5 Cara Mendinginkan HP Saat Bermain Game

Lose Streak

Cara mendinginkan hp sangatlah mudah dilakukan, seperti saat bermain game. Seperti yang kamu tahu bermain game memang bisa memanaskan hp.

Jika kamu adalah pemain lama, kamu mungkin memiliki beberapa ponsel gaming yang panas. Ponsel gaming bisa menjadi sangat panas saat memainkan game dengan grafis intens seperti PUBG dan Free Fire, sehingga mengurangi umurnya, masalah yang harus segera diselesaikan.

Ada beberapa cara mendinginkan hp gaming dengan cepat agar bisa digunakan untuk bermain game lagi. Kamu dapat menggunakan strategi cooldown untuk meningkatkan pengalaman bermain game jika kamu adalah seorang gamer profesional yang sering melakukan streaming langsung.

Trik dan Cara Mendinginkan HP Gaming

Jika kamu adalah seorang gamer yang sering main game setiap hari, pastinya hp yang digunakan akan panas. Untuk itu, kamu bisa menerapkan beberapa tips di bawah ini.

Pilih Casing HP yang Menyerap Panas

Cara Mendinginkan HP
Main Game

Ketika kecelakaan terjadi, dan casing ponsel sering kali menjadi garis pertahanan terakhir antara perangkat dan tanah yang dingin dan keras saat jatuh. Untungnya, konsekuensi pemanasan dari penggunaan yang berlebihan dapat dikurangi dengan menggunakan penutup seperti itu dalam beberapa keadaan.

Bahkan saat memainkan game dengan grafis tinggi seperti PUBG dan Free Fire, casing ponsel yang layak dapat membantu menjaga ponsel gaming agar tidak terlalu panas. Casing telepon thermoline membantu mengevaluasi keluaran panas maksimal perangkat.

Ubah Pengaturan 

Cara Mendinginkan HP
HP

Setiap pengguna ponsel adalah unik. Beberapa orang menginginkan tampilan layar yang cerah, sementara yang lain lebih menyukai tampilan yang lebih gelap. Beberapa orang menuntut grafik paling bagus yang tersedia, sementara yang lain setuju dengan mengorbankan beberapa kualitas atas nama kinerja game.

Akibatnya, ponsel cerdas memiliki opsi personalisasi yang hampir tak terbatas. Di sisi lain, pengaturannya berdampak pada pengoperasian, kinerja, dan suhu perangkat.

Pertimbangkan untuk menurunkan kecerahan layar atau menyesuaikan pengaturan grafis saat bermain game seperti PUBG dan COD Mobile di ponsel game. Tidak hanya gameplay kamu akan meningkat, tetapi perangkat kamu akan cenderung tidak terlalu panas.

Tutup Aplikasi yang Tidak Digunakan

Cara Mendinginkan HP
Main Mobile Legends

Banyak pengguna lupa menutup aplikasi setelah selesai menggunakannya, yang dapat menurunkan kinerja perangkat dan menyebabkan panas berlebih.

Agar aman, ada baiknya untuk menutup semua aplikasi yang tidak digunakan di ponsel sesekali, terutama jika kamu telah menggunakannya dalam waktu yang lama. Ini akan membuat perangkat berjalan pada kinerja puncak dan mencegah panas berlebih.

Saat memainkan game yang membebani grafis seperti Free Fire MAX, COD Mobile, BGMI, dan PUBG, kamu dapat melindungi ponsel dengan menutup aplikasi lain. Menghapus file yang tidak dibutuhkan adalah pendekatan lain untuk menjaga ponsel gaming dari kepanasan.

Hindari Sinar matahari Langsung

Cara Mendinginkan HP
LJ Saat Bermain untuk RRQ. Source: One Esports

Cara mendinginkan hp saat bermain game adalah dengan menghindari sinar matahari secara langsung. Sinar matahari semakin memanaskan ponsel, jadi wajar saja jika lebih banyak panas akan memperburuk dampak pemanasan game seluler.

Ini dapat menyebabkan ponsel cerdas menjadi terlalu panas lebih cepat, menurunkan kinerja, dan mungkin merusak perangkat dan komponennya.

Orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu di luar sekarang karena cuacanya bagus. Jika kamu harus keluar mencari udara segar saat bermain game seluler, hindari sinar matahari langsung sebanyak mungkin. Jika kamu bermain di ponsel game untuk waktu yang lama, carilah tempat teduh untuk perangkat.

Baca juga: 5 HP Gaming Murah Tahun 2022, Bisa Main PUBG!

Beristirahatlah di Antara Jam Bermain Game yang Panjang

Cara Mendinginkan HP
Main Mobile Legends

Periode game yang lama adalah penyebab paling umum ponsel gaming menjadi panas, mempengaruhi kinerjanya. Seperti hampir semua hal lain dalam hidup, game seluler harus dilakukan dalam jumlah sedang.

Semakin lama kamu bermain tanpa jeda, semakin panas perangkat. Dengan mengingat hal itu, ingatkan diri untuk beristirahat dari permainan sepanjang hari.

Beristirahatlah sejenak untuk mengurangi hasil permainan yang membebani seperti Clash Royale, PUBG dan Free Fire. Ini akan membuat ponsel cukup dingin. Jadi, lain kali kamu bermain game, istirahatlah sejenak untuk makan dan minum.

Pemanasan adalah salah satu masalah terbesar yang dihadapi para gamer, mengingat penggunaannya yang intens. Pemanasan yang dialami pengguna pada dasarnya adalah baterai yang memanas sebagai respons terhadap penggunaan cepat banyak sistem utama yang memasok daya baterai.

Jika pengguna ingin memiliki sesi permainan yang lama, beberapa tingkat pemanasan hampir tidak mungkin untuk dihindari, tetapi ini harus ditahan karena pemanasan yang konsisten pada akhirnya akan mencekik prosesor perangkat dan bagian penting lainnya.

Untungnya, mekanisme pendinginan telah dirancang untuk ponsel, berdasarkan rekan-rekan mereka yang lebih besar di laptop.

Pastikan ponsel di daftar kemungkinan kamu memiliki sistem pendingin khusus yang terpasang di dalamnya. Pendinginan Cair adalah mekanisme terbaik untuk menghindari masalah pemanasan sama sekali, tetapi mahal dan hanya mungkin di perangkat dengan ukuran tertentu, sehingga sebagian besar desainer memiliki metode mereka sendiri.

Pentingnya hal-hal seperti Tombol Bahu dan keberadaan jack headphone 3,5 mm akan ditentukan oleh preferensi dan persyaratan pribadi pemain.

Baca juga: 5 HP Gaming Termahal, Bisa Main Genshin Impact 90 FPS

Pastikan untuk mempertimbangkan preferensi dan persyaratan pribadi untuk memutuskan perangkat game terbaik untuk kamu setelah memastikannya sesuai dengan persyaratan yang tercantum ini.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!