Cara Melihat RAM HP Android Semua Merek

Cara melihat RAM di HP Android

Salah satu komponen yang sering dijadikan pertimbangan seseorang untuk membeli HP adalah RAM. Bagaimana cara melihat RAM di HP?

Seiring berkembangnya teknologi, sekarang tidak lagi sulit untuk menemukan HP yang memiliki RAM besar dengan harga terjangkau.

Banyak orang yang masih bingung fungsi dan bagaimana cara melihat komponen yang satu ini di HP mereka. Apakah kamu salah satunya? Yuk simak artikel di bawah ini!

Baca juga: Cara Melacak HP dengan IMEI, Mudah dan Akurat

Definisi RAM

Definisi RAM
Definisi RAM. Source: GadgetIn/Youtube

Kamu mungkin sering mendengar istilah RAM baik untuk smartphone maupun perangkat komputer. Apa yang dimaksud dengan RAM?

Jadi, RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory yang berfungsi untuk menyimpan data-data sementara dari pengguna.

Umumnya orang mengetahui RAM sebagai tempat penyimpanan dari file-file aplikasi yang diinstal oleh perangkat yang kita gunakan.

Hal ini tidak salah, karena fungsi utamanya adalah menyimpan berbagai file dari aplikasi dan sistem yang sedang dijalankan untuk sementara.

Oleh karena itu dengan kemampuan membaca RAM yang jauh lebih cepat, perangkat kita dapat segera meluncurkan aplikasi atau game.

Baca juga: 5 Aplikasi Pelacak Nomor HP Terbaik 2023, Akurat Banget!

Cara Melihat RAM di HP Android Semua Merek

Dengan mengecek kapasitas yang dimiliki oleh perangkat, kita bisa memperkirakan berapa banyak kapasitas penyimpanan yang tersisa sebelum mengunduh suatu aplikasi atau menambahkan file lainnya.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengecek RAM di HP Android dan iOS:

Melihat RAM di Pengaturan Android

Cara melihat ram hp - Melihat RAM di pengaturan Android
Melihat RAM di pengaturan Android. Source: GadgetIn/Youtube

Cara paling mudah untuk melihat berapa penyimpanan RAM di perangkat Android yang kamu gunakan adalah dengan mengecek langsung di pengaturan.

Pertama, carilah “Pengaturan” yang ada di ponsel kamu. Apabila kesulitan, kamu bisa menemukannya dengan mengetik di pencarian.

Setelah itu masuk ke “Pengaturan” dan carilah “Memori“. Sekarang kamu sudah bisa melihat informasi tentang penyimpanan internal dan RAM yang tersisa diperangkatmu.

Cara yang satu ini bisa berbeda tergantung merek HP yang kamu gunakan. Namun, biasanya kamu bisa melihatnya di menu “Memori“.

Melihat Spesifikasi di Website Resmi

Cara melihat ram hp - RAM Samsung Galaxy A54
RAM Samsung Galaxy A54. Source: samsung.com

Apabila kamu masih berniat untuk membeli HP, kamu bisa mengunjungi website resmi dari setiap merek yang kamu inginkan.

Website resmi merek yang kamu inginkan akan menampilkan banyak tipe HP dengan spesifikasi sekaligus poin unggulan dari perangkat tersebut.

Berikut adalah daftar website resmi smartphone yang beredar di Indonesia:

  • Samsung: samsung.com
  • Realme: realme.com
  • Xiaomi: mi.co.id
  • Oppo: oppo.com
  • Infinix: id.infinixmobility.com
  • Vivo: vivo.com
  • Nokia: nokia.com

Mengecek RAM di Situs GSM Arena

Cara melihat ram hp
Spesifikasi Samsung Galaxy S23 FE. Source: GSM Arena

GSM Arena sudah terkenal sejak lama sebagai situs yang banyak digunakan untuk mengecek spesifikasi smartphone, baik yang sudah maupun belum rilis di Indonesia.

Tidak hanya mengecek spesifikasi, kamu bisa menggunakan situs ini untuk membandingkan dua smartphone yang berbeda.

Untuk mengecek RAM dari perangkat yang kamu inginkan, cukup ketikkan merek atau tipe yang dimaksud pada kolom pencarian.

Aplikasi CPU X

Cara melihat ram hp - Aplikasi CPU X
Aplikasi CPU X. Source: PlayStore

Cara untuk melihat RAM HP selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi CPU X. Hal ini bisa kamu dapatkan secara gratis di PlayStore.

Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 5 juta pengguna ini tidak hanya akan memberikan informasi RAM saja, namun spesifikasi yang lebih rinci seperti sensor dan kamera.

Untuk melihat kapasitas RAM dari perangkatmu, kamu perlu menginstal aplikasi ini terlebih dahulu kemudian menjalankannya.

Setelah itu, pilih menu “Memory” yang berada dibagian tengah barisan atas. Sekarang kamu sudah bisa melihat informasi RAM dari HP yang kamu gunakan.

Memeriksa Kotak Kemasan HP

Cara melihat ram hp - RAM dikemasa dus
RAM di kemasan produk HP. Source: GadgetIn/Youtube

Terakhir, jika kamu tidak ingin repot-repot menjelajah menu di dalam HP atau memeriksa spesifikasi melalui internet maka kamu bisa menggunakan cara ini.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu memeriksa kotak kemasan dari HP. Biasanya akan tertera beberapa spesifikasi penting seperti kamera, memori internal, dan RAM pada kotak kemasan.

Nah itulah cara untuk melihat RAM HP untuk Android dengan segala merek. Bagaimana, sudahkah kamu mengecek berata RAM yang tersisa di perangkat kamu?

Bagi kamu yang berlangganan produk digital atua butuh tempat untuk top up game kesayangan dengan murah dan cepat, yuk kunjungi VCGamers Marketplace sekarang juga!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

[wpforms id="61130"]