Diablo 4 Larang Penggunaan MOD, Nekat Bakal Kena Ban!

Diablo 4

Yap, topik mengenai Diablo 4 memang masih hangat-hangatnya diperbincangkan sekarang ini. Salah satunya yang sedang ramai adalah official statement dari pihak developer terhadap penggunaan MOD!

Umumnya, para developer game sedikit banyak mendukung keberadaan MOD untuk memperluas cakupan game besutan mereka. Namun Activision Blizzard mahan tidak menyetujuinya,

Nah buat yang penasaran dengan langkah ‘unik’ sang developer tersebut, yuk simak ulasannya berikut ini. Yakin deh setelah itu Vicigers jadi lebih paham dan jadi bisa terhindar dari hukuman-hukuman! Langsung aja cekidot!

Baca juga: Diablo Immortal Segera Dirilis di Indonesia pada 23 Juni 2022

Penggunaan MOD pada Game PC

Penggunaan MOD Diablo 4
Penggunaan MOD Diablo 4. Sumber: Official Site

Para penikmat game PC tentu sudah tidak asing dengan kehadiran MOD. Unsur yang satu ini terkadang dapat meningkatkan keseruan bermain game dengan berbagai variasi-nya yang begitu unik.

Di satu sisi, keberadan MOD memang terkesan seperti membajak (merugikan developer), dikarenakan tidak semua game mendapatkan perizinan dalam memodifikasi konten yang ada.

Namun di sisi lain, ini juga dapat memberikan keuntungan. Karena tidak sedikit MOD dari suatu game yang akhirnya booming dan malah akhirnya menjadi salah satu langkah marketing efektif bagi pihak developer (orang-orang jadi penasaran dan berbondong-bondong membeli software aslinya).

Selain itu, keberadaan MOD juga dapat membantu meningkatkan partisipasi dan pengembangan komunitas.

Terkadang, para fanbase dari suatu game memiliki keinginan-keinginan di luar kemampuan yang dapat diwujudkan oleh pihak developer. Di situlah akhirnya MOD bisa mengambil peran: komunitas merilis berbagai versi unofficial yang dapat memuaskan ‘dahaga’ para fanbase tersebut.

Tentu fenomena ini juga terjadi pada berbagai game yang dirilis oleh Activision Blizzard. Lantas apa yang membuat sang developer memutuskan seperti ini?

Baca juga: Kabar Gembira dari Diablo 2, Save File Lama Bisa Digunakan!

Activision Blizzard

Blizzard
Blizzard. Sumber: Official Site

Pada tahun 2003, Blizzard yang masih berdiri sendiri merilis ekspansi salah satu waralaba game tersuksesnya yakni Warcraft III: The Frozen Throne (W3: TFT). Tentu ini mendapatkan resepsi yang sangat baik dari komunitas gaming kala itu.

Dengan hype yang begitu masif, banyak orang lantas memuja ‘kemumpunian’ game strategi yang satu ini. Yap, kala itu genre strategi masih amat mendominasi industri gaming.

Dan di tengah-tengah ‘hiruk-pikuk’ tersebut, salah seorang user dari forum komunitas secara iseng membuat MOD dari game W3: TFT ini.

Ia merancang MOD bikinannya tersebut dengan sedemikian rupa agar menyerupai genre ‘tower defense’, yang kala itu banyak diadaptasi oleh game-game mini besutan developer indie seperti “GameHouse”.

Tentu awalnya ini hanyalah bentuk ejekan yang dilayangkan terhadap genre tersebut, yang acap kali dinilai sebagai habitat gaming ‘papan bawah’. Namun tanpa di duga, MOD yang awalnya hanya iseng ini malah meraih popularitas yang begitu masif dan lebih dinikmati oleh para gamers di seluruh dunia.

Bahkan, ini berimbas pada game aslinya: mematikan franchise Warcraft hingga tidak lagi dirilis sekuel selanjutnya yakni Warcraft IV.

Baca juga: Diablo 4 Hadir dengan Gameplay Terbaru, Keren Parah!

Imbas Masa Lalu

Blizzard Tak Mau Mengulang Kesalahan Masa Lalu Pada Diablo 4
Blizzard Tak Mau Mengulang Kesalahan Masa Lalu Pada Diablo 4. Sumber: Official Site

Lantas bagaimanakah aspek masa lalu ini berimbas pada Diablo IV? Tentu saja Activision Blizzard akan banyak belajar dari kesalahan mereka.

Dikarenakan ‘kelalaian’ mereka dalam membiarkan komunitas berkreasi secara penuh, ini malah menjadi backlash bagi pangsa pasar mereka dan berimbas fatal.

Bisa dibilang langkah mereka melarang penggunaan MOD ini juga sebagai upaya dalam mengontrol serta memberikan parameter kepada komunitasnya: agar tidak keterlaluan dalam merilis berbagai versi MOD.

Namun perlu diingat, pendapat di atas hanyalah bentuk analisa semata.

Untuk versi resminya, dilansir dari forum resmi Diablo 4, langkah ini diambil untuk menjaga lingkungan bermain tetap kondusif serta menghindari keberadaan atau peredaran cheat.

Pernyataan yang dibuat oleh Adam Fletcher (community manager dari Activision Blizzard) pada Rabu (26/7) lalu menegaskan bahwa sebagian besar MOD yang ada sekarang lebih bersifat sebagai cheat. Ini tentu dapat mengganggu kondusifitas dari lingkungan permainan yang sudah dibangun secara baik.

Untuk itu, bila sampai ada pemain yang terdeteksi menggunakan MOD, apapun bentuknya, pihak developer tidak segan-segan untuk melakukan banned secara permanen terhadap akun pemain tersebut. Sangar!

Baca juga: Diablo 2: Resurrected Masuk Ladder Season 3! Apa Saja yang Baru?

Nah itulah pembahasan mengenai larangan menggunakan MOD Diablo 4. Jangan lupa, Top Up Game Murah dan Cepat di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!