Cara Menjadi Roamer ML, Simak Tips Berikut Ini!

Cara Menjadi Roamer ML

Para pemain Mobile Legends atau ML mungkin penasaran dengan role Roamer dan ingin tahu cara menjadi Roamer dengan kontribusi besar. Maka dari itu, kali ini VCGamers akan membahas tentang tips untuk menjadi Roamer yang handal.

Tips yang ada di bawah ini bisa kamu gunakan ketika bermain Mobile Legends dalam mode Ranked ataupun Classic. Namun, kamu perlu mengetahui bahwa komunikasi dalam tim adalah hal yang bisa sangat membantu.

Dengan adanya komunikasi, kamu bisa mengetahui tentang kondisi teman satu tim dan lebih mudah untuk membantu mereka. Selain komunikasi, kamu juga bisa melihat tips di bawah ini untuk menjadi Roamer yang berguna bagi tim.

Baca Juga: Rekomendasi Build Xavier EXP Lane Season 26

Tips Cara Menjadi Roamer ML

Penasaran apa saja tips untuk menjadi Roamer ML yang jago? Yuk simak empat tips yang bisa kamu terapkan dengan hero Roamer di bawah ini!

Pilih Hero Roamer ML yang Sesuai

Franco sebagai Roamer ML
Franco sebagai Roamer ML. Sumber: MLBB Design

Sebelum membahas tentang tips ketika bermain hero Roamer, kamu perlu menyesuaikan hero yang kamu gunakan dalam sebuah pertandingan. Terdapat beberapa hero Roamer sesuai dengan peran masing-masing hero.

Sebagai contoh, kamu bisa memilih Roamer Tank, Roamer CC (Crowd Control), atau Roamer Support / Mage. Jika dalam sebuah tim tidak memiliki hero dengan Crowd Control, maka kamu bisa memilih hero Roamer CC dengan skill stun yang berguna ketika teamfight.

Namun, jika pemain satu tim sudah memiliki Crowd Control yang kuat, kamu bisa memilih hero Roamer Tank yang memiliki durabilitas tinggi. Durabilitas tinggi bisa membuat hero Roamer menjadi lini depan ketika teamfight.

Terakhir, kamu bisa memilih hero Roamer Support / Mage untuk damage yang lebih tinggi ketika early game. Namun, terdapat kekurangan jika kamu memilih hero Roamer Support seperti mudahnya tertangkap atau terkena pickoff ketika late game.

Baca Juga: Rekomendasi Build Lesley MLBB Tersakit Season 26

Selalu Perhatikan Minimap Ketika Roaming

Minimap Mobile Legends
Minimap Mobile Legends. Sumber: SPIN Esports

Setelah memilih hero Roamer yang sesuai, maka kamu harus membiasakan untuk melihat minimap. Minimap sangatlah penting karena kamu bisa melihat rotasi atau keadaan satu tim.

Kamu bisa gunakan minimap agar lebih mudah untuk melakukan cek terhadap teman yang ada di EXP Lane, Mid Lane, Gold Lane, dan juga Jungler.

Fase early game merupakan waktu yang tepat untuk menjaga hero Jungler, seperti menemani hero Jungler ketika mengambil buff yang ada di hutan.

Setelah itu, kamu harus membantu pemain lain yang ada di Gold Lane, EXP Lane, atau Mid Lane. Namun, prioritas gank harus kepada teman yang sedang kesusahan.

Sebagai contoh, jika pemain Marksman di Gold Lane kesusahan, kamu bisa melakukan gank terhadap Gold Lane dan membantu Marksman untuk membunuh musuh.

Ketika ingin melakukan gank, kamu harus perhatikan rute yang sesuai lho! Yuk simak penjelasan rute yang sesuai di bawah ini!

Baca Juga: Build Tersakit Top 1 Global Saber! Sekali Combo Autowin!

Gunakan Rute yang Sesuai

Cara Menjadi Roamer ML Rute Roaming
Rute Roaming. Sumber: YouTube/Charles Studio

Ketika melakukan roaming, tentunya kamu harus menggunakan rute yang sesuai. Menggunakan rute yang sesuai akan sangat berguna untuk berbagai hal seperti membuka map atau membuka teamfight.

Seperti gambar yang ada di atas, rute Roaming bisa menjadi dua. Pertama, kamu bisa mengikuti rute berwarna putih guna membuka map atau mencari tahu keberadaan musuh yang sedang menyelinap di rerumputan.

Tidak hanya itu, rute putih juga sering digunakan oleh para Roamer untuk menyelinap ketika ingin melakukan gank terhadap lane yang membutuhkan gank.

Rute merah bisa kamu gunakan jika ingin mengambil rute aman. Maka dari itu, kamu harus selalu perhatikan minimap ketika ingin roaming dari satu lane ke lane lainnya.

Baca Juga: 5 Item Build Joy Jungler Mobile Legends Terbaik, Gunakan Ini!

Laksanakan Tugas ketika Menjadi Roamer

Chou sebagai Roamer ML
Chou sebagai Roamer ML. Sumber: MLBB Design

Setiap role memiliki tugasnya masing-masing. Sebagai contoh, Marksman memiliki tugas untuk farming sebanyak-banyaknya di early game agar bisa memberikan damage yang tinggi di fase late game.

Berbeda dengan Marksman, tugas Roamer bukanlah untuk farming. Melainkan, hero Roamer harus membuka map untuk memberikan informasi pada para pemain di lane lainnya.

Selanjutnya, Roamer juga memiliki tugas untuk membuka teamfight. Membuka teamfight atau inisiasi adalah hal yang penting dalam game Mobile Legends, karena satu hasil teamfight bisa menentukan hasil dari seluruh pertandingan.

Dalam teamfight, para Roamer harus mengacak-acak formasi musuh. Dengan terpencarnya fokus musuh, maka satu tim akan lebih mudah untuk memenangkan sebuah teamfight.

Terakhir, pastinya hero Roamer memiliki tugas yang krusial yakni membantu lane lain. Dengan membantu lane lain, teman satu tim akan sangat terbantu jika sedang mengalami kesusahan pada early game.

Demikian pembahasan mengenai cara dan tips menjadi Roamer Mobile Legends atau ML yang berguna untuk tim, semoga bermanfaat!

Penuhi kebutuhan top up Diamond di Mobile Legends: Bang Bang hanya di VCGamers Marketplace dan dapatkan promo yang tersedia!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!