Apa itu Scrim di PUBG? Simak Pengertiannya Disini!

apa itu scrim dan contoh yang diadakan oleh tim aerowolf

Kamu yang bermain game battle royale seperti PUBG dan Free Fire, atau yang menggeluti e-sport pasti sering mendengar kata scrim. Apa itu scrim? Banyak dari teman-teman yang mungkin belum familiar dengan istilah tersebut.

“Scrim” adalah kependekan dari kata “scrimmage”, yang merupakan simulasi permainan atau latihan. Tim profesional dan kompetitif akan sering terlihat membicarakan atau mencari samaran di tempat-tempat seperti Twitter.

Untuk lebih jelasnya apa itu scrim tadi, artikel berikut ini akan membahas mengenai apa itu scrim, manfaatnya, dan semua hal terkait apa itu scrim tadi.

Apa itu Scrim?

apa itu scrim dan contoh jadwal scrim tahun 2020
Contoh Jadwal Scrim PUBG 2020

“Scrim”  merupakan istiliah yang berasal dari kependekan kata “scrimmage”. Diartikan dari Bahasa Inggris, Scrim berarti pergulatan atau pergreumulan dalam bahasa Indonesia.

Jadi apa itu scrim? Scrim adalah sebutan untuk simulasi permainan atau latihan. Istilah ini sebelumnya sudah terkenal untuk atlet seperti bola atau american football dan sekarang digunakan juga untuk istilah di e-sports seperti game PUBG, Mobile Legends, Valorant, dan lain sebagainya.

Tim profesional dan kompetitif di e-sport sering menggunakan istilah ini ketika membicarakan atau mengumumkan latihan antar tim seperti di sosial media misalnya Twitter.

Terkadang beberapa tim juga menyingkatkan kata di media sosial sebagai  “TS”, yang merupakan kependekan dari “team scrimmage” dan pada dasarnya sama dengan apa itu scrim tadi.

Tujuan dari Scrim

MPL Terbuka untuk Umum
Scrim untuk Belajar Sebelum Pertandingan Resmi Seperti MPL

Setelah mengetahui apa itu Scrim, tujuannya biasanya dilakukan oleh tim-tim esport besar untuk uji tanding dan sarana uji strategi sebelum melakukan pertandingan dan melatih kerja sama tim sehingga bisa menemukan kekurangan-kekurangan dalam sebuah tim.

Dalam scrim, tim e-sport profesional secara simulatif menguji strategi dan ide yang berbeda sebelum menggunakan strategi tersebut ke pertandingan resmi ketika kemenangan sangat ditentukan. juga tempat tim berkumpul dan mempelajari apa yang cocok dan apa yang tidak.

Scrim juga dapat mengasah mental dan skill seorang pemain sebelum turnamen berlangsung, dan juga memiliki manfaat untuk melatih kerja sama antar tim agar lebih solid saat berlaga di turnamen selanjutnya yang akan tim tersebut bertanding.

Hal yang Diperhatikan Saat Scrim

apa itu scrim untuk skill unity
skill unity yang bisa kamu gunakan saat scrim PUBG New State

Istilah apa itu scrim mungkin terdengar sederhana dan simpel, padahal tidak semudah itu penerapannya. Banyak hal dan detil yang diperhatikan oleh para tim e-sport pada saat scrim tadi. Hal-hal berikut ini adalah hal yang diperhatikan dan menjadi manfaat pada saat scrim:

Pengaturan Rotasi Tim

Game seperti PUBG adalah tipe igame battle royal dimana sistem lingkaran area beertanding akan semakin kecil seiring berjalannya waktu. Anggota tim yang berada di luar zona akan mengalami pengurangan health yang pastinya merugikan.

Pengaturan rotasi menjadi bagian terpenting dari apa itu scrim tadi. Pemain pastinya tidak mau berada di luar area circle karena selain health berkurang, potensi diserang oleh musuh pasti akan tinggi dan karakter akan diserang supaya tidak kembali.

Komposisi tim yang berubah karena salah satu  anggota mati akan membuat rencana strategi tim berantakan dan pastinya selalu dihindari.

Pengaturan rotasi ini dapat menjadi panduan oleh tim kapan waktu yang tepat untuk terlibat dalam baku tembak dan kapan waktu untuk bergerak ke circle.

Baca Juga: Simak! Ini 5 Pawang Lord Mobile Legends di Regular Season MPL ID S9

Posisi Tim di Area

Battle royal menggunakan area untuk yang cukup luas dengan pemain biasanya terdiri dari 4-5 anggota pada setip tim. Penempatan posisi tim di area atau base juga harus dipertimbangkan dan menjadi definisi apa itu scrim. Posisi tim ini yang akan menentukan strategi dari tim kamu.

Seperti misalnya, siapa yang akan menggiring lawan dan lokasi yang cocok untuk anggota bertemu, dan hal yang menguntungkan disaat terdesak seperti anggota terdekat yang bisa membantu anggota lainnya dalam penyembuhan.

New State misalnya dimana ada fitur baru yaitu Unity, kamu bisa tahu anggota terdekat yang bisa membantu mempercepat penyembuhan tadi.

Pembagian Tugas Setiap Anggota Tim

Setiap tim e-sport pasti menentukan tugas masing-masing tergantung dari strategi dan kemampuan para anggota sebagai dasar penentuan dari apa itu scrim. Pembagian tugas yang baik dapat membuat kerja sama tim lebih teratur dan dinamis.

Pengaturan tugas anggota juga digunakan untuk meminimalisir hal buruk yang kemungkinan terjadi pada turnamen asli yang akan berlangsung.

Jika tim adalah penyerang semua, besar kemungkinan saat tim terjebak tidak ada yang bantu heal, nah oleh karena itu dibutuhkan pembagian yang oke dan menjadi poin yang harus diperhatikan dari apa itu scrim.

Latihan Tim dan Individual

Selain pelatihan untuk meningkatkan kerjasama tim, kekuatan dan strategi individu setiap anggota juga memenuhi definisi dari apa itu scrim tadi. Ada saatnya anggota sendiri dan kejadian yang tidak menyenangkan seperti tidak bisa menggunakan senjata atau kehabisan barang terjadi, dan survival skill setiap anggota juga harus diperhatikan.

Atau ada saat dimana anggota menjadi anggota terakhir yang tersisa, individu ini nantinya yang jadi penentuan terakhir apa tim bisa menang atau tidak. Oleh sebab itu scrim juga harus dilakukan untuk meningkatkan kemampuan individu.

Selain sebagai saranan untuk meningkatkan ketajaman dalam melihat situasi, scrim berguna agar para anggota bisa mengatasi hal-hal tidak terduga yang kemungkinan akan terjadi.

Kemungkinan ini tidak bisa diperkirakan dan hanya didapatkan dari pengalaman, oleh sebab itu latihan atau scrim sangat dibutuhkan.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!