah kamu kerjakan karena kamu cukup memainkan game ini dengan sentuhan jari.

Hal yang kamu lakukan beragam dengan tingkat kesulitan setiap proses berbeda-beda. Kesulitannya akan dinilai tergantung resep makanan mana yang sedang kamuat.

Terdapat waktu yang harus kamu kejar dalam setiap langkah game yang kamu lakukan. Apabila kamu melewati waktu tersebut, kamu harus mengulang proses memasak tadi. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena kamu cukup mengikuti instruksi dari game yang biasanya disebutkan oleh karakter “Mama”.

Makanan kamu tadi bisa dishare kepada teman-teman atau diberikan kepada karakter “Papa” untuk diberikan penilaian. Penilaian akn diberikan dalam bentuk bintang dengan maksimal bintang 3 kau dapatkan apabila makananmu sesuai dengan instruksi.

Cooking Simulator

game online memasak cooking simulator
Cooking Simulator

Cooking Simulator adalah game online memasak yang patut kamu coba selanjutnya. Sama seperti Cooking Mama: Lets Cook, game ini merupakan game online memasak dengan sistem simulasi.

Game yang dikembangkan oleh tim PolandiaBig Cheese Studio dan diterbitkan oleh PlayWay S.A, dirilis pada 6 Juni 2019 untuk Microsoft Windows. Versi Nintendo Switch dirilis pada 14 Mei 2020, diterbitkan di sistem oleh Forever Entertainment. Kamu juga sekarang bisa memainkan game online memasak ini di Steam.

Cooking Simulator juga mengeluarkan versi Cooking Simulator Moile: Kitchen & Cooking Gaame yanf dirilis untuk smartphone Android dan iOS.

Cooking Simulator mengedepankan pengalaman memasak yang realistis sehingga kamu bisa merasakan proses memasak nyata seperti apa. Kamu dapat mencoba menyiapkan berbagai jenis makanan karena telah disiapkan lebih dari 80 resep dengan menggunakan lebih dari 140 kombinasi bahan.

Ada berbagai mode permainan yang ditawarkan oleh Cooking Simulator yang bisa kamu jelajahi. Mode tersebut adalah Career Mode, Sandbox Mode, Cooking School, Leaderboard Challenge, Winter Holidays, dan SUPERHOT Challenge.

Mode karir atau Career Mode dalam game online memasak ini, kamu sebagai pemain akan diminta untuk mengambil bertanggung jawab sebagai chef dari sebuah restoran yang akan mengendalikan semua urusan dapur.

Tujuannya adalah agar restoran kamu berkembang dan mendapatkan ketenaran dan pengalaman dengan menyajikan hidangan sesuai pesanan. Pada mode ini, kamu akan dikenakan biaya secara otomatis untuk semua bahan yang kamu ambill dari rak.

Tujuan dan goals dari mode game online memasak ini akan tercapai apabila kamu telah mencapai bintang 5.

Sandbox Mode akan lebih kasual dibandingkan mode sebelumnya. Mode ini akan membebaskan kamu untuk mengeksplorasi dapur yang sudah lengkap bahan dan alat memasak tanpa batas waktu.

Mode Sekolah Memasak (Cooking School) adalah mode awal yang sebaiknya kamu mainkan terlebih dahulu sebelum main game online memasak ini. Mode ini berisi serangkaian tutorial yang menjelaskan semua mekanisme permainan.

Tantangan Papan Peringkat (Leaderboard Challenge) adalah mode permainan di mana semua pemain bersaing dengan mencoba menyiapkan satu hidangan sesuai resep, dengan setiap hidangan memiliki papan skornya sendiri.

Liburan Musim Dingin (Winter Holidays) adalah mode yang menawarkan dapur baru dan memungkinkan untuk menyajikan makan malam kepada sejumlah tamu dengan menyiapkan hidangan yang mengandung bahan-bahan yang diminta.

SUPERHOT Challenge adalah mode terbaru yang baru saja dirilis pada 25 Februari 2020 yang terinspirasi oleh SUPERHOT untuk merayakan ulang tahun ke-4 game ini di Steam. Mode ini dapat mengubah tampilan produk makanan yang kamu sajikan, peralatan dan dapur dan lain sebagainya.

