eTimnas Indonesia: Prestasi dan Profil Pemain, Bukan ABG Biasa!

Formasi Timnas Indonesia

Player eTimnas Indonesia, Elga dan kawan-kawan telah sampai ke Tanah Air pada Selasa (6/2/2024) malam yang lalu. Mereka pun sukses membawa trofi AFC eAsian Cup 2023, alias Piala Asia eFootball 2023 untuk pertama kalinya.

eTimnas Indonesia berhasil menjadi juara Piala Asia eFootball 2023, setelah sukses menghantam Jepang melalui format laga Best of 3 (Bo3), di Virtuocity Area Doha, Qatar.

Presiden Republik Indonesia, Jokowi, turut mengucapkan selamat kepada para seluruh punggawa eTimnas Indonesia, melalui unggahan di akun resmi Instagramnya @Jokowi, Jakarta, Rabu (7/2/2024) yang lalu.

“Selamat Rizky Faidan, Elga Cahaya Putra dan Akbar Paudie atas keberhasilannya menjuarai turnamen AFC eAsian Cup Qatar 2023,” ujarnya.

Menurut Jokowi, prestasi ini bisa menjadi pecutan untuk atlet esport lainnya, untuk terus giat berlatih, agar dapat mengharumkan nama merah putih di kancah internasional.

“Semoga prestasi ini menjadi inspirasi dan pemicu semangat bagi para atlet esports lainnya di Indonesia untuk terus berprestasi di kancah internasional,” Katanya menambahkan.

Tak sampai di sana, akun resmi induk sepak bola dunia pada bidang football esport, FIFAe, menyamakan selebrasi para pemain eTimnas Indonesia, dengan Lionel Messi yang sama-sama berfoto dengan piala di tempat tidur setelah, berhasil menjuari piala dunia.

Baca juga: Tips Menang Main eFootball 2023, Tak Terkalahkan!

Final AFC eAsian Cup 2023

Indonesia Vs Jepang
Indonesia Vs Jepang. (Source: eAsian Cup/YouTube)

Laga Final AFC eAsian Cup mempertemukan Indonesia dengan Jepang, menggunakan format Best of 3 (Bo3), di mana tim yang meraih dua poin kemanangan (2-0 atau 2-1) menjadi juara.

Pertandingan pertama berlangsung dengan sengit. Kedua tim sama-sama mengeluarkan kemampuan terbaiknya untuk saling mengalahkan.

Leg pertama harus berakhir imbang 1-1, sebelum Indonesia memenangkan laga melalui drama adu pinalti.

Baik Jepang maupun Indonesia, sama-sama menampilkan permainan menyerang. Rizky dan Elga yang turun untuk berlaga pada kala itu menampilkan kerjasama apik, sehingga membuahkan satu-satunya gol di leg kedua.

Gol ini bermula ketika Jepang membuat pelanggaran di area dekat kotak pinalti, yang tak terlalu jauh dari gawang.

Lewat umpan one-two, yang berbuah gol, Rizky dan Elga berhasil memastikan kemenangan untuk Indonesia pada ajang AFC eAsian Cup 2023.

Profil Pemain

Indonesia Juara AFC eAsian Cup
Indonesia Juara AFC eAsian Cup. (Source: Detik/Google)

Pada Piala Asia eFootball 2023 yang lalu, eTimnas Indonesia diperkuat oleh tiga orang player yang mempunyai segudang pengalaman.

Berikut ini profil singkat tiga orang player punggawa eTimnas Indonesia, yang seminggu lalu mengharumkan merah putih di eAsian Cup 2023.

Rizky Faidan

Rizky Faidan
Rizky Faidan. (Source: Detik/Google)

Rizky Faidan merupakan seorang pro player game eFootball kelahiran kota kembang, Bandung, 2 Maret 2003.

Walaupun usianya baru menginjak 20 tahun, Rizky telah banyak melanglang buana di kancah dunia esport Indonesia. Namun, dirinya mulai terjun secara profesional semenjak 2016 silam.

Nama Rizky Faidan baru dikenal ketika ia menjadi wakil Indonesia untuk berlaga pada ajang PES League World Finals 2019 di London.

Setahun setelahnya, Rizky memutuskan untuk bergabung ke PSS Sleman, dalam rangka mengikuti kejuaraan Indonesia Football eLeague (IFel), dan langsung keluar sebagai juara.

Pengalaman Riky tak terbatas sampai di sana, namanya santer dikenal publik setelah ia menyabet medali emas pada pagelaran PON XX Papua 2021, sekaligus menjuarai ajang IFel edisi kedua bersama dengan PSS Sleman di tahun yang sama.

Bakatnya terpantau Bali United, dan ia segera berlabuh ke tim berjuluk “Serdadu Tridatu” pada tahun 2022. Namun, karirnya bersama Bali United tak berlangsung lama, Rizky memutuskan untuk hijrah ke Persik Kediri, November 2023 silam.

Elga Cahya Putra

Elga Cahya Putra
Elga Cahya Putra. (Source: SkorID/Google)

Pesaing utama Rizky selama karirnya di dunia eFootball adalah Elga Cahya Putra, rekan satu timnya kelak di eTimnas Indonesia.

Nama Elga banyak dikenali oleh publik ketika ia memperkuat Madura United dalam ajang IFel pada tahun 2020 yang lalu. Musim pertamanya ia kurang perform, dan tersungkur di tengah klasemen.

Setahun setelahnya, ia memutuskan untuk hijrah ke Borneo FC, dan membuahkan hasil berupa runner up IFel.

Elga akhirnya bisa merasakan manisnya juara IFel pada tahun 2023 kemarin. Karena, ketika peluang nya untuk memenangkan IFel sudah di depan mata pada tahiun 2022 yang lalu, Elga tetap tak bisa mengalahkan Rizky.

Sama gemilangnya dengan Rizky, Elga berhasil menjuarai Kejuaraan Dunia Esport atau IESF 14th Bali World Championship.

Mohammad Akbar Paudie

Mohammad Akbar Paudie
Mohammad Akbar Paudie. (Source: Pojoksatu/Google)

Akbar Paudie merupakan pemain terakhir yang ada di eTimnas Indonesia. Ia tumbuh bersama dengan Badut Esport ketika berhasil memenangkan turnamen Piala Presiden 2021.

Kesuksesan tersebut adalah awal dari ceritanya bergabung ke Persiraja Banda Aceh pada ajang IFel 2021, dan berhasil menjadi runner up.

Sekarang, Akbar ada di Bhayangkara FC, setelah meninggalkan Persiraja pada 2022 yang lalu.

Pro player efootball ini juga sempat mewakili sang garuda pada ajang Kejuaraan Esports Dunia 2023 IESF 15th World Championship, Walaupun belum meraih gelar juara.

Baca juga: Tips Menang Main eFootball 2023, Tak Terkalahkan!

Nah, itulah tadi beberapa fakta yang berhasil penulis rangkum mengenai eTimnas Indonesia. Bagi kalian yang mau top up game kesayangan, kunjungi VCGamers Marketplace dan dapatkan promo menarik di setiap transaksinya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!