5 Film Anime Seinen Terbaik 2024, Harus Tonton!

anime movie (2)

Siapa nih yang Wibu dan Otaku? Pasti kamu sering membaca manga atau menonton serial atau film anime kan ketika sedang santai atau hari libur?

Mungkin bagi kamu yang sering membaca manga dan menonton anime, pasti sudah mengenal istilah umum di dunia anime dan manga seperti misalnya Shoujo, Shounen, Seinen dan Josei.

Istilah tersebut merupakan kategori pasar atau genre anime dan manga (animanga) dan istilah-istilah ini digunakan untuk menentukan usia dan target pasar dari anime atau manga yang akan didistribusikan berdasarkan demografisnya.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas daftar anime movie terbaik 2024 dari salah satu genre tersebut, yaitu Seinen.

Genre animanga ini cukup popular dan paling diminati di seluruh dunia, lho! Tapi sebelumnya kita mengenal dulu istilah Seinen sendiri biar lebih paham.

Baca juga: 5 Studio Anime Terbaik, Animasi Keren!

Seinen

anime movie (8)
All Movies Anime (Source: Upstation Media)

Sebelum kamu mengetahui rekomendasi film anime terbaik 2024 yang bergenre Seinen, alangkah baiknya untuk mengenal dulu tentang Seinen itu sendiri.

Seinen adalah salah satu genre pada anime dan manga yang dikhususkan kepada pembaca atau penonton pria dewasa. Dalam bahasa Jepang, istilah ‘Seinen’ artinya pria muda.

Sejak pertengahan abad ke-20, Seinen ini mulai berkembang sesuai dengan permintaan penonton atau pembaca sehingga genre ini lebih banyak digunakan kepada materi, anime dan manga yang lebih kompleks dengan tema berat.

Tema-tema tersebut cocok untuk orang dewasa seperti misalnya kekerasan, isu-isu sosial, masalah pekerjaan, pribadi, politik, hubungan antar manusia, psikologi, moralitas, keluarga, pengalaman pribadi dan seksualitas.

Untuk targetnya sendiri laki-laki dewasa mulai dari 20-40 tahun, sehingga genre ini selalu menyajikan cerita dengan permasalahan yang kompleks, serius dan berat untuk diikuti bahkan terkandung unsur kekerasan didalamnya.

Semakin ke sini, Seinen semakin berkembang dan semakin digemari oleh pecinta anime dan manga.

Maka dari itu, banyak sekali karya anime atau pun manga yang bergenre Seinen yang sudah populer seperti misalnya Tokyo Ghoul hingga Attack on Titan.

Baca juga: Genre Anime yang Paling Populer, Mana Favoritmu?

Daftar Anime Movie Seinen Terbaik 2024

anime movie (4)
All  Anime (Source: Kapanlagi .com)

Telah sampai pada sub pembahasan rekomendasi daftar anime movie genre Seinen terbaik yang bisa kamu tonton di tahun 2024 yaitu sebagai berikut:

Ghost in the Shell (1995)

Ghost in the Shell (1995)
Source: Lionsgate Movies/YouTube

Untuk film anime bergenre Seinen terbaik pertama yang kami rekomendasikan datang dari judul Ghost in the Shell. Anime satu ini adalah old movie karena dirilis pada 18 November 1995 di Jepang.

Film Anime ini merupakan karya Kazunori Itō dan diproduksi oleh Production I.G sebagai studio produksi anime-nya. Untuk genrenya adalah Seinen, Cyberpunk, Sci-Fi, Action dan Thriller.

Cerita dalam anime ini memiliki setting tahun 2029 di mana adanya Cybernetic Enhancements and  Virtual Reality  di era tersebut.

Seorang wanita polisi yang bernama Matoko Kusanagi, memimpin sebuah divisi keamanan siber dalam rangka menghadapi berbagai ancaman hacker.

Ia akan menyelesaikan kasus tersebut yang bernama Puppet Master, dimana dirinya menemukan beberapa kejanggalan mengenai hak asasi manusia bahkan identitasnya sendiri.

The Garden of Words (2013)

The Garden of Words
The Garden of Words (Source: Medium)

Sebagai rekomendasi film anime dengan genre Seinen terbaik datang dari judul The Garden of Words atau Kotonoha no Niwa karya Makoto Shinkai yang dirilis pada 31 Mei 2013 di Jepang.

Genre dari film anime The Garden of Words satu ini, selain Seinen ternyata bergenre Melodrama, Romantis, Slice of Life dan Komedi didalamnya.

Ceritanya pada musim hujan di Tokyo, Takao Akizuki seorang siswa SMA berusia 15 tahun bermimpi untuk menjadi pembisnis produksi Sepatu.

Suatu hari ia bolos di hari pertama sekolahnya dan pergi ke sebuah taman di Shinjuk Gyoen untuk membuat sketasa sepatu disana.

Di taman tersebut ia bertemu dengan Yukari Yukino, seorang wanita berusia 27 tahun yang bolos kerja dan asyik meminum birinya.

Lalu, Yukari Yukino melihat lambang sekolah di seragam Takao Akizuki dan memberikannya Tanka (Puisi Jepang) lalu meninggalkannya di taman tersebut.

Setiap hari mereka bertemu di taman tersebut dan mengobrol hingga menjadi teman. Di suatu moment pun, Yukari Yukino kagum sepatu yang dibuat Takao Akizuki sehingga Takao membuatkannya sepatu.

Ketika musim panas tiba, Takao Akizuki masuk sekolah dan ia melihat Yukari Yukino di sekolahnya.