Baca juga : 10 Game Simulator Terbaik di 2022

Cook, Serve, Delicious!

game online memasak cook, serve, delicious
Cook, Serve, Delicious!

Jika sebelumnya kamu lebih banyak melakukan simulasi memasak, game online memasak Cook, Serve, Delicious! akan lebih mengedepankan simulasi bisnis mengurus restoran.

Cook, Serve, Delicious! adalah serial video game simulasi restoran yang dirilis pada tahun 2012 dirilis oleh Vertigo Gaming. Seri ini telah memiliki 3 seri yang bisa kamu main di Steam untuk PC dan smartphone Android dan iOS.

Kamu harus mengelola sebuah restoran tua yang sudah usang yang membutuhkan perbaikan. Tugas utama kamu dalam game online memasak ini adalah kamu harus mengontrol menu yang dihidangkan sambil menjalankan restoran.

Setiap kamu selesai menyiapkan pesanan pelanggan dengan benar, kamu akan mendapatkan uang.

Hasil yang kamu peroleh dari penjualan dapat kamu gunakan untuk upgrade restoran kamu menjadi lebih baik seperti membeli membeli perabotan untuk menghias restoran dan peralatan memasak agar variasi menu kamu semakin bertambah.

Kamu akan memiliki stasiun untuk menyiapkan makanan sesuai dengan permintaan pelanggan. Tantangan dari game online memasak ini adalah kamu harus menyiapkan makanan sesuai dengan pesanan pelanggan yang berbeda-beda dan harus mengikuti langkah-langkah khusus dalam penyiapannya.

Pesanan yang kamu dapat harus disesuaikan disesuaikan oleh pelanggan seperti topping yang berbeda pada hamburger, dan setiap menu makanan akan memerlukan waktu memasak yang berbeda-beda.

Kamu bisa mengerjakan beberapa proses memasak bersamaan dalam satu waktu pada game online memasak ini.

Makanan yang lengkap akan diberikan nilai yang disesuaikan dengan kelengkapan langkah dan bahan yang kamu gunakan. Semakin lengkap, nilai kamu di game online memasak ini akan semakin tinggi.

Terdapat juga rush hour atau waktu sibuk pada game online memasak Cook, Serve, Delicious!. Biasanya akan terdapat siklus jam makan siang (lunch) dan jam makan malam (dinner). Pada rush hour ini , pelanggan yang datang akan lebih banyak.

Kamu akan diminta mengerjakan tugas lain saat bermain game ini. Tugas untuk seperti mencuci piring, membuang sampah, dan menyiram toilet yang harus kamu selesaikan agar nilai restoran kamu semakin baik.

Kelebihan Cook, Serve, Delicious! sebagai game online memasak adalah kamu diberikan kebebasan untuk menyesuaikan menu, membeli resep baru, dan peralatan atau dekorasi dengan uang yang diperoleh.

Game online memasak ini memberikan kesan realistis dimana pelanggan akan cepat bosan apabila menu yang kamu tawarkan tidak sesuai trend seperti menggemukan atau bahkan kamu menyajikan menu yang sama setiap hari yang akan membuat bosan.

Overcooked!

game online memasak overcooked
Overcooked

Overcooked adalah game online memasak yang kamu wajib mainkan selanjutnya. Sistem co-op merupakan daya tarik dari game ini karena kamu bisa bermain dengan teman-teman sebanyak 1-4 pemain.

Kamu bersama teman-temanmu akan bekerja sebagai sebuah Bekerja sebagai sebuah tim, Anda dan rekan koki Anda harus menyiapkan, memasak, dan menyajikan berbagai pesanan lezat kepada pelanggan.

Tim yang dibuat oleh teman-temanmu ini akan bisa berbagi tugas dalam game online memasak ini seperti menyiapkan makanan melalui persiapan bahan, memasak, menyajikan, dan membersihkan peralatan makan yang sudah selesai digunakan oleh pelanggan dalam durasi waktu terbatas.

Tugas ini harus diselesaikan semua peran tersebut dengan menghidangkan makanan sebanyak-banyaknya. Selama ronde putaran game online memasak ini, kamu akan diberikan berbagai perintah yang harus diselesaikan dalam waktu singkat.

