7 Game yang Dilarang Peredarannya di Berbagai Negara

Game yang Dilarang

Sebagian besar dari kita pastinya setuju jika game merupakan salah satu hiburan yang legal di hampir semua negara di dunia. Namun, tidak semua game mendapatkan izin atau dilarang untuk diperjualbelikan di suatu negara, termasuk Indonesia. Lalu, apa saja sih game yang dilarang itu?

Banyak faktor membuat suatu game yang sudah dibuat, namun dilarang di suatu negara. Mulai dari peraturan ketat dari negara tersebut mengenai barang-barang dari luar negeri, game tersebut mengandung unsur kekerasan yang melebihi batas, ada unsur ponografi di dalamnya, hingga konten yang mengandung penghinaan terhadap suatu golongan.

Nah, buat kamu yang penasaran dengan game yang dilarang tersebut, yuk simak pembahasannya berikut ini!

Grand Theft Auto: San Andreas

Game yang Dilarang
GTA San Andreas. Source: Play Store

Grand Theft Auto: San Andreas merupakan game yang masih populer hingga saat ini. Tapi tahukah kamu jika game ini dilarang di beberapa negara?

Alasan mengapa game ini dilarang karena game Grand Theft Auto: San Andreas banyak mengandung konten kekerasan, kejahatan, senjata api, pornografi, dan adegan menyimpang lainnya. Jadi, tidak heran jika game ini dilarang di lebih 50 negara di dunia.

Baca juga: Cara Mendownload GTA San Andreas di HP 2023, Gampang Kok!

Bully: Anniversary Edition

Game yang Dilarang
Game Bully. Source: VCGamers

Masih berasal dari developer yang sama dengan Grand Theft Auto: San Andreas, game ini juga mendapat larangan. Beberapa negara yang melarang game ini beredar antara lain Inggris, Brazil, dan sebagian negara bagian Amerika Serikat, hingga Indonesia.

Alasan kenapa game ini dilarang peredarannya di beberapa negara karena game ini menampilkan bagaimana kamu akan memainkan seorang anak yang bandel dan suka membully anak-anak lain di sekolah.

Mortal Kombat 11

Game yang Dilarang
Mortal Kombat 11. Source: Youtube/ Morta Kombat

Mortal Kombat merupakan salah satu game fighter populer yang ada di dunia. Namun, peredaran game ini dilarang di berbagai negara seperti Jepang, Ukraina, dan juga Indonesia.

Meskipun game ini terkenal dengan adegan pertarungan yang sangat sadis, tapi ternyata bukan itu yang membuat game ini dilarang. 

Hal yang menyebabkan Mortal Kombat 11 dilarang adalah adanya logo yang mirip palu arit yang merupakan simbol dari komunisme, di bagian topi kostum karakter Kold War Skarlet. 

Far Cry 3

Game yang Dilarang
Far Cry 3. Source: Youtube/ Ubisoft

Game bertajuk action-adventure besutan Ubisoft ini secara alur cerita tidak terdapat masalah berarti yang membuatnya harus dilarang peredarannya. 

Namun, game ini dilarang karena dianggap menghina Indonesia. Sebagian besar gamers menganggap latar belakang lokasi game ini sangat mirip dengan di Indonesia. Hal itu diperkuat dengan adanya flora dan fauna khas Indonesia di game ini dan beberapa NPC yang terdengar berbicara menggunakan bahasa Indonesia. 

Hal yang membuat game Far Cry 3 dilarang adalah penggambaran cerita di game ini disebut seperti di neraka karena banyaknya penyakit, kelaparan, dan wabah.

Pokemon Go

Game yang Dilarang
Pokemon Go. Source: charlieintel.com

Game Pokemon Go pada awal kemunculannya sukses membuat gempar seluruh dunia, dimana waktu itu banyak orang yang terkena tren game ini. Namun, ternyata game ini juga mendapatkan pelarang lho!

Hal itu disebabkan karena game Pokemon GO dianggap bisa membahayakan keselamatan para pemainnya. Sebab terjadi beberapa kasus dimana para pemainnya tidak memperhatikan daerah sekitarnya ketika bermain. Dan mengakibatkan mereka terjatuh atau menabrak orang lain.

Game Pokemon Go dilarang di beberapa negara seperti Iran, Malaysia, dan Indonesia.

Baca juga: Cara Menangkap Ditto Pokemon Go Terbaru 2023

World of Warcraft

Game yang Dilarang
World of Warcraft. Source: VCGamers

Game yang bergenre MMORPG ini dilarang karena banyak adegan yang mengandung unsur kekerasan di dalamnya. Sehingga tak heran jika KPAI sempat akan melarang game ini beredar di Indonesia.

Akhirnya, game ini dilarang hanya untuk anak dibawah umur. Sebab konten yang ditampilkan World of Warcraft ditakutkan akan ditiru oleh anak-anak.

Manhunt

Game yang Dilarang
Manhunt: Source: 10min Gameplay.

Ini adalah kali ketiganya game besutan Rockstar masuk daftar ini, setelah sebelumnya ada Grand Theft Auto: San Andreas dan Bully: Anniversary Edition.

Alasan kenapa game Manhunt dilarang di beberapa negara karena game ini disebut bisa mempengaruhi pemain untuk menjadi agresif, selain itu visualnya yang memang cukup mengganggu.

Game bergenre horor ini dilarang di beberapa negara seperti Inggris, Jerman, Australia, Irlandia, dan beberapa negara Asia, termasuk Indonesia.

Baca juga: Mengetahui Lebih Banyak Mengenai Fakta Game Unrecord

Nah, demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai game yang dilarang. Jangan lupa untuk tetap update info terkini lainnya mengenai games, teknologi, dan gadget hanya di VCGamers News!

Yuk top up game favoritmu sekarang juga di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!