Cara Menghitung KDA dalam Mobile Legends

Pengertian KDA

Istilah KDA seringkali akan kamu dengar saat bermain game, termasuk dalam game multiplayer terkenal buatan Moonton yaitu Mobile Legends.

Game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) yang diluncurkan tahun 2016 ini memakai KDA untuk menentukan MVP dari sebuah pertandingan.

Apa itu KDA dan kenapa bisa berperan sangat penting dalam menentukan posisi MVP pertandingan? Simak penjelasannya dibawah ini.

Baca juga: Buff dan Nerf di Update Patch Mobile Legends 1.7.94

Pengertian KDA dalam Mobile Legends

KDA ternyata adalah istilah singkat yang digunakan untuk menyebut Kill, Death, dan Assist dalam Mobile Legends.

Kill berarti jumlah musuh yang eliminasi oleh seorang pemain, Death berarti jumlah pemain dieliminasi oleh lawan, sedangkan Assist berarti total musuh yang dieliminasi dengan bantuan pemain lain.

Berikut ini adalah contoh dan penjelasan lebih lanjut dari KDA di Mobile Legends:

Kill

KDA - Kill
Pengertian Kill di KDA. Source: Mobile Legends

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, secara sederhana Kill adalah total jumlah lawan yang dieliminasi oleh seorang pemain. Jumlah tersebut akan bertambah secara realtime.

Hasil eliminasi tersebut nantinya oleh sistem akan ditambahkan ke kategori Kill yang berada di pojok kanan atas dengan simbol dua buah pedang yang menyilang.

Dalam menentukan siapa yang berhak atas Kill dari seorang pemain, kamu tidak harus bertarung dari awal atau berlomba bersama temanmu mengeluarkan berbagai skill keren pada lawan.

Kill akan diberikan kepada pemain yang terakhir kali memberikan damage sebelum musuh terliminasi. Jadi, serangan default tanpa skill juga bisa memberikan pemain sebuah kill.

Contohnya adalah saat Terizla melawan Yu Zhong, setelah melakukan beberapa serangan Yuzhong kemudian tereliminasi.

Akan ada sebuah notifikasi dengan di layar yang menunjukkan bahwa kamu berhasil mengeliminasi lawan.

Death

Death
Pengertian Death dalam KDA. Source: Mobile Legends

Death adalah jumlah berapa kali kita berhasil dieliminasi oleh musuh. Untuk menghindari musuh semakin kuat dan mendapatkan banyak gold, sebisa mungkin jangan terlalu sering mati.

Jika HP bar mu sudah tersisa sedikit, segera kembali ke base sebelum lawan berhasil mengeliminasimu. Ingatlah bahwa serangan biasa tanpa skill juga bisa menghabisimu.

Kamu bisa melihat jumlah Death di pojok kanan atas layar. Death disimbolkan dengan gambar tengkorak yang berada di tengah Kill dan Assist.

Berhasil kabur dari musuh sebenarnya belum benar-benar aman. Kamu harus waspada pada musuh yang memiliki skill dengan efek damage lama seperti Ultimate Harley dan Skill 1 Terizla.

Kalau kamu tereliminasi oleh musuh, sebuah notifikasi dengan warna merah akan muncul dan menunjukkan siapa lawan yang mengalahkanmu dan siapa Assistnya (apabila ada).

Assist

Assist
Pengertian Assist dalam KDA. Source: Mobile Legends

Sama seperti Kill, angka Asssist juga akan bertambah secara realtime saat hero lawan yang menjadi target tereliminasi.

Bedanya, Kill diberikan pada orang yang terakhir kali berhasil memberi damage dan mengeliminasi musuh sedangkan Assist diberikan pada pemain yang membantu teman satu tim menyerang musuh.

Untuk melihat jumlah Assist yang sudah didapatkan, kamu bisa melihatnya di pojok kanan atas layar dengan gambar tangan yang mengepal.

Ketika kamu mendapatkan Assist, maka avatar karaktermu akan muncul dibawah notifikasi teman satu tim yang berhasil melakukan Kill.

Contohnya saat Terizla, Hanzo, dan Vexana bersama-sama menyerang Alpha dan berhasil mengalahkannya.

Terizla sebagai pemain yang melakukan Kill akan mendapatkan notifikasi diikuti dengan avatar Hanzo dan Vexana yang berada dibawahnya untuk menunjukkan bahwa mereka mendapatkan Assist.

Baca juga: Yuk Beli Skin Mobile Legends Keren! Ini Rekomendasinya!

Cara Menghitung KDA

Cara Menghitung KDA
Tampilan KDA setiap tim dalam pertandingan. Source: Mobile Legends

Untuk menentukan penilaian terhadap performa setiap pemain dibutuhkan KDA. KDA juga yang nantinya akan menentukan siapa yang menjadi MVP dalam pertandingan tersebut.

Bagaimana cara perhitungan KDA dalam menentukan performa pemain di Mobile Legends? Rumusnya adalah total seluruh Kill dan Assist ditambahkan kemudian dibagi dengan total Death.

Contohnya misal kalian mendapatkan KDA dalam sebuah pertandingan sebanyak 8 Kill, 2 Death, dan 4 Assist. Maka, Kill 8 + 4 Assist : 2 Death = 12/4 = 6. KDA yang bisa didapatkan adalah 6.

Semakin banyak Kill dan Assist dengan jumlah Death yang minim akan membuatmu mendapat medali yang lebih baik dibanding pemain lainnya atau bahkan bisa menjadi MVP dalam match tersebut.

KDA juga bisa menjadi salah satu indikator bahwa performa permainanmu dalam tim sudah baik atau belum.

Baca juga: Cara Beli Diamond ML Cepat dan Murah

Nah itulah artikel tentang pengertian KDA dan contohnya. Semoga artikel ini bisa membantumu dalam permainan dan selamat bermain!

Top Up Diamond MLBB murah dan cepat di VCGamers Marketplace! Bebas Biaya Admin dan Pakai Kode Promo VCGNEWS150!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!