Ternyata, plot twist-nya, Yukari Yukino adalah guru sastra di sekolahnya yang menjadi bahan gosip di sekolahnya sehingga pada akhirnya Yukari Yukino mengundurkan diri.

Suatu sore, Takao Akizuki bertemu lagi dengan Yukari Yukino di daman tersebut. Lalu, hujan turun deras dan mereka pergi ke apartemen Yukari Yukino hingga larut malam.

Pada malam tersebut di apartemen Yukari Yukino, ia menyatakan perasaannya kepadanya. Namun, hal ini secara tidak langsung ditolah oleh Yukari karena ia hanyalah seorang guru dan ia akan pulang ke kampung halamannya di Shikoku.

Sehingga pada akhirnya, Takao Akizuki merasa kecewa dengan Yukari Yukino sehingga ia pergi meninggalkannya. Yukari pun mengejarnya dan merasa menyesal telah menyakiti Takao Akizuki sehingga mereka saling memeluk satu sama lain sambil menangis.

Baca juga: Apa Itu Doujin? Penjelasan Sederhana untuk Penggemar Anime

In This Corner of the World (2016)

In This Corner of the World
In This Corner of the World (Source: IMDb)

Sebagai anime movie Seinen terbaik 2024 yang ketiga adalah In This Corner of the World karya dari Sunao Katabuchi dan Chie Uratani yang dirilis pada 12 November 2016 di Jepang dan diproduksi oleh Studio MAPPA dan Genco.  Selain bergenre Seinen ternyata mengandung genre Drama, Sejarah dan Romantis.

In This Corner of the World ini mengisahkan tentang seorang remaja perempuan yang bernama Suzo Urano, yang bermimpi untuk menjadi seniman.

Latar cerita berada di tahun 1933 ketika Suzo kecil tinggal di Kota Eba. Ia pun merupakan seorang yang periang ketika kecil dan ia tumbuh menjadi gadis yang ambisius.

Ketika remaja, ia dilamar oleh keluarga Hojo di Kota Kure. Setelah menikha, ia harus beradaptasi dengan kehidupan barunya dan mengurus rumah tangganya, saat itu menjelang Perang Dunia II, dimana ia harus menghadapi masa-masa sulit.

Tentunya di sana akan menguras emosi dan adanya hikmah dari perang tersebut serta kehidupan sehari-hari yang dialami oleh Suzo Urano untuk terus menjadi gadis yang kuat.

A Silent Voice (2016)

film anime A Silent Voice
Source: YouTube/Crunchyroll Store Australia

Film anime genre Seinen terbaik adalah A Silent Voice: The Movie yang merupakan sebuah film animasi Jepang yang dirilis pada 17 September 2016 di Jepang.

A Silent Voice ini diproduksi oleh Kyoto Animation yang diputar secara global pada Februari dan Juni 2017, sedangkan di Indonesia sendiri tayang pada 3 Mei 2017.

Sebenarnya pada anime ini tak hanya berunsur Seinen saja, tapi jugamerupakan sad anime karena di film anime ini menceritakan tentang seorang siswa SMA yang memiliki disabilitas tuna rungu (tuli) yaitu Shoko Nishimiya untuk berusaha beradaptasi dengan teman-temannya di sekolahnya.

Adapun seorang anak laki-laki cuek yang bernama Shoya Ishida merupakan siswa SMA yang sangat nakal dan sering membully rekan-rekannya di sekolahnya.

Di suatu hari, Shoya bertemu dengan Shoko dan ia jahil kepadanya sehingga melepaskan alat bantu dengar yang terpasang di telinga Shoko.

Kasus ini ramai dibicarakan satu sekolah karena insiden yang dialami oleh Shoko, lalu Kepala Sekolah memanggil Shoya untuk menghadapnya dan Shoya pun membantah hal itu sehingga ia menuduh teman-temannya.

Akibat kasus ini, akhirnya Shoya dijauhi oleh teman-temannya dan setelah lulus, Shoya merasa bersalah karena telah membully dan menganggu Shoko sehingga ia ingin meminta maaf untuk menebus rasa bersalahnya kepada semua orang yang telah ia ganggu dan bully pada saat masih sekolah dulu.

Promare (2019)

anime movie (5)
Promare (Source: Wiki Fandom)

Sebagai rekomendasi anime Seinen terbaik terakhir datang dari judul Promare karya Kazuki Nakashima yang diproduksi oleh Studio Trigger dan dirilis pada 24 Mei 2019 secara global dengan geren Action, Mecha dan Sci-Fi.

Ceritanya sendiri berada pada peristiwa munculnya makhluk bernama Burnish yang bisa mengontrol api sehingga mereka adalah ancaman bagi para manusia.

Galo Thymos adalah seorang pemadam kebakaran, ia mengejar kelompok Burnish dan bertemu dengan pemimpin kelompok tersebut.

Suatu saat, mereka sadar bahwa adanya sebuah konspirasi mengenai organisasi Earth’s Governing Council yang menyebabkan terjadinya kebakaran saat itu dan mengakibatkan konflik yang memanas diantara keduanya.

Baca juga: 5 Karakter Anime Couple Paling Romantis, Bikin Baper!

Nah, itulah film anime bergenre Seinen terbaik 2024 yang bisa kamu tonton pas weekend nanti. Jadi, mau nonton anime yang mana nih?

Segera berlangganan dan top up produk digital murah, cepat dan aman hanya di VCGamers Marketplace, ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!