Daftar Lengkap Semua Starfield Factions

Starfield Factions

Salah satu topik yang saat ini banyak dicari oleh penikmat game-game eksklusif Xbox Starfield yakni Factions. Nah buat yang penasaran daftar lengkapnya, yuk simak ulasan berikut!

Baca juga: Bethesda Konfirmasi DOOM Eternal Bakal Rilis di Nintendo Switch Bulan Desember

Sistem Factions

Starfield
Starfield. Sumber: Official Site

Buat yang belum paham, Starfield sebagai game besutan developer kenamaan Bethesda, merupakan game yang menggunakan sistem factions (faksi) sebagai daya tarik utamanya. Ini memberikan kesempatan bagi pemainnya untuk bergabung pada kelompok-kelompok yang tersedia.

Bisa dibilang ini seperti sistem guild atau clan. Bedanya, kelompok-kelompok ini bukan dibuat oleh players, melainkan merupakan bagian integral dari jalan cerita game Starfield.

Karena itulah keberadaan factions menjadi sesuatu yang sangat penting. Selain menambah keseruan, ini juga memberikan kadar immersivitas lebih terhadap para players.

Baca juga: 5 Starfield Mods Terbaik, Gamers Wajib Paham!

Starfield Factions

Gameplay Antariksa Starfield
Gameplay Antariksa Starfield. Sumber: Official Site

Sekarang langsung saja nih kita bahas daftar lengkap Starfield Factions yang tersedia di dalam game-nya. Total ada 14 factions yang tersedia.

Dari ke-14 factions tersebut, dapat dibagi lagi menjadi dua factions: major dan minor. Berikut adalah pembahasan detailnya:

Major factions

Kategori ini merupakan factions yang membuka kesempatan bagi player untuk bergabung menjadi salah satu dari mereka. Terdapat 5 diantaranya yang masuk ke dalam kategori ini.

Constellation

Dari yang paling awal tentu saja Constellation sebagai factions default ketika Vicigers pertama kali masuk ke dalam game-nya. Factions ini dianggap sebagai suatu mitos karena keberadaan mereka yang kerap kali tersembunyi.

Sebagai factions yang dianggap mistik, Constellation sangat identik dengan misi-misi utama dalam game.

Maka tidak heran bila beberapa non-playable character (NPC) yang diajak berinteraksi akan memberikan respon tak terduga saat players menyatakan sebagai bagian dari Constellation!

United Collonies (UC)

Selanjutnya adalah Uniter Collonies atau yang disingkat UC. Merupakan factions terbesar dan paling berpengaruh di semesta Starfield.

Sebagian besar anggota UC merupakan orang-orang militer, politisi, dan birokrat lainnya. Wajar bila factions ini juga berpusat di kota terbesar yang ada di semesta Starfield, yakni New Atlantis.

Freestar Ranges

Sering kali digadang-gadang sebagai ‘koboy antariksa’, Freestar Rangers merupakan rival dari UC. Diceritaken bahwa pada suatu masa, Freestar Rangers dan UC pernah berperang, yang disebut dengan Perang Koloni (Colony War).

Pada saat itu, Freestar Rangers memperjuangkan semangat individualisme yang tidak memaksakan orang-orang untuk membentuk faksi.

Namun semenjak kekalahannya dari UC dan diberlakukannya sistem faksi, mereka memilih untuk mengasingkan diri di Akila City.

Ryujin Corporation

Selanjutnya datang dari pihak korporat yakni Ryujin Corporation. Mereka merupakan perusahaan raksasa yang memproduksi berbagai keperluan cyber.

Sebagai faksi yang identik dengan tema pabrikan, Ryujin Corporation bermarkas di kota industri bernama Neon.

Ada berbagai bentuk kehidupan di sana, mulai dari daerah kumuh dan sarang penyamun, hingga wilayah gemerlap yang identik dengan dunia hiburan.

Crimson Fleet

Major factions terakhir memiliki karakteristik perompak: Crimson Fleet! Factions ini merupakan ‘bajak laut luar angkasa’.

Sebagai bajak laut, tidak heran bila kerjaan mereka merampok dan berbuat kriminal di bawah naungan bendera ‘jolly roger’ tengkorak! Markas mereka juga tidak menetap di satu kota, melainkan hadir dalam bentuk stasiun luar angkasa bernama ‘The Key’ yang terletak pada sistem tatasurya ‘Kyrx’.

Baca juga: Heboh Rumor Starfield Bakal Hadir di PS5

Minor factions

Gameplay Shooter Khas Bethesda
Gameplay Shooter Khas Bethesda. Sumber: Official Site

Kategori kedua merupakan minor factions. Ke-sembilan sisanya ini mungkin harus menunggu DLC terlebih dahulu agar nantinya juga dapat terbuka:

  • Argos Extractors: Sebuah perusahaan pertambangan antargalaksi.
  • Ecliptic Mercenaries: Kelompok tentara bayaran yang muncul pasca perang Colony War.
  • Enlightened: Organisasi keagamaan yang berlawanan dengan Sanctum Universum. Players bisa bersahabat dengan faksi ini bila memilih opsi traits Raised Enlightened ketika membuat karakter.
  • House Va’ruun: Sebuah sekte yang menyembah entitas bernama Great Serpent. Players bisa bersahabat dengan faksi ini bila memilih opsi traits Serpent’s Embrace ketika membuat karakter.
  • Sanctum Universum: Organisasi keagamaan yang berlawanan dengan Enlightened. Players bisa bersahabat dengan faksi ini bila memilih opsi traits Raised Universal ketika membuat karakter.
  • Spacers: Pembegal ruang angkasa, faksi kriminal kecil yang terpisah dari organisasi kriminal Crimson Fleet.
  • The Red Mile: Sekelompok pengungsi yang bersembunyi di wilayah Porrima III pada sistem tatasurya Porrima.
  • Trackers Alliance: Grup pemburu hadiah (bounty hunter) yang berbasis di Settled System.
  • Trade Authority: Serikat dagang yang memiliki otoritas melakukan aktivitas jual-beli berbagai sumber daya di semesta Starfield.
Baca juga: Spekulasi dan Upaya Agar Starfield Memiliki Fitur Multiplayer

Nah itulah tadi pembahasan mengenai Starfield Factions. Top up dan penuhi kebutuhan game murah dan cepat, VCGamers Marketplace tempatnya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!