Evos Wann, Pro Player Veteran dengan Segudang Pengalaman

Evos Wann

Evos Wann menjadi salah satu pro player Veteran sudah tak perlu dipertanyakan lagi pengalamannya. Buat kalian yang ingin tahu profilnya, ikuti ulasan di artikel ini.

Dunia esports dari tahun ke tahun semakin pesat saja perkembangannya dengan hadirnya banyak game kompetitif. Selain itu, adanya komunitas esports juga jadi salah satu faktor yang membentuk ekosistem esports ini makin besar.

Dari sejumlah game kompetitif yang masuk ke dalam esports, Mobile Legends jadi salah satu favorit para gamers yang sampai saat ini makin populer.

Meski mungkin bukan game dengan genre MOBA yang pertama, namun kehadiran Mobile Legends membuat popularitas dari genre tersebut jadi makin naik. Bahkan, game ini punya banyak komunitas di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Secara perlahan, perkembangan Mobile Legends sendiri juga memberikan dampak yang positif di lingkungan sekitar.

Bermain game yang awalnya banyak menganggap sebagai hiburan semata kini menjelma jadi industri yang menjanjikan.

Salah satu dampak positif dari perkembangan ini adalah munculnya berbagai lapangan pekerjaan baru di dunia esports. Beberapa pekerjaan tersebut antara lain seperti pro player, pelatih, manajer tim esports, media esports, analis, dan lain sebagainya.

Pro player mungkin jadi hal yang paling menyorot perhatian mengingat skena esports di Indonesia termasuk Mobile Legends banyak memiliki pro player.

Salah satu pro player Indonesia yang tentu saja sudah sangat familiar apalagi buat kalian yang sudah mengikuti esports beberapa tahun terakhir adalah Evos Wann.

Meski sudah familiar, beberapa dari kalian mungkin ada yang masih belum mengetahui tentang profil, perjalanan karirnya, hingga prestasinya.

Baca juga: Profil Evos Funi, Pro Player Cantik yang Kini Jadi Andalan GPX

Profil Evos Wann

Evos Wann
Wann (Sumber: Esportsnesia)

Muhammad Ridwan atau yang lebih familiar dengan nama in-game Evos Wann merupakan pemain profesional Mobile Legends asal Pontianak. Ia lahir pada 7 Juli 2000 silam yang kini akan menginjak usia 22 tahun.

Evos Wann saat ini tengah memperkuat salah satu organisasi esports terbesar yaitu Evos untuk divisi Mobile Legends, Evos Legends.

Di tim tersebut, ia menjadi pemain yang serba bisa dan mudah menyesuaikan dengan kebutuhan tim. 

Ia diketahui mampu berperan sebagai gold laner dan jungler meskipun posisi sebenarnya adalah seorang midlaner. Tak heran jika pemain kelahiran Pontianak ini sempat beberapa kali berganti role.

Selain itu, Evos Wann juga memiliki gaya bermain yang cukup berani dan agresif sejak early game. Ia bahkan berani duel dengan lawannya meski masih memiliki item dan XP yang rendah.

Di tengah kesibukannya jadi pro player, Wann juga aktif sebagai streamer dan konten kreator di media sosial. 

Popularitasnya yang sudah tak perlu diragukan lagi membuatnya mudah menggaet penggemar yang kini jumlahnya begitu banyak.

Saat ini, ia telah memiliki banyak penggemar di Instagram dengan 1 juta pengikut serta kanal YouTube miliknya yang juga telah mencapai 1 juta subscriber.

Baca juga: Masuk Posisi 4, Ini Kendala EVOS Legends di MPL Season 9

Kiprah Evos Wann sebagai Pro Player

Evos Wann
Wann (Sumber: GGWP.ID)

Sebagai pemain yang sudah lama berkecimpung di dunia esports, perjalanan karir Evos Wann memang cukup berliku sampai di titik sekarang.

Ketertarikan pemain kelahiran tahun 2000 ini terhadap dunia game memang sudah muncul sejak masih kecil. 

Namun, karena keterbatasan fasilitas, ia sibuk menghabiskan waktunya di warnet. Beberapa game yang ia mainkan di warnet antara lain DOTA 2 dan League of Legends.

Pada saat itu, ia juga menjadi seorang joki game yang mungkin membuat publik tidak begitu heran dengan kemampuan bermain dari pemain Evos ini.

Dari joki itu, penghasilan yang ia dapat jadi modal awal baginya untuk meraih mimpinya menjadi pro player dengan merantau ke Jakarta.

Seperti pandangan kebanyakan orang tua yang menganggap bermain game bukanlah prospek bagus, orang tua Wann juga sempat menolaknya. Namun, dengan tekad yang serius, akhrinya Evos Wann mendapat izin untuk berangkat.

Di Jakarta, Wann harus menunggu cukup lama sebelum akhirnya mendapatkan tawaran bermain di tim Star8 Esports. Penampilan apiknya berhasil memikat tim lain yakni NV Onic.

Sayangnya, ia hanya sebentar saja memperkuat tim NV Onic dan akhirnya memutuskan membentuk tim REVO Esports dengan Donkey dan Emperor.

Lagi-lagi, perjalanannya itu masih belum mulus dan tim tersebut harus membubarkan diri usai gagal lolos ke MPL dan gagal di sejumlah turnamen.

Usai timnya bubar, barulah perjalanan baru Wann dan Evos Legends dimulai yang akhirnya membuat karir pro player-nya semakin melejit. Terhitung sudah sekitar 4 tahun ia membela Evos Legends, mulai dari 2019 sampai 2022.

Baca juga: Cara Menggunakan Jawhead ML Seperti Bajan EVOS Legends

Evos Wann Sempat Turun dari MPL ke MDL

Meski karir Wann mulai menanjak saat memperkuat Evos Legends, nyatanya karir Evos Wann mengalami naik turun di tim tersebut.

Pasalnya, beberapa waktu yang lalu ia sempat turun dari kompetisi MPL ke kasta kedua yaitu MDL. Memang, tak lama berselang ia kembali naik lagi ke kasta tertinggi.

Hal itu berawal ketika Wann memutuskan untuk rehat sejenak di musim ketujuh dan mulai aktif kembali di musim kedelapan. Saat comeback, ia mengalami kesulitan untuk menembus tim utama Evos Legends.

Pada pertengahan kompetisi MPL ID Season 9, pihak Evos akhirnya memasukkan kembali nama Wann ke dalam susunan tim.

Baca juga: Waduh!! Brand Ambassador Evos Bertambah 4 dalam 3 Hari

Prestasi Evos Wann

Evos Wann
Wann (Sumber: Esports.ID)

Menjadi salah satu pemain senior di tim yang identik dengan logo macan putih, Evos Wann cukup banyak membantu tim meraih banyak prestasi. Ia bahkan sempat meraih gelar juara dunia Mobile Legends M1 World Championship bersama Evos pada 2019 lalu.

Selengkapnya, berikut adalah sejumlah prestasi yang pernah diraih oleh Evos Wann bersama Evos.

  • Juara 1 MPL ID Season 4
  • Juara 1 M1 World Championship
  • Runner-up MPL ID Season 5
  • Runner-up Mytel International Championship Season 2
  • Juara 1 MPL ID Season 7
  • Juara 1 Nimo TV Mobile Legends Arena Season 2
  • Peringkat 3 MPL ID Season 8
  • Juara 1 MDL ID Season 5

Itulah ulasan mengenai profil Evos Wann yang merupakan salah satu pemain pro player veteran Indonesia untuk Mobile Legends.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!