Game online memasak ini dipersulit dengan adanya beberapa pesanan dari berbagai jenis atau variasi makanan akan disajikan, sehingga kamu diharuskan untuk bekerja sama agar dapat menyelesaikan pesanan secara efektif.

Setiap menyelesaikan pesanan dengan benar, kamu akan menghasilkan koin dan bonus untuk kecepatan. Tujuan game online memasak ini adalah untuk mengumpulkan koin sebanyak mungkin dalam batas waktu. Kamu akan diberi peringkat pada sistem bintang 3 berdasarkan berapa banyak koin yang berhasil didapatkan.

Aspek memasak pada game online memasak ini dipersulit oleh tata letak dapur, yang berubah di setiap tingkat game.

Stasiun untuk bahan, area persiapan, kompor dan oven, jendela penyajian, dan piring umumnya semuanya terpisah di dapur, sehingga membutuhkan waktu untuk berpindah.

Kamu juga akan mendapatkan hambatan atau tantangan lain seperti dapur yang dipisahkan oleh penyeberangan pejalan kaki, dengan pejalan kaki yang berpotensi menghalangi kamu untuk berpindah.

Dapur lain terletak di belakang dua truk yang melaju dengan kecepatan berbeda di jalan, membuat peralihan dari satu setengah dapur ke dapur lainnya tidak selalu memungkinkan.

Terdapat level yang memungkinan letar dapur kamu berada di gunung sehingga saat bermain game online memasak ini mengharuskan kamu untuk membuat gerakan yang lebih hati-hati agar tidak jatuh.

Ada sekitar 28 dapur berbeda bersama dengan level bos terakhir yang bisa kamu selesaikan. Kamu bisa bermain game online memasak ini di PC dengan menggunakan Steam atau lewat Nintendo Switch.

Battle Chef Brigade

game online memasak battle chef brigade
Battle Chef Brigade

Battle Chef Brigade adalah game online memasak yang cocok untuk kamu yang suka memasak dan dengan sentuhan RPG.

Game dengan tema anime ini terkenal dengan sentuhan gambar yang artisitk serta adanya unsur RPG menambah popularitas game online memasak ini.

Gameplay yang ditawarkan merupakan percampuran dari RPG, game puzzle, hingga pertarugan sampingan (brawler game) secara side-scrolling.

Kamu akan berperan sebagai chef bernama Mina dan membantunya dalam menyiapkan hidangan untuk dinilai oleh juri. Sebelum mulai memasak pada game online memasak ini, kamu harus mulai memasak dengan memasukkan bahan-bahan ke dalam peralatan masak Anda seperti game Tetris.

Bahan-bahan yang sudah kamu kumpulkan sebelumnya akan diolah di zona memasak berbentuk Puzzle 4×4. Tugas kamu adalah membatu Mina menyelaraskan puzzle berisi permata tadi agar menghasilkan rasa dan mencocokkan warna yang sama.

Permata yang berhasil kamu gabungkan tadi akan meningkatkan peringkat dan kualitas hidangannya. Semakin banyak warna permata yang kamu cocokkan di game online memasak ini, semakin tinggi kualitas hidangan yang dihasilkan oleh Mina.

Setelah kamu selesai memasak dan dalam batas wwaktu yang ditentukan habis, hidangan yang kamu buat dalam game online memasak ini selanjutnya akan diserahkan kepada juri.

Poin yang membuat game online memasak ini berbeda dari game memasak lainnya karena adanya penerapan RPG serta brawler game.

Kamu harus berburu dengan melawan berbagai macam monster dan menangkap bahan-bahan, sebelum membawanya kembali ke dapur. Kualitas bahan yang kamu buru dan tangkap tadi akan mempengaruhi nilai dari hasil penilaian juri terhadap masakanmu.

Semakin baik hidangan yang kamu hasilkan semakin bagus juga nilaimu. Game online memasak ini juga menggabungkan pertarungan petarung 2D melawan monster di berbagai titik lokasi yang berbeda dan teka-teki memasak yang terinspirasi dari 3 pertandingan untuk memenangkan kontes makanan terbaik.

Battle Chef Brigade merupakan single player yang bisa kamu mainkan melalui Steam, Windows, Nintendo Switch, dan Playstation 4.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!